Selasa, 14 Maret 2017

SGM Eksplor Dengan Buah Dan Sayur Meluncurkan PAUD Healthy Eating Habit

Assalamu'alaikum WR.WB


Kamis,9 Maret 2107  bertempat di Restoran Bebek Bengil,terletak dikawasan Menteng,Jakarta Pusat,saya sangat bersyukur berkesempatan menghadiri Press Conference SGM Eksplor Dengan Buah dan Sayur,PAUD Healty Eating Habit Program. Ini adalah suatu program nyata bagi Sarihusada dalam mendukung program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang ditujukan untuk anak-anak usia dini (siswa-siswi PAUD) yang merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Indonesia sehat dan menanamkan kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayur sejak kecil.Dan akan dilaksakan di 20 PAUD didaerah Jakarta,Tangerang dan Jawa Barat.Peresmian program tersebut dihadiri oleh Kepala Sub Direktorat Kurikilum ,Direktorat Pembinaan PAUD,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Ibu Kurniati Restuningsih, M.Pd dan Ketua Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Prof. Dr. Ir.Hj. Netty Herawati, M.Si


Foto bersama murid-murid PAUD dan Narasumber




Tahukah Bunda-bunda hebat,bahwa Buah dan sayur merupakan komponen penting dalam kesehatan dan penting dalam menu yang bergizi  dan seimbang dalam mendukung pertumbuhan anak yang sehat dan optimal.Namun sayang masih banyak anak yang tidak mendapatkan porsi harian yang sesuai kebutuhan yang direkomendasikan bahkan dari 97,7% dari anak dibawah usia 5 tahun di Indonesia tidak mengkonsumsi cukup buah-buahan dan sayur.Menurut Dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K),seorang Konsultan Gastrohepatologi Anak,bahwa Buah dan Sayur mengandung berbagai kebaikan seperti vitamin,mineral maupun serat,dan perannya yang penting dan bermanfaat  untuk daya tahan tubuh,membantu pertumbuhan dan mendukung kesehatan pencernaan dan meningkatkan kemampuan belajar,oleh karena itu penting bagi kita mengkonsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup yang sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditentukan berdasarkan kelompok umur,kebutuhan energi dan berat badan anak.

Dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp. A(K)




Oleh karena itu bunda, sebaiknya sebagai orang tua dalam pembiasaan pemberian buah dan sayur dikenalkan sejak usia dini dan berpengaruh akan pola makan sehat yang berlanjut hingga usia dewasa dan mempunyai efek jangka panjang. Dan disini orang tua dituntut memiliki pengetahuan yang cukup dan jeli dalam memilih dan memberikan makanan yang berserat tinggi kepada anak dan pintar dalam cara mengolah makanan agar anak tertarik untuk memakanannya.
Berikut bunda ada beberapa Tips agar anak makan lebih banyak buah dan sayur yaitu :

  • Sediakan buah dan sayur dirumah dan di dalam kulkas
  • Hidangkan salad atau lalapan sayur lebih sering
  • Coba resep vegetarian seperti pasta,lasagna,spagetti
  • Sertakan sekurangnya satu sayuran berdaun hijau atau kuning yang mengandung vitamin A seperti brokoli,bayam,wortel setiap hari
  • Sertakan sekurangnya satu buah yang kaya vitamin C seperti jeruk,melon,semangka,stroberi
  • Tambahkan sepotong buah atau semangkuk sayur sebagai snack
  • Orang tua sebagai contoh untuk suka akan buah dan sayur kepada anak

Menurut  Anna Surti Ariani. S.Psi, M.Si.,seorang psikolog bahwa dengan manfaat pemberian makan buah dan sayur bukan hanya kesehatan fisik tapi dapat berdampak kepada psikologis,maka dari itu salah satu cara Feeding Style,cara pemberian makan yang baik dan tepat membuat anak jadi lebih suka makan buah dan sayur sehingga buah dan sayur menjadikan sesuatu yang menyenangkan bagi anak. Apa saja sih manfaat dari Feeding Style yang baik,yaitu :

  • Fisik, dapat mengurangi resiko obesitas dan dapat menstimulasi sensori
  • Kognitif, dapat memperluas wawasan dan belajar konsentrasi
  • Bahasa, dapat berpengaruh pada belajar bicara dan memperluas kosa kata
  • Emosi, dapat berpengaruh belajar tekun dan belajar mengatur emosi
  • Sosial, dapat berpengaruh belajar etiket makan dan sebagai sarana belajar aneka keterampilan sosial

Sebaliknya bunda  apabila ketika cara pemberian makan tidak tepat,asupan buah dan sayur anak jadi berkurang,contohnya mencekoki anak, menyuapi terus,dipaksa atau membiarkan anak makan sambil menonton televisi maka pengaruhnya bukan hanya terhadap pola maka tapi bisa pengaruhnya terhadap psikologis anak,sehingga anak menjadi takut akan makan buah dan sayur.

Berikut ada 7 Tips agar si kecil semangat makan terutama buah dan sayur,yaitu :

  1. Kenalkan si kecil pada sobat buah dan sayur, contoh karakter boneka buah dan sayur yang disukai si kecil
  2. Ceritakan dongeng tentang makanan,bangkitkan selera makannya dengan dongeng makanan yang lezat
  3. Buat si kecil lapar,ajak si kecil bermain aktif agar lapar pada jam makan
  4. Ajak si kecil ikut memasak,libatkan si kecil dalam proses memasak supaya ia tergoda untuk mencobanya
  5. Berikan alat makan lucu untuk si kecil
  6. Tata makanan secara unik,bentuk makanan menjadi karya yang menggemaskan contoh bento
  7. Ubahlah situasi makan yang membosankan menjadi yang menyenangkan,misalnya ajak si kecil berimajinasi dengan makanannya,berikan si kecil pilihan cara makan,ajak si kecil menghintung sisa makanannya.

Ibu Anna Surti Ariani, SPsi, M. Si

SGM Eksplor Buah dan Sayur Meluncurkan PAUD Healthy Eating Habit


Sebagai Brand Manager SGM Buah dan Sayur, Ibu Diana Beauty menjelaskan bahwa setelah sebelumnya pernah digelar di 6 PAUD pada tahun 2016,kali ini  tahun 2017 program PAUD healthy Eating Habit dengan program-program yang lebih menarik dari SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur berkerja sama dengan PAUD Institusi,Psikolog dan Dokter anak . Seluruh rangkaian program ini akan berlangsung selama 6 Minggu di 10 PAUD didaerah Jakarta dan Tangerang, dan dilanjutkan lagi dengan 10 PAUD di Jawa Barat. Melalui program ini, SGM Eksplor berharap agar bunda-bunda yang di Indonesia menyadari akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi anak-anak melalui edukasi tentang gizi dan pola makan sehat,termasuk didalamnya buah dan sayur.Program ini meliputi penyediaan makanan bergizi,buah-buahan dan sayur-mayur,serta pemberian susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan Buah dan sayur bagi 1.000 anak didik PAUD.

Untuk tahun ini Program Healthy Eating Habit akan dilaksanakan secara berkala dari bulan maret hingga september yang tidak hanya melibatkan anak-anak PAUD usia 3-6 tahun,tapi juga melibatkan orang tua dan guru dalam bentuk parenting  seminar yang mengenalkan nutrisi dan feeding tips,aktivitas anak seperti berkebun,makan buah sayur bersama dan mendongeng. Selain itu juga dihadirkan juga selebriti chef untuk berbagi resep masakan kreatif dalam bentuk kelas memasak agar bunda-bunda lebih kreatif lagi dalam mengolah buah dan sayur sebagai menu si kecil sehari-hari.Mari kita dukung program pola makan  sehat ini secara berkelanjutan terus menerus agar ditularkan kepada masyarakat luas agar tau betapa pentingnya kebiasaan makan sehat sehingga menciptakan masyarakat sehat.dan apabila makan buah dan sayur telah tercukupi lengkapi dengan minum susu yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Dalam peluncuran PAUD Healthy Eating Habit ini diluncurkan juga Jinggle terbaru SGM Eksplor Buah dan Sayur.


Ibu Diana Beauty, Brand Manager SGM Eksplor Buah dan Sayur


Para Mombassador  SGM Eksplor yang Hadir dan Bunda Diah Arini



Selfie dengan Susu SGM Eksplor Buah dan Sayur



Untuk informasi lebih lengkap tentang kesehatan keluarga,tumbuh kembang anak,gizi dan nutrisi bisa kita lihat di www.sarihusada.co.id dan www.tanyasgm.com
Dan Media sosialnya
FB            : Nutrisi Untuk Bangsa
Tweetter : @Nutrisi_ Bangsa
IG             : @nutrisibangsa
FB.           : Aku Anak SGM
Tweetter : @tanyasgm

2 komentar:

  1. Beruntung banget yg domisili jkt n sekitarnya bisa hadir diacara ini. Keren liputannya mbak, SGM eksplor emg ga diragukan lagi kualitas programnya. Makin bangga jd mombassador :)

    BalasHapus
  2. Kalau anak doyan makan Buah dan Sayur pasti kita sebagai Ibu sangat senang ya. Ternyata perlu pembiasaan sejak kecil agar mereka suka mengkonsumsi buah dan sayur.

    BalasHapus