Jumat, 02 Juni 2017

Mengoptimalkan Konten Youtube Yang Baik




Assalamualaikum Wr. Wb

  Jakarta, 28 Mei 2017, bertempat di Restoran Bebek Dower,  Pasar Festival,  Jakarta Selatan, Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dengan foundernya teteh Ani Bertha dan CNI mengadakan Blogger Gathering "Workshop Search Content versus Social Content dan Optimasi YouTube"  dengan narasumber mas Niko Riansyah, Specialist Marketing CNI dan Madam Yonna Kairupan.


  Beruntung sekali saya bisa berkesempatan untuk hadir di acara ini diantara blogger yang lain untuk menambah Pengetahuan dan ilmu dalam rangka bisa mengoptimalkan blog saya dengan channel youtube yang saya

 Konten dalam sebuah blog adalah salah satu faktor utama kesuksesan sebuah blog maka dari itu buatlah konten yang berkualitas dimana banyak dicari pembaca,unik dan original yang berguna dan bermanfaat, maka dari itu jika menginginkan blog mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari (search engine) seperti Google dan mau tidak mau juga harus berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimaze).

Sama halnya menurut mas Nico Riansyah, bahwa search content adalah konten yang dibutuhkan orang yang sering dicari dan memberikan informasi untuk pengunjung di search engine dan ada alasan tiga hal kenapa orang, cari di google adalah navigasinya harus bagus, memberikan informasi yang dibutuhkan dan bagus, dan transactional.

sedangkan untuk social content adalah lebih menawarkan informasi dan berhubungan dengan karakteristik dari setiap sosial media yang kita miliki, misalnya facebook, instagram, twitter, youtube, linkedin dan blog post, baik berupa gambar dan judul yang dipublikasikan di media sosial kita.



 Seperti yang kita ketahui bahwa fenomena Youtube atau Vlog dalam dunia internet sangatlah berkembang pesat saat ini, para masyarakat sudah "melek" teknologi dengan banyaknya muncul yaitu para content creator (youtuber) ataupun dari blogger yang memakai video sebagai salah satu media untuk melengkapi isi konten blog mereka.

 Dalam hal ini sangat diperlukan sekali kontent yang menarik, unik dan orisinal dalam membuat dan mendukung video yang akan kita upload secara baik,  dan dapat menarik pengunjung atau penonton akan nyaman berkunjung di channel youtube ataupun blog kita.

  Hal ini pun akan dikupas tuntas langkah-langkah bagaimana menjadi content creator youtube yang baik dan berkualitas dengan narasumber madam Yonna Kairupan, dimana mayo (panggilan akrab)   adalah seorang ibu dari 4 anak, dengan kesibukannya sebagai  Beauty & Specialist Make Up Artist, Videografer dan Seleb Sosmed Manager dan juga seorang YouTuber.

  Menurut mayo, bahwa sebelum kita memulai untuk terjun menjadi content creator dalam youtube harus memiliki akun youtube dulu, yaitu media untuk mengupload video kita di channel youtube yang bisa di tonton oleh banyak orang dan syukur-syukur kalau menjadai subscriber kita.

  Menurut mayo, bahwa sering di temui ada beberapa alasan masih saja ada orang yang tidak mau manfaatkan dari youtubenya, diantaranya adalah sudah banyak para youtuber yang muncul, dan itu menjadikan kita sudah patah semangat duluan dalam membuat video youtube,  alasan selanjutnya adalah tidak punya uang, menurut mayo bahwa gak harus tajir atau kaya harta dulu untuk jadi youtuber, alasan berikutnya, tidak punya bakat, padahal youtube itu bukanlah ajang pencari bakat, hanya yang diperlukan dalam membuat video harus memiliki nilai otentik (asli) sehingga video yang kita buat itu bernilai (value), alasan yang lainnya adalah tidak ada waktu, sebenarnya waktu yang diperlukan hanya beberapa jam untuk perminggunya dalam sebulan untuk membuat video, alasan lain adalah tidak punya koneksi, baik itu koneksi internet ataupun koneksi siapa saja yang mau nonton video kita, dan intinya bahwa kita harus perbanyak publikasikan di social content kita. Dan alasan yang terakhir adalah banyak ide kesamaan yang ada divideo yang muncul.

 Selanjutnya sebelum  fokus untuk menjadi youtuber atau content creator haruslah tahu tujuan dan kearah mana kita menjadi youtuber dengan video youtube kita, apakah membawa pengaruh dan nilai tambah (benefit)  yang ingin dicapai. Supaya apa yang kita mulai itu sudah dijalan yang benar dan ditekuni.

Berikut ada beberapa langkah-langkah untuk memulai untuk menjadi youtuber, yaitu

  1. Kenali diri sendiri (know your self), dimana kita harus tahu letak kekuatan ataupun kelemahan kita dan kita harus gali dari kekuatan maupun kelemahan kita untuk melakukan youtube
  2. Fokus, yang artinya harus jelas dari youtube channel kita dan sama seperti blog harus mengacu niche nya, karena banyak kesalahan terbesar didiri youtuber itu videonya terlalu umum dan tidak jelas maka dari itu hindari 
  3. Value, Informatif : menginspirasi / edukatif / motivatif /menghibur dan jangan dalam membuat video itu asal-asalan saja
  4. Berhenti dan hindari untuk menjadi analyst dan perfectionist, maksudnya adalah terlalu banyak menganalisa channel youtuber yang lain dan juga selalu tergantung dengan orang lain
  5. Youtube Search, seperti halnya membangun blog atau website, diperlukan SEO (search engine optimization), juga dibutuhkan dalam pengelolaan youtube,semakin video kita mudah ditemukan oleh mesin pencari youtube, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan trafik dan bisa berada dihalaman pertama 
  6. Konsistensi, terus konsisten dengan niche yang ingin dibahas dalam video,konsisten dalam mengupload video minimal 1 video setiap minggunya
  7. Ready for Hatter, jadikan kekuatan kamu untuk selalu berkarya dalam membuat video youtube kamu dari komentar-komentar yang negatif, kalau kamu tidak siap punya hatters,kamu gak bakal hitz
  8. Hustle More, jadikan sosial media menjadi tempat potensial untuk mendapatkan banyak penonton video kita, seperti like,koment dan share.
 Dengan menerapkan langkah-langkah diatas maka konten channel youtube kita, dapat meningkatkan peringkat video kita di halamn Google dan Youtube. dan dengan cara ini juga dapat menumbuhkan jumlah pelanggan yang nonton di channel youtube kita.

Madam Yonna Kairupan



Niko Riansyah, Specialist Marketing CNI



Semoga tulisan ini sedikit berguna untuk menambah pengetahuan teman-teman untuk memulai membangun youtube nya, dan mohon maaf jika ada kekurangan atau salah tulisan.










1 komentar: