Minggu, 20 November 2016

Belajar Menjahit Clutch Bag Kain Kulit Kayu Bersama Kriya Indonesia dan Brother Indonesia


   Menurutku menjahit itu gampang-gampang susah ya,kenapa,karena menjahit butuh keahlian dari ilmu jahit seperti memotong dan mengukur pola bahan,memasang kancing atau resleting, mengunakan mesin jahit dengan benar dan yang lainya,saya bisa menjahit tapi hanya sekedar menjahit dengan jarum tangan dan itupun hasilnya juga masih tidak rapi,masih kasar hasilnya dan pernah kepikiran untuk bisa menjahit dengan mesin jahit dan itu tidak punya pengalaman buatku dan pastinya itu hal yang menyenangkan sekaligus menambah ilmu buat ku.Kebetulan nih pendiri dari Kriya Indonesia,mba Astri Damayanti membuka pendaftaran Blogger untuk menjahit dengan mesin jahit Brother dengan Tema Workshop Menjahit Clutch Bag Kain Kulit Kayu Bersama Kriya Indonesia dan Mesin Jahit Brother.Saya pun langsung mendaftar dan alhamdulillah terpilih untuk mengikuti Workshop menjahit tersebut pada tanggal 12 November 2016 dengan para peserta blogger lainya di Museum Tekstil Jakarta, yang bertempat di jalan Aipda K.S Tubun no.2-4,Jakarta Barat, saya ke Museum Tekstil tersebut dan kali ini saya pergi bareng dengan teman lainya sebut saja fika,echi dan endah menggunakan via kereta Api dari Stasiun Jurang Mangu Ciputat menuju Stasiun Tanah Abang,dan dari situ hanya jalan kaki kita bisa ke Museum Tekstil.

Museum Tekstil Jakarta
Mesin Jahit Brother Tipe NV-15 P dan Tipe NV-980

  Acara Belajar menjahit clutch bag Kain Kulit Kayu ini di mulai tepatnya pukul 1 siang.Mba Astri membagikan bahan-bahan untuk keperluan menjahit clutch bag seperti kain kulit kayu,bahan viselin (bahan kasar),bahan trikot (bahan halus),bahan satin bermotif,kancing magnet,pentul dan gunting serta pada kesempatan kali ini menggunakan Mesin Jahit Brother Tipe GS 2500 dan telah tersedia kurang lebih 20 pcs mesin jahit Brother.

Bahan Viselin,Trikot,Kain Kulit Kayu,Kain Satin,Gunting,Pentul Dan Kancing

Mesin Jahit Brother Tipe GS 2500

Teman-teman Blogger sedang asyik menjahit

  Terbesit dalam hati saya,bisa gak ya  saya untuk menjahit dengan mesin jahit dan dari pengarahan cara-cara dari mba Astri,saya pun memulai menjahit membuat clutch bag kain kulit kayu.
  Adapun caranya membuatnya sebagai berikut :
1.Bahan viselin dan bahan trikot kita tumpuk jadi satu dan pentul sedikit agar tidak goyang,bahan satin dan kain kulit kayu disatukan juga dipentul juga yang gunanya agar bahan tersebut tidak bergerak-gerak.

Dari gambar kiri kain kulit kayu dan kain satin dan kanan bahan viselin dan trikot


2. Setelah menyatukan bahan-bahan tersebut lalu proses menempelkan atau menyatukan bahan tersebut dengan menyetrikaan yang panas,sebaiknya gunakan temperatur yang panas agar proses menempelkan cepat dan mudah.

Proses menyetrikaan

3. Setelah itu lanjutkan dengan proses penjahitan bagian sisi tengah bahan kain kulit kayu dan bahan satinnya.


Memulai penjahitan


Jahit dibagian tengah

4. Sesudah penjahitan selesai kita bikin lubang untuk kancing magnet dengan cara membalikan bahan viselin dan trikot dan menggunting dibagian tengah bawah sedikit ukur sesuai ukuran kancing tersebut.

Bentuk Kancing Magnet
Pemasangan Kancing Magnet

Kancing Magnet sudah terpasang

5. Lalu kita lipat dua dan sesuaikan dengan kancingnya dan setelah itu kita jahit lagi sisi bagian sisi kanan dan kiri,rapikan benang-benang yang keluar dan jadilah deh Clutch Bag Kain Kulit ku.

Taraaa...Jadi deh Clutch Bag Kain Kulit Kayu 


Clutch Bag Kain Kulit Kayu

Mesin Jahit Brother GS 2500

  Brother Indonesia sebagai produsen mesin jahit yang dikenal kualitasnya baik dalam negeri dan internasional dan mesin jahit Brother terdapat banyak macam tipenya salah satunya adalah Mesin Jahit Tipe GS 2500 yang sangat cocok digunakan untuk pemula hingga mahir seperti saya,banyak keunggulan dari mesin jahit ini adalah :
 1. Terdapat 25 pola jahitan 
 2. Lampu LED yang memudahkan kita untuk memasukan benang ke dalam lubang jarum


3. Sistem 4 lubang kancing (4 Step Easy Buttonhole)
4. Sistem Bobins atas (Easy Quick Set Bobins)
5. Penusuk Benang Otomatis
6. Pengaturan benang otomatis
7. Mempunyai tuas jahitan mundur
8. Free arm untuk menjahit bahan turbular atau silindris dibidang sempit
9. Heavy duty metal frame
10. Berdaya 51 watt

  Mesin jahit Brother GS 2500 termasuk mesin jahit yang Portable yaitu mesin jahit yang bisa dengan mudah diletakan dimana saja seperti meja tamu,meja makan dan lain sebagainya dan mesin jahit ini dapat diangkat dan dibawa kemana-mana.Pas kebetulan Mesin jahit ini sedang promo dari harga normal Rp.2.500.000 dengan harga special menjadi Rp.1.9000.00.Saya sangat senang sekali dengan hasil jahitan yang sangat rapi clutch bag saya dan puas sekali.
  Terima Kasih mba Astri Damayanti dan Brother Indonesia atas undangannya untuk belajar menjahitnya dan ingin sekali ilmu yang didapat dari workshop belajar menjahit  ini dapat dikembangakan dengan belajar dan belajar lagi tentang menjahit.

Mesin Jahit Brother GS 2500




Ikuti sosial media Brother Indonesia
Facebook  : BrotherSewingClub.ID
Twitter      : brother_indo
Instagram : brotherindonesia










12 komentar:

  1. Jadi gimana nih? Lanjut apa kapok nih menjahitnya xixixixxi. .. Lanjut aja yak menjahitnya. . biar bisa menghias rumah dgn berbagai hasil karya. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen lanjut dong,in sya allah beli mesin jahitnya dulu terutama mesin jahit Brother ya

      Hapus
  2. Wah cantik banget dompetnyaaa, Bisa nih pesan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dipesan tapi jadinya pasti lama banget..hehehe...

      Hapus
  3. Hasilnya bagusss. Punyaku masih meletot sana sini

    Helenamantra dot com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba helena dicoba lagi dengan bahan yang berbeda aja..semangatt

      Hapus
    2. Ayo mba helena dicoba lagi dengan bahan yang berbeda aja..semangatt

      Hapus
  4. Kerenn yo,, duh nyesel deh ga ikut event ini.

    BalasHapus
  5. iya memang bagus ilmunya jadi bisa bikin dompet dengan bahan yang simpel mak

    BalasHapus
  6. wah asyiknya ya bisa ikutan ginian dapat ilmu banyak ya

    BalasHapus
  7. serunya event menjahit bisa menambah wawasan dan skill baru. Salam kenal ya mba aFI (ig & twitter : @cputriarty)

    BalasHapus
  8. wah..seru banget ya mak, aku pengen belajar juga :)

    BalasHapus