Senin, 23 Oktober 2017

Kopdar KASKUS Creator : 7 Langkah Mudah Untuk Menulis Sebuah Cerita Misteri

Jakarta, Jumat 20 Oktober hari ini saya pergi untuk menghadiri sebuah acara dibilangan kawasan Kuningan, Rasuna Said yang tepatnya di Menara Palma Annex Building Kaskus Playground, untuk menghadiri  Kopi darat (Kopdar)  Kaskus Creator yang disajikan secara santai tapi berbobot dengan mengangkat tema "Merangkai Kisah Misteri, Rangkai Kata Menjadi Kar(R)ya".

Hadir sebagai pembicara pada malam ini Kulon.Kali aka WN Naufal sebagai Kaskus Creator dan penulis dari sebuah novel cerita misteri sekaligus horor "100 Tahun Setelah Aku Mati", dan Koko Nata Kusuma sebagai penulis dari Forum Lingkar Pena dan Mbah Mijan sebagai Paranormal 



Dari kir-kan: Kulon.Kali aka WN Naufal, Koko Nata Kusuma, Mbah Mijan dan MC AB (dokpri)


Flyer Acara 

Acara kopi darat ngumpul bareng Kaskus Creator ini sudah berlangsung kedua kalinya dan biasanya mengangkat tema  berkaitan dengan perihal  dunia tulis menulis dan para peserta dapat belajar dan berdiskusi seputar tips menulis maupun teknik menulis, khususnya bisa untuk menulis di  forum Kaskus dengan pembaca yang unik

Kaskus sendiri dikenal sebagai forum komunitas online yang sudah terkenal dan terbesar di Indonesia dengan 30 juta pembaca setiap harinya.

Kaskus Creator ini yang tidak lain adalah sebuah wadah yang positif diciptakan oleh Kaskus sendiri untuk sobat yang memiliki hobi menulis, misalnya sobat yang suka menulis travelling, curhatan hati ataupun kisah nyata ataupun misteri dan lain sebagainya yang bisa sobat tulis di Kaskus, yang terlebih dahulu sobat terdaftar mempunyai ID member Kaskuser.

Di Kaskus, sobat  bisa juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari setiap thread tulisan sobat yang nantinya akan mendapatkan poin dari setiap pembaca setia dari tulisan   untuk ditukarkan atau dijadikan sebagai nilai rupiah.

Para peserta yang hadir pada Kopdar Kaskus Creator ini, dihadiri dari berbagai forum, yaitu Forum Supranatural, Forum Kaskuser Bogor, Forum Lingkar Pena dan komunitas Blogger dari Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dan dipandu oleh MC AB dari awal sampai akhir acara.

Suasana diawal, pihak  pantia acara kopdar Kaskus ini menghadirkan suara-suara sound effect, suara jeritan  yang cukup menyeramkan yang disesuaikan dengan tema yang dibahas kali ini  yang berhasil membuat  para peserta agak merinding dengarnya termasuk saya juga.

Selanjutnya Koko Nata Kusuma, sebagai penulis di Forum Lingkar Pena, yang memiliki jumlah pembaca tulisan-tulisannya hampir 4,08 juta pembaca, mengatakan bahwa teknik untuk menulis sebuah cerita misteri dibuku atau cetak itu berbeda dengan menulis di media online, seperti di Kaskus ini yaitu dengan  memperhatikan 7 (tujuh) langkah mudah menulis cerita misteri sebagai berikut :
  1. Tahu Makna Misteri, makna dari misteri dilihat dari tata bahasa adalah sesuatu yang masih samar-samar untuk dimengerti atau dijelaskan dan masih bersifat teka teki yang harus ditemukan jawabannya. Dan cerita misteri ini bukanlah cerita hantu atau horor, karena didalam cerita misteri ini obyek atau tokoh  tidak harus dimunculkan dalam cerita. Dan sebaiknya diawal 2 atau 3 paragraf pembaca dibuat penasaran, tegang dari cerita misteri tersebut dan juga alangkah baiknya ditulis secara berseri atau bersambung. Dalam penulisan baiknya dalam 300-500 kata dalam sebuah penulisan cerita misteri.
  2. Menentukan Sumber Ketakutan, rasa takut merupakan salah satu kekuatan utama yang mendorong dan menggerakkan individu untuk melindungi dan menjauhkan diri dari rangsangan atau bahaya luar, atau menjauhkan diri dari sesuatu yang menyakiti, melukai diri atau mengancam jiwa. Jadi kita bisa menceritakan dalam tulisan hal-hal yang menimbulkan perasaan dan sikap individu terhadap sesuatu yang menimbulkan ketakutan, contohnya sobat bisa menceritakan ada remaja yang takut akan ruangan gelap atau seseorang yang ketakutan akan suara-suara tengah malam.
  3. Menentukan Judul, jika judul sudah ditentukan, maka inspirasi penulisan akan mengikuti.
  4. Membuat Story Map (Jalan Cerita), yaitu menentukan karakter tokoh siapa saja, alur ceritanya seperti apa, dan masalahnya apa, solusinya apa, settingnya dimana
  5. Membuat Kerangka Utuh, kerangka cerita diawal, tengah dan akhir,  kerangka ini bisa berupa aksi, percakapan, atau berupa latar 
  6. Mulai Menulis bukan untuk menyunting (editing), seringnya dalam menulis, kita sambil  menyunting tulisan cerita, namun sebaikya kita menuntaskan penulisan sampai selesai barulah tahap penyuntingan. Dan alangkah baiknya saat sobat menulis menjauhkan dari hal-hal yang menganggu, misalnya  hanphone,
  7. Endapkan Dahulu, yaitu biarkan tulisan jeda waktu sebelum dikirim atau diposting, karena pembaca bisa menilai dari tulisan kita, misalnya typo penulisan dan alangkah baiknya jika tulisan kita bebas salah pengetikan.
Dan alangkah baiknya dalam penulisan cerita misteri yaitu dengan menyesuaikan tema-tema yang lagi sedang tren saat ini, misalnya bulan  Oktober ini, yang trennya hallowen, dan itu bisa jadi tema tulisan cerita misteri sobat, atau kisah-kisah dari daerah yang berbau mitos, dengan memasukan unsur-unsur budaya khas Indonesia yang bisa diangkat untuk tema ide penulisan cerita misteri.

Topik pembahasan di kopdar Kaskus Creator malam ini makin tegang saja, dengan dihadirkan seorang penulis sebuah buku yang berjudul 100 Tahun Setelah Aku Mati dan juga seorang  Kaskus Creator dengan ID Kaskusnya Kulon.Kali yaitu WN Naufal. Diceritakan dalam novel tersebut merupakan pemintaan dari seorang tokoh utamanya bernama Rizal untuk ceritakan kembali bahwa dahulu ia mempunyai seorang teman perempuan (yang sebenarnya bukan wujud seorang manusia)  yang telah meninggal dunia 100 tahun lalu yang bernama Sari, meninggal pada tahun 1915, jadi selama perjalanan hidupnya akan terungkap apa sih dari 100 tahun setelah Sari mati.

Ketika WN Naufal penulis dari cerita misteri ini semua informasi bagaimana dan latar belakang sosok Sari itu harus lengkap, misalnya 100 tahun setelah ia mati, tetapi masih bisa menceritakan kisah hidupnya, dimana dengan sosok Sari itu dengan wujud dengan rambut yang lepek, kulit yang membiru dan mata yang sudah putih, dan diketahui bahwa ia mati karena ditenggelamkan.

Membayangkan sosok Sari ini jadi bikin meriding dan menakutkan ya, nah kalau penasaran dengan kisah lengkapnya Sari ini, sobat bisa beli bukunya di toko-toko buku terdekat. Oh ya, sebelum judul cerita misteri ini dijadikan novel,  sebelumnya merupakan hanya sebuah thread (istilah tulisan) di Kaskus dan mendapatkan pembaca setianya dari Kaskus yang hampir 3,5 juta pembaca, keren banget ya.

Diakhir acara dilanjutkan dengan pembicara dari Paranormal yaitu Mbah Mijan, dan aktif menulis   di Kaskus dari tahun 2011 dan karena kesibukannya yang padat, ia sekarang menempatkan diri sebagai pembaca saja yang sering kali menemukan suatu tulisan-tulisan di Kaskus ada dua hal yaitu, tulisan yang terkonsep rapi, yang membuat sesuatu menengangkan, penasaran tapi mengasyikan, dan yang kedua yaitu tulisan yang kentang (kena nangung).

Selain itu Mbah Mijan lebih bisa merasakan jika suatu cerita itu true story, karena orang yang menulis kisah nyata tulus tidak ada beban dan dapat merasakan sepenuhnya kejadian yang ia tulis.

Ketika seseorang menulis suatu cerita misteri dengan sudah kebangun suasananya, ketika saat mencap suatu lokasi yang angker, keramat atau biasa, maka akan membangun sugesti secara otomatis, misalnya kita datang ke tempat yang dicap angker dan tidak apa-apa hanya ada kodok loncat, maka secara langsung akan kaget.

Dan kalau berbicara dari sisi horor dari dimensi lain tanpa ada dinding pemisah dengan sobat, bahwa mahluk halus akan hadir di sekitar kita dan menurutnya ada dua cara untuk mengundang mahluk yaitu, yang pertama karena berbau ritual khusus, dan kedua mengundang mahluk halus tanpa disengaja, seperti kita membicarakan mereka secara sengaja, berteriak secara tidak terkontrol dan mereka lebih menyukai lukisan atau patung yang seram seperti wujud mereka.

Acara pun telah selesai dan ditutup dengan foto bersama-sama dan ucapan terima kasih banyak kepada Indonesian Social Blogprenuer (ISB), saya bisa mendapatkan kesempatannya untuk belajar menulis suatu cerita misteri  di kopdar Kaskus Creator ini,  dimana ilmunya yang saya dapatkan sangat bermanfaat sekali.


Foto bersama para peserta Kopdar Kaskus Creator
(dok:Kaskus)




5 komentar:

  1. Ilmunya nambahhhh saya mau bintangin ah, siapa tau nanti butuh materi ini :)
    TFS Mba

    BalasHapus
  2. Emang lagi musim ya cerita-cerita horor. Agak sulit juga ternyata bikin cerita horor apalagi kalau mau bener -bener bikin pembaca/penonton merinding disko

    BalasHapus
  3. Saya bukan kaskuser sih cm sering baca kaskus buat cari kisah misterinya. Ternyata ada kopdar khusus bahas gimana bikinnya...wah! Lama2 kaskuser bisa bikin film jg nih

    BalasHapus
  4. AKu jadi penasaran pingin bikin kisah misteri (kismis) disini. Kismis itu biarpun kadang bikin merinding, tapi ya banyak menarik orang jadi ingin tahu dan mengikuti.

    BalasHapus
  5. wahhh pernah denger nih infonya, cuma lokasinya jauh bangett...

    BalasHapus