Selasa, 22 Mei 2018

Cinta Keluarga Dengan Cinta Terencana

Setiap manusia pada hakikatnya tidak bisa hidup sendiri, dan setiap manusia adalah berpasang-pasangan, untuk itu manusia akan selalu mencari dan berusaha mencari pasangan hidupnya  agar merasakan kelengkapan dan kesempurnaan dalam hidupnya.

Berawal dari pertemanan, pertemuan dan menjalin komunikasi secara intens dan adanya kesamaan, dan kesesuaian karakter baik dari sifat pribadi serta kesamaan meraih  tujuan masa depan  hidup bersama-sama dengan saling  mengikatkan diri dengan ikatan pernikahan. Dan pastinya dengan menikah adalah dasar  yang kuat untuk seseorang dalam membangun keluarga yang bahagia, dan dalam hal ini perlunya merencanakan keluarga dimulai dari mengarahan cinta yang terencana agar terbangun keluarga yang terencana sehingga terwujud keluarga yang berkualitas.  

Alhamdulillah aku menemukan pasangan hidup ku (suami tercinta) dengan mengikatkan tali pernikahan pada tahun 2007 dan juga dikaruniai seorang putra yang sehat dan  tahap demi tahap kami membangun keluarga dengan cinta dan kasih. Dan kami juga ikut serta dalam program pemerintah untuk Keluaraga Berencana (KB)     
Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga
Dengan tumbuhnya cinta yang terencana pada keluarga, maka akan terbentuk perilaku remaja maupun individu keluarga yang berkomitmen dalam menyiapkan segala kebutuhan baik secara lahir dan batin untuk membahagiakan orang yang dicintainya, dalam hal ini dalam membentuk keluarga yang bahagia dimulai dari calon suami atau istri yang terencana.
Jatuh cinta mungkin tiba-tiba, tapi setelah itu harus menjadi cinta terencana, karena kalau terencana, segalanya jadi lebih mudah
Dalam hal ini Cinta terencana adalah salah satu tajuk utama dari kampanye  dalam menyambut Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2018, Nah pada tanggal 15 Mei 2018 yang lalu bertempat di Museum Penerangan, TMII Jakarta Timur, aku mendapatkan undangan yang special dari Komunitas Blogger Plus (Bplus Com) dan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana)  mengadakan meet up bersama komunitas blogger "Membangun Keluarga  Berkualitas Dengan Cinta Terencana".

Para Narasumber yang hadir di Meet Up Bersama Komunitas Blogger dan BKKBN yaitu Ibu Eka Sulistya Ediningsih, Ibu Roslina Verauli dan Mba Resi

Direktur Bina Ketahanan Remaja, Ibu Eka Sulistya Ediningsih, mengatakan bahwa menjalani kehidupan keluarga adalah fase terbesar dalam hidup setiap  orang, karena berkeluarga adalah menyatukan dua individu yang berbeda, dimana akan ada tugas dan peran yang melekat pada masing-masing terkait dengan posisinya sebagai suami-istri, ayah-ibu (orangtua). Dan upaya dalam menentukan kualitas keluarga di Indonesia ditentukan UUD karena tanggung jawab membentuk keluargatak hanya oleh negara saja, tapi merupakan tanggung jawab bersama.

Keluarga merupakan tempat tumbuhnya karakter asah, asih, dan asuh dan pendidikan paling awal adalah berasal dari keluarga, orangtua menjadi teladan bagi anak-anak yang dilahirkan. Didalam rumah kami sebagai orangtua, berusaha untuk menciptakan keluarga yang sehat, bahagia, sejahtera dengan menerapkan fungsi keluarga yang diharapkan oleh seluruh keluarga dan juga pemerintah.  Keluarga itu mempunyai fungsi sebagai berikut yang tertuang dalam 8 fungsi keluarga, yaitu :
  1. Fungsi Agama
  2. Fungsi Sosial Budaya
  3. Fungsi Cinta dan Kasih Sayang
  4. Fungsi Perlindungan
  5. Fungsi Reproduksi
  6. Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan
  7. Fungsi Ekonomi
  8. Fungsi Pelestarian Lingkungan
Dengan mengkampayekan cinta terencana yang dilakukan BKKBN ini, diharapkan mewujudkan dan  menggalang optimisme dalam masyarakat dalam menyambut generasi emas 2045 dengan mengoptimalkan 8 fungsi keluarga yang disebutkan diatas, juga melalui 4 program substansi GenRe (Generasi Berencana).

Salam GenRe : Menghindari Pernikahan Dini, Seks Bebas dan Narkoba 
Dengan salam GenRe ini khususnya dalam  perencanaan kehidupan berkeluarga, untuk itu perlunya menyiapkan sejak remaja terencana dimulai dari pendidikan, karier, hingga berkeluarga dan memiliki anak secara terencana karena generasi muda yang berencana akan menghasilkan keluarga yang kokoh.

Dan kiat membangun keluarga yang sehat dan terencana adalah keluarga yang stabil, fleksibel (tidak kaku) dan terikat secara emosional dalam keluarga dan pentingnya adanya komunikasi yang positif antar sesama anggota keluarga seperti yang diutarakan narasumber kedua, Ibu Roslina Verauli, M.Psi, seorang psikolog anak

Komunikasi Positif dalam Keluarga
Peta Keluarga










Sabtu, 12 Mei 2018

Sebarkan Berita Baik Dengan Bijak Dalam Bersosial Media


Pagi ini berbelanja ditukang sayur dekat rumah, ada salah satu ibu yang mengdumel membawa handphone dan bilang kepada sesama ibu yang berbelanja kalau pagi ini dia belum update stasus untuk hari ini disalah satu akun media sosial yang dimilikinya, dikarenakan internetnya ada masalah, dan dia juga berbagi informasi bahwa dia mendapatkan berita disalah satu akun media sosialnya bahwa akan terjadi gempa yang dahsyat sampai ke Jakarta akibat ada letusan gunung merapi yang terjadi di Jogyakarta, serentak kami yang berada disitu antara percaya dan tidak percaya berita yang disampaikan dan sedikit was-was apa yang akan terjadi.

Fenomena seperti diatas adalah contoh sebagian  betapa dijaman sekarang media sosial sangatlah menjadi dari gaya hidup yang digandrungi khususnya masyarakat Indonesia dari yang muda, tua, dewasa hingga usia balita memiliki akun media sosial. Sebut saja sederet beberapa nama media sosial  misalnya Facebook, Instagram, Path, Line, Twitter ataupun Whatsapp.

Media Sosial (foto by google)

Banyaknya alasan mereka dalam memiliki media sosial salah satunya adalah sebagai tanda eksisnya mereka untuk menunjukan keberadaan kegiatan mereka (update status) untuk dikonsumsi khalayak publik, selama itu positif dan berbagi informasi yang baik adalah wajar dan boleh di share. Akan tetapi disisi lain kekuatan media sosial saat ini kemudian banyaknya dimanfaatkan oleh sebagaian kelompok orang untuk memproduksi konten-konten yang dapat memecah belah persatuan,  membuat keresahan, dan ujaran-ujaran yang tak bertanggung jawab, bahkan digunakan sebagai ladang keuntungan bagi pembuat berita bohong atau Hoax.

Bijaklah dalam bersosial media (foto by google)

Sebagai keprihatinan tersebut, kita sebagai masyarakat untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan sosial media dan sebarkan berita baik berbagai informasi yang benar sesuai fakta. Berikut beberapa tips untuk bijak dalam bersosial media yaitu :

1. Statusmu adalah harimau mu
Dalam hal ini baiknya kita harus menimbang dan memikirkan apakah status yang kita ingin post ke media sosial bersifat informatif. Dan sebaiknya dalam hal ini tidak memancing koment yang negatif dari stastus yang kita buat.

2. Hargai Privasi diri sendiri dan orang lain
Sebaiknya jangan terlalu mengumbar kegiatan yang menjadi privasi kita sebagai sarana konsumsi publik dan hargai dari status orang lain di media sosial.

3. Jadikan media sosial sebagai proses sumber pengembangan diri dimulai dari ilmu pengetahuan, maupun membuat relasi bisnis.

4. Jangan mudah membagikan atau membuat informasi apapun yang belum tentu kebenarnnya maupun  sumbernya.

Bertepatan dengan hal ini, di tanggal 9 Mei 2018 ini bertempat di Gedung Promoter, Kapolda Metro Jaya mengadakan acara Bincang bareng Kapolda yang bertujuan untuk mengajak para semua masyarakat atau nitizen yang aktif dalam dimedia sosial bersama-sama dalam menyebarkan berita yang baik untuk bersatu dalam menjaga NKRI, berkonten positif dan menyampaikan pesan yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Dan dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban di negeri ini, Polri tentu dalam hal ini memiliki peran yang sangat penting dalam bisa menangkal segala bentuk informasi yang negatif dimedia sosial, ataupun sebaran berita Hoax yang kini masih saja terjadi.

Dalam menyejukan konten dimedia sosial, dalam hal ini Polda Metro Jaya menggelar lomba konten positif dan kreatif kepada masyarakat dengan tema "Mari Bersatu Menjaga NKRI" #Sebarkan BeritaBaik melalui karya tulisan Blog, Vlog dan media sosial dengan konten yang positif dan paling kreatif.



Periode lomba ini akan dimulai dari tanggal 9 Mei-22 Juni 2018 dan akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 1 Juli 2018 yang hadiah lombanya bikin mupeng yaitu, Sepeda Motor, Laptop, Kamera, dan Smart Phone. Dan para pemenang akan juga berkesempatan untuk meliput kegiatan Kapolda patroli udara dengan helikopter. Wah asik ya, ayo bersama-sama kita ikut lombanya dan mari kita tangkal Hoax dengan bijak bersosial media melalui sebarkan berita baik.

Ketentuan lomba 

Syarat dan ketentuan lomba









Jumat, 27 April 2018

5 Kesalahan Pola Asuh Gizi Pada Anak

Dengan kemajuan teknologi canggih masa kini, memang sangat memudahkan hidup setiap orang, terutama bagi saya sebagai orang tua yang sangat membutuhkan informasi untuk kesehatan anak terutama bagaimana memantau tumbuh kembang anak secara maksimal. 

Rasa cemas dan khawatir serta rasa  penasaran apakah sudah tepatkah saya sebagai ibu terutama  untuk memberikan pola asuh gizi, pemberian asupan makanan yang bergizi  terhadap anak ku selama ini? dan jika dibiarkan dalam pola asuh gizi yang salah yang pastinya berakibat menganggu kesehatan anak dan tumbuh kembangnya  hingga dewasa.

Oleh karena itu pentingnya untuk bertanya (berkonsultasi) kepada dokter spesialis anak untuk hal tersebut. Tetapi kadang kala waktu yang tidak bisa memungkinkan untuk datang ke rumah sakit. Nah, salah satu aplikasi terbaik untuk memberikan kemudahan bagi ibu untuk mengetahui pengasuhan gizi yang tepat pada anak yaitu Halodoc.

Aplikasi Halodoc

Apa sih Halodoc itu? yaitu sebuah star-up Indonesia berupa aplikasi kesehatan yang layaknya kotak P3K berjalan yang selalu digenggaman dengan memberikan kemudahan dan menjaga dan memeriksa kesehatan anggota keluarga yang melayani hingga 24 jam. Dan layanan aplikasi Halodoc atau website www.halodoc.com ini bisa kita download di Goggle Play atau Apps Store.

Ada berbagai fitur-fitur yang terdapat di aplikasi Halodoc yang sangat bermanfaat dan mempermudah mengakses layanan kesehatan, berupa yaitu :

1. Berkonsultasi langsung dengan dokter anak melalui video call. Aplikasi Halodoc memiliki tim medis mulai dari dokter umum, spesialis anak, internis, hingga spesialis maya yang online 24 jam.
Fitur layanan dokter

2. Pharmacy Delivery, yaitu fitur layanan apotik antar 24 jam yang bebas biaya pengantaran, sehingga para ibu bisa memesan obat melalui fitur ini.

Fitur layanan apotik antar

3. Labs, layanan pengecekan kesehatan yang berkerjasama dengan Prodia, dan fitur ini memungkinkan phlebotomist (petugas lab) untuk datang ke rumah atau kantor dan layanan Labs ini dapat melakukan pengecekan darah seperti cek darah atau urine. Dan untuk layanan Labs ini untuk saat ini tersedia untuk dimanfaatkan disekitar Jakarta Pusat dan Selatan.

Fitur layanan Labs

Tidak hanya itu fitur-fitur yang tersedia di Halodoc selain bisa hubungi dokter, beli obat, cek labs, kini kita bisa mengakses semua informasi  seputar kesehatan, gaya hidup di laman artikel Halodoc seperti kategori Beauty, Sex, Diet, Kids, Fitness, Pregnancy dan Food, makin lengkap ya dan kalau penasaran dengan berbagai fitur-fitur nya, langsung download ya.

Fitur artikel 

5 Kesalahan Pola Asuh Gizi

Semua orang tua (ibu) tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk memenuhi gizi kepada anak dengan memberikan yang terbaik dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal.

Dan salah satu faktor yang cukup memberikan peranan penting dalam tumbuh kembang anak adalah pola asuh gizi kepada anak, namun sering kali orang tua mendapat tantangan yang berbeda-beda dalam pola asuh gizi ini. Namun seringkali para ibu tidak menyadari pola pengasuhan gizi yang keliru, yang mengakibatkan anak tidak mendapatkan gizi yang optimal dari asupan makanan yang diberikan oleh ibu.

Nah, pada kesempatan ini saya beruntung banget pada tanggal 13 April kemaren mendapatkan undangan talkshow parenting bersama Mom Blogger Community (MBC) dan Halodoc bertempat di Dailycious Cafe, Gading Serpong dengan tema 5 Kesalahan Pola Asuh Gizi Pada Anak. Dengan memghadirkan dr. Herlina, Sp. A yang merupakan salah satu tim medis di Halodoc.



dr. Herlina Sp. A, salah satu tim medis di Halodoc

Menurutnya pentingnya pemenuhan gizi pada anak dimulai sejak anak dalam kandungan hingga setelah dilahirkan (0-2 tahun)  karena apabila asupan gizi tidak tepat dan maksimal adanya gangguan adanya pertumbuhan atau gangguan kesehatan pada anak (intelektual, kognitif, fisik). Berikut 5 kesalahan pola asuh gizi pada anak, yaitu :

  1. Memaksa anak untuk makan
Orang tua pasti senang apabila melihat anaknya makan dengan nafsu yang besar (lahap) dan apabila saat anak enggan makan, jangan paksa anak untuk mengkonsumsi atau menghabiskan makanannya, karena akan hanya membuatnya merasa terpaksa dan justru akan tidak menyukai kegiatan ini. Dalam hal ini dr. Herlina,  Sp. A menyarankan untuk biarkan memberikan waktu sejenak (tidak dipaksakan) kemudian coba tawarkan kembali dan biasakan jam makan tidak berubah.

2.  Pemberian MPASI sebelum waktunya

Air Susu Ibu (ASI)  merupakan makanan yang terbaik bagi anak yang gizinya sangat lengkap yang  sebaiknya diberikan sejak dilahirkan hingga minimal usia 6 bulan  secara ekslusif dan bukannya MPASI. Banyak para ibu yang salah menangkap jika bayi sudah diberikan ASI tetapi tetap menangis terus, dan beranggapan kalau bayinya masih lapar dan perlunya tambahan makanan tambahan seperti pemberian pisang, padahal pada usia ini sistem pencernaannya belum sempurna, dan jika dipaksakan diberikan MPASI akan menimbulkan reaksi atau gangguan pencernaan seperti konstipasi.

3.  Memberikan cemilan yang tidak sesuai dengan usianya atau berlebihan

Para orang tua sebaiknya harus membedakan camilan untuk orang dewasa dan  anak adalah berbeda, sebaiknya para orang tua harus bijak dalam memberikan camilan bagi anak yang belum sesuai usianya dan porsinya dan berikan camilan yang bernutrisi seimbang.

4. Pemberian makanan yang manis

Tak dipungkiri bahwa anak suka sekali dengan makanan yang manis dan tidak dipungkiri masih banyaknya orang tua masih memberikan makanan yang manis kepada anak, karena selain yang kurang baik juga dapat beresiko terhadap kesehatan anak (tumbuh kembangnya) salah satunya, seperti gigi rusak, obesitas, menghambat dan menurunkan nafsu makan, hal ini karena makanan yang manis akan membuat anak kenyang lebih lama sehingga menganggu asupan makanan yang bergizi yang dibutuhkan tubuh.

5.  Pemakaian DOT terlalu lama 

Kadang kala para orang tua memilih cara yang praktis untuk memberikan susu dengan botol dot agar tidak perlu ditemani, dan  pemberian dot yang terlalu lama pada anak akan berpengaruh buruk pada pembentukan struktur rahang gigi si anak, membentuk rahang atas yang terlalu maju atau rahang bawah yang mundur. Sebaiknya penggunaan dot dibatasi setelah usia anak lebih 6 bulan, kemudian menghentikannya sama sekali beberapa bulan sesudahnya.

Demikianlah 5 pola asuh gizi yang salah dan pentingnya saran dari ahli medis serta tindakan yang benar saat menangani gizi dalam masa perkembangan anak atau gangguan kesehatan,  dapat meminimalisir beragam akibat yang fatal sebelum terlambat.



#katadokterHalodoc #SehatLebihMudah

Untuk informasi tentang Halodoc kita bisa lihat dan ikuti sosial medianya

Facebook  : Halodoc
Instagram : @halodoc
Twitter       : @HalodocID
Website .    : www.halodoc.com

Minggu, 04 Maret 2018

HokBen : Menu Hoka Suka Hadirkan Sensasi Dahsyat Sambal Khas Indonesia





Kalau ditanya makanan apa yang paling  khas dari Indonesia yang bikin nendang dilidah dan makan kurang lengkap dengan makanan khas ini. Apa sih? Yups, sambal adalah jawabannya, sambal seperti pelengkap hampir semua masakan yang tidak bisa dipisahkan dari orang Indonesia. Bahkan pada zaman dulu saja ada orang yang makan nasi putih pake sambal aja  sudah cukup enak dan luar biasa rasanya.

Kedahsyatan dari cita rasa sambal yang pedas  bukannya membuat orang kapok (tobat sambal) memakananya malahan kebalikannya membuat rasa ketagihan yang mendalam untuk mengunggah nafsu makan kita. Seperti halnya saya juga sangat suka banget dengan makanan pedas, selalu merasa ada yang kurang apabila tidak menemukan sambal diatas piring makan atau meja makan, baik sambal mentah maupun sambal matang, pokoknya bahagia deh kalau ada sambal, hehehe...



Nah, beruntung banget nih dibeberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan undangan dan tema-teman lain untuk mencicipi sensasi dasyat dari sambal khas Indonesia yang dipadukan dengan makanan khas Jepang, waahh gimana rasanya ya? Dan pada kali restoran yang menjadi salah satu pelopor makanan bergaya Jepang, HokBen yang melakukan gebrakan dari inovasinya, baru-baru ini meliris menu barunya, yaitu Hoka Suka, menu bergaya jepang yang dipadukan menu Indonesia yaitu Kering Kentang, Acar Kuning dan Sambal Khas Indonesia (Sambal Bawang, Sambal Hijau dan Sambal Matah), mantap dan lezat pastinya, yummy...

Hoka Suka dengan Sambal Favorit 

Bertempat di lokasi yang strategis ruko 2 lantai ini, HokBen Tangerang Kota, Banten, dengan fasilitas yang lengkap dengan kapasitas 116 kursi, pelayanan 24 jam, disini juga menyediakan ruang untuk acara ulang tahun dan tersedia mushola menjadikan tempat yang asik dan nyaman untuk makan (kumpul) bersama teman maupun keluarga.

Sebagai pembuka acara, ibu Kartina Mangisi, Communications Division Head HokBen, menjelaskan sekilas tentang perjalanan HokBen yang  berdiri pertama kali di Jakarta pada tanggal 18 april 1985 hingga saat ini, dan berada dibawah lisensi PT Eka Bogainti. Sukses selama 33 tahun ini, HokBen yang terus  berinovasi dalam menghadirkan produk  dan layanan yang berkualitas bagi para pelanggan setianya. Dan pada tahun 2013 yang lalu peremajaan dan pembahuan logo dari Hoka Hoka Bento menjadi HokBen serta yang tak kalah penting, HokBen ini sudah memperoleh sertifikasi Halal dari MUI.

Perubahan logo 

Sertifikat Halal dari MUI



Restoran yang menjadi salah satu pelopor makanan bergaya Jepang, HokBen yang melakukan gebrakan dari inovasinya, baru-baru ini meliris menu barunya, yaitu Hoka Suka, menu bergaya jepang yang dipadukan menu Indonesia yaitu Kering Kentang, Acar Kuning dan Sambal Khas Indonesia, mantap dan lezat pastinya, yummy...

Kentang Kering dan Acar Kuning yang tersedia di Hoka Suka 

Bapak Jasata, selaku Brand Activation Division Head HokBen, menjelaskan mengapa HokBen menghadirkan menu barunya dari perpaduan makanan Jepang dengan makanan Indonesia itu adalah sebuah peningkatkan kegemaran untuk  para konsumen dalam menikmati makanan Jepang dengan menghadirkan Sambal khas Indonesia yang menyegarkan (Sambal Bawang, Sambal Hijau dan Sambal Matah)  untuk menyatukan rasa.

Ketiga varian jenis sambal favorit ini bisa kita dapatkan dan pilih di menu Hoka Suka 1 yang berisi yakitori grilled, kering kentang, acar, nasi dan sambal. Hoka Suka 2 yang berisi ebi furai, kering kentang, acar, nasi dan sambal dan Hoka Suka 3 yang berisi chicken katsu, kering kentang, acar, nasi dan sambal. 

Menu Hoka Suka 1,2 dan 3

Oh ya, bocoran aja nih ternyata nama menu Hoka Suka itu juga perpaduan dua kata, Hoka (Jepang) dan Suka (Indonesia). Jika anda tidak cukup untuk menikmati rasa sensasi sambal yang menyegarkan ini, kita bisa pilih favorit sambal ini cukup menambah lima ribu rupiah saja.

Pada acara tersebut saya memilih menu Hoka Suka 2 untuk makan siang dengan sambal bawang yang rasanya pedas dan menyegarkan yang pas banget dilidah.

Acara pun ditutup dengan pengumuman pemenang tweet  terbaik dan foto instagram terbaik juga foto bersama-sama.

Sumber foto : mba Dhevi


HokBen Delivery Telpon 1-500-505
Facebook : Hoka Hoka Bento
Twitter     : @HokBen
Instagram : @hokben_id



Selasa, 27 Februari 2018

Pentingnya Gizi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Generasi Emas




Memiliki anak yang sehat, cerdas untuk mencetak generasi emas,  pastinya harapan semua orang tua didunia ini, dan tahukah bunda, bahwa salah faktor yang menentukannya adalah periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) atau yang disebut Golden Period. Dimana 1000 Hari Pertama Kehidupan ini merupakan periode seorang  bayi/anak tumbuh dan perkembangan secara pesat yang mulai dari awal kehamilan hingga anak usia 2 tahun pertama setelah lahir.

Kesehatan dan pemenuhan gizi terbaik pada ibu hamil inilah merupakan periode penentu kualitas anak saat dilahirkan. Nah, bicara soal pemenuhan gizi dalam 1000 Hari Pertama kehidupan dan dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional, bertempat di Hotel Santika TMII, Jakarta Timur, Nutrisi Untuk Bangsa (NUB) mengadakan Health and Nutrition Discussion bersama para Blogger dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten yaitu  Prof. Dr. Endang L. Achadi, MPH,   Dr. Tirta Prawirta Sari, MSc, SpGK dan Dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK

Pembukaan acara ditandai  dengan sambutan dari Bapak Arief Mujahidin, Manajer Cooporate Communication Sarihusada dengan diadakan acara Healt and Nutrition Discussion ini diharapkan dapat memberikan informasi maupun pengetahuan yang lengkap tentang masalah pentingnya pemenuhan gizi di 1000 Hari  Pertama Kehidupan kepada masyarakat luas Indonesia dengan melalui tulisa-tulisan para Blogger ini.

Bapak Arief Mujahidin, Manajer Cooporate Communication Sarihusada

Lalu, mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan itu sangat penting? Menurut Prof. Dr Endang L. Achadi menjelaskan bahwa masa ini adalah masa pondasi awal kehidupan anak dalam pertumbuhan dan perkembangan  yaitu ketika  bayi masih berada di perut ibu hingga usia 2 tahun setelah lahir.

Sehingga penting untuk memastikan setiap ibu dan anak mendapatkan nutrisi yang optimal di periode ini dalam langkah awal dalam mencetak generasi emas. Dan apabila diperiode ini tidak dilalui dengan baik (kecukupan nutrisi secara optimal) maka  akan berdampak pada kesehatan jangka pendek dan dampak jangka panjang, diantaranya :

1. Kecerdasan (kemampuan kognitif) rendah 
Pertumbuhan dan perkembangan otak sebagian besar terjadi pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan. Bila terjadi kekurangan gizi kronis maka jumlah sel-sel otak yang terbentuk lebih sedikit dari yang seharusnya, sehingga fungsinya terganggu. Namun demikian setelah 2 tahun masih ada fungsi-fungsi otak yang masih berkembang, sehingga masih ada peluang dalam memperbaiki fungsi kognitif, yaitu melalui stimulasi dan asupan gizi yang baik.

2. Stunting
Atau tubuh yang lebih pendek dari seharusnya untuk usia pertumbuhannya dan biasanya disebabkan karena masalah kurang gizi yang kronis yang disebabkan asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting ini terjadi mulai janin dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia 2 tahun. 

3. Resiko tinggi menderita PTM (Penyakit Tak Menular) saat dewasa nanti, seperti hipertensi, diabetes, obesitas, penyakit jantung atau stroke.

Lalu bagaimanakah upaya apa saja yang dilakukan agar periode 1000 HPK ini dapat  berjalan baik, salah satunya adalah pada ibu hamil adalah menerapkan pola makan bergizi seimbang selama kehamilan, status gizi baik, tidak anemia, upayakan tidak hamil saat pada usia remaja, dan pola hidup bersih dan sehat. "bumil dan busui membutuhkan tambahan energi 180-400 kkal serta 20 gram ekstra protein perhari agar kebutuhan zat gizi janin dan bayi terpenuhi" tutur dari Dr. Tirta Prawirta Sari, MSc, SpGK.

Kiri-kanan : Dr. Tirta Prawirta Sari,  MSc,  SpGK,  Prof. Dr.  Endang L Achadi,  dan DR. Dr Yustina Anie Indriastuti

Makanan Pendamping ASI (MP ASI)

Periode pengenalan makanan padat penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak dan juga membangun pola makan sehat, biasanya pengenalan atau pemberian MP ASI ini ketika bayi berusia 6-24 bulan. Meskipun ASI masih menjadi nutrisi utama anak, memperkenalkan makanan padat dengan rasa dan tekstur yang baru untuk mendukung perkembangan gerak motorik halus dan mulut, mengajarkan anak agar dapat makan sendiri,dan mengajarkan anak makanan keluarga.


Berikut tips dari  Dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK untuk membuat dan memberikan MP ASI sebagai berikut :
  • Upayakan dapur dan peralatan masak terpisah dengan orang dewasa
  • Menggunakan Stainless steel dan jangan menggunakan kayu, melamine, steroform, plastik yang tidak aman
  • Menggunakan lap sendiri serta dicuci setiap hari
  • Cuci tangan dengan sabun sabun dan air mengalir sebelum memasak atau memberikan MP ASI
  • Bila memotong gunakan sarung tangan
  • jur masak yang diare atau tifus tidak boleh memasak sampai dinyatakan sembuh
  • Suapi anak sedikit demi sedikit sampai habis
  • Berilah anak minum air putih untuk membersihkan sisa makanan
  • Setiap pagi dan sore bersihkan mulut (gosok gigi)
  • Ambilah sesuai kebutuhan bila dipanaskan dengan microwave atau dikukus sebentar seperti ASI
Contoh MP ASI untuk anak usia 6 bulan :
  • Sarapan : bubur beras merah + ASI : 6sdm peres
  • Snack pagi : air jeruk manis 1 buah kecil + ASI
  • Makan siang: bubur beras + sayur + daging/ayam/ikan + tahu/tempe disaring (diblender) : 6 sdm peres
  • Snack sore : ASI
  • Makan malam : buah naga/pepaya/pisang
  • Snack malam : ASI 
Contoh MP ASI untuk anak usia 9 bulan :
  • Sarapan : bubur kacang ijo sdm peres
  • Snack pagi : alpukat 1/2 potong sedang + keju
  • Makan siang : bubur beras + sayur + daging/ayam/ikan/ati + tahu/tempe 9 sdm peres
  • Snack sore : biskuit 2 keping + susu formula 3 takar
  • Makan malam : bubur beras + sayur + daging/ayam/ikan/ati+ tahu/tempe 9 sdm peres
  • Snack malam Buah naga/pepaya/pisang
Jadwal makan : setiap teratur 3x makan utama dan 2-3 kali snack dan Berikan ASI setiap bayi jika mau menetek.

Jadi marilah  bunda kita  dari apa yang kita alami, lakukan ataupun makan (pemenuhan gizi) selama 1000 Hari Pertama Kehidupan memberikan konsekuensi terhadap kesehatan di masa depan dalam membentuk generasi emas.


Nutrisi Untuk Bangsa
Facebook :  Nutrisi Untuk Bangsa
Twitter     : @Nutrisi_Bangsa
Instagram :@Nutrisi untuk Bangsa

Rabu, 21 Februari 2018

Menulis Dengan Feature Stories Bersama Dini Fitria

Sebagai Blogger, pastinya saya ingin sekali bisa menghasilkan suatu karya tulisan yang baik, mudah dipahami, dan bermanfaat untuk para pembaca blog saya, dan syukur-syukur kalau judul tulisan bisa dihalaman pertama pencarian Google.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa tulisan yang baik itu adalah tulisan  mampu membawa rasa emosi (positif), mengalirkan isi cerita kepada para pembaca sehingga bener-bener menghayati sehingga betah berlama-lama saat membaca tulisan diblog kita bahkan dapat menginspirasi didalam kehidupan seseorang pembaca.

Trus lantas bagaimana caranya sih cara membuat tulisan kita bercerita dengan meninggalkan rasa dan cinta untuk para pembaca? Nah, pada kesempatan waktu saya ikut diworkshop Indonesian Social Blogprenuer (ISB), saya mendapatkan pengetahuan mengenai  bagaimana cara menulis artikel blog dengan Feature Stories dan Story Telling "Menulis Dengan Cinta Bersama Dini Fitria". 



Bertempat di JSC Hive Corwoking Space, Jakarta Selatan dan hujan yang terus menguyur daerah Jakarta dan sekitarnya, tidak menyurutkan niat saya dan teman yang lain untuk melewatkan acara ini. Pada kali ini narasumber yang dihadirkan seorang ibu sekaligus penulis novel yang terkenal dari karyanya Trilogi Cinta (Muhasabah Cinta, Hijrah Cinta dan Islah Cinta) dan mantan presenter Jazirah Islam, produser juga mantan Jurnalis  yaitu mba Dini Fitria. 

Dan pada acara workshop kali ini dimoderatori Teh Ani Bertha selaku Founder ISB dan disponsori oleh  C2Live, Evhive, Zoya Cosmetics, ShafiraZoya dan Kulina. Dan berikut ulasannya

Tak mau melewatkan moment berfoto dengan mba Dini Fitria dan sikecil

Menulis Dengan Feature Stories

Didalam tulis menulis,baik penulis buku ataupun blog ada beberapa yang bisa kita ketahui dari isi karyanya yaitu dari gaya tulisannya, dan dalam hal ini mba Dini Fitria menuliskan novelnya memakai gaya penulisan Feature Stories, yaitu menulis tentang fakta (based on true story) yang tidak selalu memakai kaidah 5W+1H.

Feature ini biasanya disajikan dalam sebuah cerita (story telling), dan penulis berperan sebagai seorang pencerita (storyteller). Dan feature bisa cerita sesuatu yang lagi hits moment  (up to date) dan bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Feature Stories ini juga berhubungan soal emosi, membangun rasa yang merangkai kata, menyusun kalimat dan membangun inspirasinya  maka cerita tentang apa yang kita tulis dan pembaca dapat memberikan kesan yang mendalam dan merasakan 
"Menulis itu soal rasa, temukan rasamu dan jagalah"  (Dini Fitria)
"Menulislah dengan bahagia dan berbahagia karena menulis" (Dini Fitria)
 Ciri- Ciri Feature 
  1. Bertutur
  2. Deskriptif, menggambarkan suatu profil atau peristiwa tertentu secara gamlang
  3. Informatif
  4. Gaya Penulisan, indah memikat, naratif, prosais, imajinatif dengan cara memprovokasi pembaca untuk dapat merasakan bahkan penasaran
  5. No need exacly 5W+1H
  6. Human Interest (value of life), cerita yang dapat menyentuh hati yang dikaitkan tulisan yang ditulis yang dijahit dan diikat oleh human interest
Jenis-jenis Feature 
  1. Feature human interest
  2. Feature sidebar
  3. Feature biografi
  4. Feature profil
  5. Feature perjalanan (travelogue feature)
  6. Feature "dibalik layar" (explantory features)
  7. Feature sejarah (hystorical feature)
  8. Feature musiman (seasonal features)
  9. Feature tren (trend feature)
  10. Feature petunjuk praktis (tips)
  11. Feature ilmiah (scientific feature)
Dan contoh dari feature stories ini, bisa dilihat dari kisah-kisah catatan perjalanannya dari berbagai negara yang dikunjungi  mba Dini Fitria yang dituang dikarya novelnya kedalam feature stories.

Dan contoh lain dari feature yang bisa lihat dan dialami dari kehidupan keseharian dari berbagai tema, misalnya tentang cinta, kesedihan, bahagia, inspirasi, perjuangan hidup ataupun kecelakaan.
Lalu bagaimana sih caranya tehnik menulis feature stories yang baik? berikut beberapa yang harus diperhatikan adalah Paragraf pembuka sebaiknya buatlah dengan bahasa yang menarik untuk perhatian pembaca, Sudut pandang (point of view) sang penulis dari cerita feature, dimana penulis menempatkan dirinya sebagai pelaku dalam ceritanya tapi juga sebagai objek, Daya pikat (karakter menulis), Bahasa rapi dan terjaga, Lihai bermain kata, Banyak diksi (pemilihan kata), Memberikan informasi yang lengkap, Bercerita yang dapat mengunggah hati dan jiwa.

Dan agar tulisan kita lebih hidup dan bervariasi, baiknya kita mencari bahan dari berbagai sumber ataupun dokumentasi gambar.

Jadi tidak begitu sulitkan untuk menulis feature stories, dengan menulis tidak hanya sebagai sarana mengekpresikan diri tapi juga yang dapat melegakan jiwa dan menunjukan eksistensi. Dan acara pun ditutup dengan pengumuman pemenang terbaik lomba  twitter dan instagram. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Makan siang dari Kulina yang enak banget
Goodybag 

Foto dari kiri-kanan : Enrico (C2live), Dini Fitria, Sally (Shafira) dan Ani Bertha (Founder ISB) 

Foto Bersama (dok.by Ono)



















Sabtu, 27 Januari 2018

SO GOOD Dukung Bangun Gizi Bangsa



Sumber: Instagram SO GOOD

Anak merupakan masa depan generasi penerus suatu bangsa, oleh karena itu sebagai orang tua pastinya ingin memiliki anak yang sehat, dan cerdas, dan salah satu faktor yang menentukan adalah anak harus mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Dan pemenuhan dalam  asupan zat gizi sangatlah penting diperhatikan untuk para orang tua pada anak dimasa pertumbuhannya secara optimal.

Tidak sedikit permasalahan yang masih dialami para orang tua memiliki anak pada masa pertumbuhan, salah satunya adalah anak  yang suka memilih-milih dalam makanannya, makan dengan jumlah yang sedikit, bahkan sampai-sampai adanya gerakan tutup mulut, dan apabila ini terjadi pastinya ada gangguan yang akan mempengaruhi tumbuh kembangannya, seperti anak yang berat badannya tidak naik-naik, mudah sakit,  konsentrasi belajarnya rendah sehingga menyebabkan IQ kurang, bahkan bisa anak tersebut mengalami gangguan terhadap  fisiknya bertubuh pendek (stunting).

Jika semua itu terjadi maka solusi yang kita lakukan sebagai orangtua, haruslah memperbaiki gizinya dengan menggunakan prinsip gizi seimbang. Nah, karena bertepatan dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari lalu, dimomen ini SO GOOD mendukung pedoman gizi seimbang, dimana pangan sehari-hari yang baik adalah yang mengandung zat gizi dalam jenis jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Dan hendaknya dalam setiap makan sehari-hari terdapatnya hidangan yang bergizi yang mengandung 3 macro nutrient yaitu karbohidrat,  lemak dan protein yang memenuhi kebutuhan fungsi tubuh setiap hari. SO GOOD mendukung pentingnya mendapatkan Sumber Makanan berupa makanan berprotein, solusi protein yang lebih baik.

Dalam Pedoman gizi seimbang terdiri dari 10 pesan pedoman gizi seimbang, yang dapat dikelompokan menjadi 4 pilar gizi seimbang, yaitu :
  1. Makan makanan beraneka ragam
  2. Membiasakan pola hidup bersih dan sehat (mencuci tangan)
  3. Aktifitas fisik yang cukup
  4. Memantau tinggi dan berat badan serta minum air putih.
Apabila anak kurangnya asupan protein salah satunya dampaknya adalah tubuh jadi gampang lemas dan letih, dan salah satu pesan yang didalam pilar gizi seimbang adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berprotein hewani, seperti daging ayam. Berikut manfaat dari protein hewani :
  1. Membuat pertumbuhan sel-sel organ tubuh dengan baik/ memperbaiki sel tubuh yang rusak.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Membantu pertumbuhan
  4. Protein hewani juga membentuk otak manusia dan sel darah merah tidak mudah pecah, sehingga secara langsung meningkatkan funsi otak, sehingga meningkatkan prestasi dan produktivitasnya.
Dan salah satu sumber protein hewani yang  tinngi bisa kita temukan di produk SO GOOD dengan berbagai varian, ada Chiken Nugget Original, Chicken Stick Original, Chicken Wings, Chicken Nugget Veggie dan lainnya.

Dan salah satu varian SO GOOD yang disuka oleh anak saya adalah Chicken Nugget Veggie, nugget ayam bentuk sayuran yang lezat dan kaya gizi, yang mengandung sayuran potongan wortel dan kacang polong serta dibuat dari daging ayam pilihan tentunya

SO GOOD Chicken Nugget Veggie


Logo Baru SO GOOD

SO GOOD kini ada yang terbaru dari tampilan kemasannya yaitu berupa logo baru SO GOOD dengan Social Circle dengan dominan warna hijau yang ceria dan tampilannya lebih fresh dan  lebih dinamis, dengan  semangat kebersamaan didalam keluarga dan teman adalah salah satu nilai sentral didalam kekayaan budaya sosial Indonesia. Mengedepankan kebersamaan dalam keluarga, teman dan masyarakat telah menjadi akar kuat sebagai penopang pada kemajuan bangsa Indonesia yang modern.


SO GOOD memahami akan adat istiadat sosial yang penting ini di Indonesia, dan bagaimana peran makanan sangat penting bagi semua ini.Menyebarkan semangat pentingnya solusi makanan praktis yang lezat dan kaya protein sebagai sumber nutrisi bagi tubuh,pikiran,hati,dan masa depan kelurga Indonesia.

Oleh karena itu, SO GOOD mengambil peran sebagai penggerak interaksi yang baik untuk memperkaya kehidupan setiap orang Indonesia dengan menjadi perusahaan yang peduli tentang pemenuhan gizi kuliner seimbang bagi masyarakat Indonesia.

Nah, kita sekarang gak khawatir lagi untuk  menjaga kebutuhan asupan protein hewani untuk anak kita dari SO GOOD Frozen Food yang enak dan bergizi. 


Jumat, 26 Januari 2018

Asiknya Liburan Ke Jungleland Theme Park Bogor Dengan Traveloka

Ada banyak pilihan jika kamu ingin jika kamu berlibur bareng anak-anak. Namun kali ini kita bakal memilih salah satu tempat wisata di Bogor yang cocok banget untuk membaya rombongan keluarga, yaitu Jungleland. Terletak dikawasan Sentul Nirwana, jika kamu sudah berada di dikota hujan, tempat ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Akses menuju ke Jungleland sangat mudah, karena tempat ini  berada dikawasan bebas macet. Kamu juga bisa menikmati kuliner asik, diseputaran Kota Bogor sebelum memasuki area Jungleland. Di Jungleland kamu bisa mengunjungi berbagai wahana unggulan, yang pastinya seru dan bisa dinikmatisegala lapisan usia, dari anak-anak hingga dewasa. Buka setiap hari, kamu bisa kesini dengan merogoh kocek hingga 220 ribu perorang. Didalamnya ada empat zona utama dengan berbagai wahana seru. Apa saja itu? Yuk disimak!

1. Zona Mysteria

sumber: Jungleland.co.id

Ada tujuh wahana yang bisa kamu mainkan disini, dan beberapa diantaranya sangat ramah untuk anak-anak. Yang pertama, ada Magic bike yang bisa terbang tinggi jika kamu kayuh terus sepedanya. Ada pula Mega Drop yang bakal sangat menantang nyalimu. Bayangkan kamu dijatuhkan dari ketinggian 38 meter!  Lalu ada Fire Pots yang berupa kuali raksasa,  yang siap berputar dengan kecepatan tinggi. Dan permainan lainnya ada Boat Blaster,  Jeep Tour, juga Hydrolift.

2. Zona Carnivalia

sumber: Jungleland.co.id

Jika ingin bermain sambil belajar dan berkreasi, didalam zona ini banyak wahana yang ramah untuk anak-anak. Dari 15 permainan didalamnya, kita para orangtua untuk anak bisa mencoba Flight Academy, bermain di Kiddy Land, ataupun mencoba yang lebih menantang seperti Mini Drop. Ada juga Rainbow Train, Midway Games, Mini Swinger, serta Caroussel yang tentu saja semuanya bakal sangat menarik buat anak-anak. Dan apabila ingin mencoba wahana yang agak menyeramkan dan seru, bisa coba di Haunted House.
3. Zona Tropicalia

sumber: Jungleland.co.id


Masih juga ramah untuk anak-anak, dizona yang satu ini lebih banyak permainan menantang seperti Harvest Time yang menyerupai roller coaster, ada juga Ship Adventure, Mini Bumper Car dan Wave Swinger. Jika ingin lebih santai, kamu bisa biarkan anak-anak mencoba Happy Swing, Mini Ferrish Wheel, Happy Train, juga North Pole. Masih ada lagi Water Flume, Texan Train, dan Concoy 6 yang tentunya seru dicoba bareng keluarga. Kamu juga harus coba.
4. Zona Explora

sumber: Jungleland.co.id

Hanya ada tiga wahana, dan kamu diminta untuk mempersiapkan adrenalin untuk memainkannya. Bayangkan seekor gurita raksasa memutar dan membalikkan perahu yang sedang kamu naiki, itulah yang bakal rasakan di wahana permainan Octopus. Kamu dan keluarga juga bisa  berpertualang kembali kezaman jutaan tahun yang lalu, dimana dinosaurus jadi penguasa daratan di Safari Dino. Atau kamu mau melihat lebih dekat berbagai macam binatang seperti, ular, iguana, dan berbagai jenis kadal, burung hantu, musang, ikan, buaya dan masih banyak binatang lainnya, kita bisa masuk ke wahana Animal Corner.

Nah, seru kan wahana yang terdapat di empat zona diatas dari total  27 wahana yang wajib kamu coba dan rugi dilewatkan saat berkunjung di salah satu tempat wisata di Bogor ini.

Setiap harinya Jungleland juga menyediakan fasilitas antar jemput gratis dengan shuttle bis, jika menggunakan jalur transportasi umum, yang tersedia di rute reguler dari Mall Bellanova menuju Jungleland Adventure Theme Park. Jadi buruan deh rencanakan liburan seru dan mengasyikan kesini bersama seluruh keluarga tercinta.






 

Rabu, 24 Januari 2018

Hari Gizi Nasional Dalam Mewujudkan Generasi Emas 2045



Ibu mana yang tidak ingin mempunyai anak yang sehat, cerdas, berprestasi dalam belajarnya dan tumbuh kembangnya optimal, ngacung ayo? pastinya semua para ibu mau ya, dan tahukah bahwa semuanya itu dicapai semenjak dari periode masa kehamilan hingga usia 2 tahun (1000 Hari Pertama Kehidupan), dengan memenuhi kecukupan asupan makanan yang bergizi dan seimbang bagi seorang ibu, sangatlah penting dalam pertumbuhan, perkembangan hingga kesehatan bagi anak.

Pemenuhan gizi yang optimal pada periode emas tersebut, selain memberikan kesempatan kepada anak untuk hidup lebih sehat, cerdas juga dapat meminimkan resiko terhadap penyakit jangka pendek maupun jangka panjang. Namun disayangkan pada periode emas ini masih saja terabaikan oleh orangtua baik karena kurangnya pengetahuan dan informasi maupun adanya prioritas yang harus didahului.

Bicara masalah  gizi, dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari, bertempat di Graha Utama Lantai 3 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bersama Yayasan Abhipraya Cendikia dan Organisasi Muslimat Nadhatul Ulama (NU), mengadakan diskusi publik yang informatif dengan mengangkat tema  Hari Gizi Nasional 2018 : Mewujudkan Generasi Emas 2045, Anak Indonesia Zaman Now, No Malnutrisi, No Obesitas : Sayangi Anak dengan Makanan Bergizi Seimbang dengan menghadirkan para narasumber, yaitu :
  • Prof. Dr. Dodik Irawan Briawan MCN, Ahli ilmu Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga SEAFAST IPB
  •  Dr. Damayanti Rusli Syarif, Divisi Nutrisi dan Penyakit Departemen IKA FKUI/RSCM
  • DRA. Hj. Siti Musrifah, MA, Anggota Komisi IX DPR RI
  •  Mursyidah Thahir, kader Muslimat Nadhatul Ulama
Narasumber yang hadir, foto dari sebelah kiri: Dr. Damayanti Rusli Syarif, Musyidah Thahir, Moderator, Prof. Dr. Dodik Irawan Briawan MCN dan DRA. Hj. Siti Musrifah

Visi bangsa Indonesia saat ini adalah mewujudkan generasi emas 2045 yang perlunya dijaga kualitas kesehatan bangsa Indonesia dengan melakukan sebuah upaya dan memberikan edukasi untuk bagaimana menjadi ibu dijaman now ini agar lebih cerdas, dalam arti  betapa pentingnya peran seorang ibu dalam pertumbuhan anak dengan memberikan makanan sehat  bergizi dan seimbang.  ujar sambutan pembukaan acara diskusi publik oleh Dra. Hj. Nurhayati Said Agil Siradj, Ketua Pengurus Harian Muslimat NU


Dra. Hj. Nurhayati Said Agil Siradj

Secara umum gizi pada anak di Indonesia,  saat ini mengalami masalah gizi ganda dimana  disatu sisi anak-anak yang kurang gizi yang menyebabkan stunting, dan disisi lain kelebihan gizi yang menyebabkan obesitas pada anak. Oleh karena itu perlu penanganan bersama agar asupan gizi yang seimbang dapat tercapai.

Menurut Prof. Dr. Dodik Irawan Briawan MCN,  mengatakan perlunya asupan gizi yang seimbang dalam pencapaian tumbuh kembang optimal pada anak, dan pedoman dari gizi seimbang itu adalah bagaimana pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jumlah dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan, tidak kurang dan tidak lebih  dan berjalan harmonis.

Salah satu faktor yang menyebabkan anak kurang gizi seimbang adalah rendahnya asupan konsumsi buah dan sayur, disinilah para ibu dituntut untuk dapat menyajikan makanan keseharian  yang mengandung buah dan sayur dalam upaya untuk meningkatkan dan perbaiki gizi.

Adapun masalah lain pola konsumsi gizi tidak  seimbang yaitu semakin banyak anak dengan perilaku makan yang berlebih akan gula, garam dan lemak   yang menyebabkan salah satu faktor  obesitas (kegemukan), dan jika masalah gizi buruk dan berlebih  ini terus dibiarkan, anak-anak pun pada saat dewasa nanti akan rentan mengalami penyakit-penyakit katastropik seperti, jantung koroner, stroke, hepatitis, diabetes dan lain sebagainya. Berikut rekomendasi pangan yang baik untuk anak pada usia 2-5 tahun, yaitu :
  1. Biasakan makan 3 kali dalam sehari (pagi, siang dan malam bersama keluarga)
  2. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur, tempe, susu dan tahu
  3. Perbanyak konsumsi sayuran dab buah-buahan
  4. Batasi mengkonsumsi makanan selingan yang manis, asin, dan berlemak
  5. Minumlah air putih secukupnya
  6. Biasakanlah bermain bersama dan melakukan aktivitas fisik setiap hari

Faktor yang bisa mempengaruhi kelebihan gizi

Rekomendasi konsumsi gula,  garam dan lemak


Stunting

Menurut Dr. Damayanti Rusli Syarif bahwa stunting adalah bentuk kekurangan gizi kronis yang secara fisik memiliki tinggi badan dibawah standar pertumbuhan anak normal. dan dapat terjadi pada saat mulai janin dalam kandungan dan baru nampak pada saat anak berusia 2 tahun.

Dan Indonesia termasuk negara peringkat ke-5 dalam kasus stunting. Dan kenapa kita harus khawatir dengan stunting ini? karena dampaknya yang begitu besar, dimana anak Indonesia akan terancam penurunan IQ, meningkatkan kematian, prestasi akademik buruk, keterlambatan sekolah, dan lebih jauhnya lagi Indonesia akan terancam akan menciptakan generasi masa depan yang unggul,  sehat dan produktif.

Perbandingan anak yang normal yang sesuai  perkembangannya tinggi dan usia dengan anak yang stunting

Dalam hal ini masalah stunting bisa dicegah yaitu dengan pemenuhan kebutuhan gizi ibu hamil yang cukup, pemberian ASI ekslusif sampai usia 6 bulan dan setelah umur 6 bulan diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang cukup jumlah gizi, memantau pertumbuhan balita di posyandu untuk mendeteksi dini terjadinya gangguan pertumbuhan, dan Meningkatkan akses terhadap air bersih,, fasiltas sanitasi serta menjaga lingkungan.

Seperti yang diutarakan diatas bahwa dalam menciptakan generasi emas kaitan eratnya dengan masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) atau 270 hari masa kehamilan + 365 hari masa 2 tahun pertama kehidupan, Seorang anak yang mendapatkan gizi yang baik pada saat didalam perut ibu dan 2 tahun pertama kehidupan maka anak tersebut mempunyai dampak jangka panjang yaitu pintar, kekebalan tubuhnya akan baik, tulang dan otot-ototnya akan tumbuh baik, metabolisme tubuhnya akan berjalan baik yang akan terhindar dari penyakit tak menular.

Dan pada sesi akhir dari diskusi ini, ibu Marsyidah Thahir, menjelaskan bahwa dalam Islam juga memberikan perhatian pada anak agar tumbuh dengan baik, sehat dan tidak lemah yaitu dengan memberikan makanan yang halal dan thayyibah (baik) dan apabila didukung juga lingkungan, pendidikan maka anak Indonesia akan tumbuh kembang fisik, intelektual, emosional, spiritual akan baik semua.




Selasa, 23 Januari 2018

The Brahouse.Com - Cara Mudah Belanja Online Pakaian Dalam

Bagi kaum perempuan, menggunakan pakaian dalam seperti bra atau celana dalam merupakan  bagian terpenting yang sering dipakai sehari-hari dalam menunjang kelengkapan dalam penampilan kita, dan juga merupakan bagian salah satu kebutuhan sandang yang harus dimiliki oleh setiap perempuan, dimana fungsi kegunaannya dari pakaian dalam yaitu  dapat melindungi organ intim kita. Makanya nih apabila kita sekali tidak memakai salah satu pakaian dalam ada rasa keanehan didalam penampilan kita loh, bener gak ladies? 

Sebut saja Bra, bagian pakaian dalam yang  bukan barang yang hanya  kita pakai sehari-hari tapi bisa juga di pakai dalam jangka waktu berbulan-bulan bahkan bertahun dengan pakaian dalam yang sama, dan pada kenyataannya kebanyakan para perempuan baru berpikir mengganti bra yang lama jika sudah melar, kendor  ataupun sudah sobek, ckckck..jangan berpikir seperti itu ya ladies karena pengaruhnya dapat menganggu kesehatan juga penampilan yang gak ok banget. 

Maka dari itu kita harus tahu kapan nih, tepatnya  pakaian dalam, khususnya dalam hal ini Bra yang harus ganti dengan membeli yang baru, berikut hal-hal yang harus diperhatikan ya ladies :
  • Jika Tali karet (elastisitas) pada bra sudah kendur, melar harus cepat diganti, karena hal tersebut tidak akan maksimal menopang bagian tubuh kita, terutama payudara 
  • Warna bra sudah berubah, misalnya timbul bercak kecoklatan atau kekuningan yang menunjukkan bahwa bra tersebut sudah terlalu lama digunakan, dan noda  yang menempel menimbulkan perubahan warna
  • Ukuran bra yang terlalu ketat atau kekecilan
  • Bra yang lama terasa kasar karena terlalu sering dalam pencucian dan kadang-kadang menimbulkan gatal pada kulit (iritasi)  
Jika bra yang kita miliki seperti hal-hal dalam kategori diatas janganlah ragu untuk segera kita ganti dengan yang baru dengan membelinya yang bisa lakukan di salah satunya dengan pembelian secara online di The Brahouse.Com, yang rekomended banget belanja dengan berbagai macam pilihan pakaian dalam, seperti bra, celana dalam, sport bra, korset hingga baju tidur yang lengkap dari berbagai brand popular seperti Sorella, Pierre Cardin, Young Heart, Felancy, Energized, Young Curve, FLC by Felancy dan Sorex.



Cara belanjanya juga cukup mudah, kita hanya buka di websitenya The brahaouse www.brahouse.com  dan sebelum belanja, kita harus daftar dulu dengan mengisi data diri kita secara lengkap dan jika sudah, kita akan mendapatkan email bahwa nama kita terdaftar dan mengaktivasi akun kita, cuzz deh kita bisa langsung belanja. Berikut caranya gimana kita memesan barang di Brahouse.com yaitu :
  1. Buka Website The Brahouse.com, lalu pilihlah produk yang diinginkan seperti Lifesyle, Sport Wear, Bra, Sleep Wear, Kids & Teens, Undies, dan Corset
  2. Setelah produk yang  kita ingin sudah terpilih kemudian klik "Tambah Pembelian" dan otomatis produk tersebut akan masuk ke keranjang belanjaan kita dan juga bisa klik "Tas Belanja" jika ingin menambah memilih produk lain, dan pastikan kita untuk melihat detail pesanan produk, harga  dan sesuai ukuran yang kita pilih 
  3. Setelah menyelesaikan pemesanan lalu klik "Lanjutkan" untuk langkah selanjutnya memproses ke halaman "Sign Up" (jika pelanggan baru) dan apabila sudah terdaftar sebagai pelanggan hanya perlu melakukan " Login" ke akun kita yang akan mengarahkan untuk melengkapi alamat lengkap pengiriman produk yang dipesan
  4. Lalu klik " Lanjutkan  ke Pembayaran" dan pilih metode pembayaran yang bisa kita pilih transfer melalui ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking melalui Bank BCA atau Bank Mandiri
  5. Setelah itu klik "Proses Pemesanan" untuk menyelesaikan pesanan kita, setelah pesanan selesai kita akan mendapatkan rincian konfirmasi pesanan lewat email
  6. Pengiriman produk akan sampai selama 1-3 hari melalui JNE
Oh ya, pada kali ini saya sudah mencoba belanja di The Brahouse.com dan saya membeli Bra Mom Blue merk FLC by Felancy yang harganya lumayan cocok dikantong, bahannya yang berkualitas dan lebih senangnya lagi ternyata harga bra tersebut diskon 35 % dari harga Rp. 95.000 menjadi Rp 61.750 dan produknya pun pengiriman sampainya cepet loh, dan produknya sama persis seperti yang saya inginkan.



Yuk, cek lemari kamu deh sekarang apakah pakaian dalammu  saatnya diganti dengan yang baru dan buruan belinya ke The Brahouse.com