Rabu, 25 Oktober 2017

Mandiri Edukasi 2017 : Bagaimana Mengatur Keuangan Keluarga Yang Baik

Tangerang, 22 Oktober Mandiri Edukasi  kali ini diadakan yang bertepatan dengan ulang tahunnya PT Bank Mandiri (Persero)  pada tanggal 2 Oktober, yang perayaannya dilakukan selama lima hari di Mandiri Pekan Raya Indonesia 2017 di International Convention Exhibition (ICE)-BSD City. Tangerang Banten salah satunya adalah menggelar  program Mandiri Edukasi. 

Program Mandiri Edukasi ini adalah tidak lain sebagai bentuk kepatuhan terhadap surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai pelaksanaan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada pelanggan atau masyarakat. 

Acara Mandiri Edukasi 2017 ini, digelar di Panggung Nusantara Hall C- ICE-BSD pada pukul 13.00-16.00 dengan rangkaian kegiatan talkshow yang ringan tapi bermanfaat dengan tema Cara Cerdas Berinvestasi di Pasar Modal  dengan para pembicara yang hadir Ivy Batuta,  sebagai Ibu rumah tangga juga dikenal sebagai publik figure, Ahmad Gozali sebagai Financial Planner dan Mauldy R. Makmur sebagai Cooporate Secretary  Mandiri Manajemen Investasi.

Flyer Acara

Selain talkshow  juga akan ada demo masak yang akan dibawakan oleh chef  ganteng yaitu Billy Kalangi yang akan mendemokan dua masakannya yang sehat dan hemat serta diakhir acara akan ada penampilan musik special  dari Virzha.

Para pengunjung Mandiri Pekan Raya Indonesia 2017 pun bisa datang mendaftarkan langsung untuk mengikuti acara Mandiri Edukasi ini secara gratis, dan  juga bisa memenangkan berbagai macam hadiah dooprize diantaranya ada Televisi, Kamera, Smartphone dan Mandiri e-money. Juga para pengunjung bisa mendapatkan free face painting, popcorn snack dan ballon untuk anak-anak. 

Tempat Registrasi pendaftaran Mandiri Edukasi

Setelah menunjukan pukul 13.00 acara Mandiri Edukasi pun dibuka oleh MC Kemal dan juga penampilan tarian yang ikut  memeriahkan diatas panggung.

MC Kemal 

Para Dancer diatas panggung

Ibu Lila Noya, sebagai Senior Vice President Customer Care Group Bank Mandiri memberikan sambutannya bahwa dengan diadakan Mandiri Edukasi pada hari ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang bermanfaat betapa pentingnya bagaimana caranya mengatur keuangan keluarga terkontrol secara baik, dan juga  akan dijelaskan lebih jauh oleh para pembicara talkshow hari ini 

Ibu Lila Noya, sebagai Senior Vice President Customer Care Group Bank Mandiri 

Patut diketahui bahwa Mandiri Edukasi ini berjalan sejak awal tahun 2017 yang sudah berlangsung di 10 wilayah kota di Indonesia, yaitu Aceh, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Manado, Nias, Bekasi, Jakarta, Ternate. 

Setelah sambutan dari ibu Lila Noya, acara pun dilanjutkan dengan demo masak oleh chef Billy Kalagi yang akan menyajikan masakan yang sehat tapi hemat dengan dua resep masakanya yaitu Burger Alpukat Chickpeas dan desert Greek Yoghurt Mango. 

Chef Billy Kalagi dan 2 menu masakannya 

Disini chef Billy juga memberikan tips cara penyimpanan bahan makanan agar lebih awet sehingga post untuk biaya makanan bisa ditekan untuk mengatur keuangan lebih hemat.

Ivy Batuta, sebagai public figure dan seorang ibu, menyampaikan bahwa dalam mengatur keuangan dalam keluarganya adalah pertama-pertama dana yang harus dikeluarkan (kewajiban)  terlebih dahulu yaitu membayar hutang, cicilan, yang menurutnya dengan cicilan dia akan mempunyai berupa aset atau benda, kedua yaitu kewajiban Infaq dan Sedekah, ketiga kewajiban membayar keperluan sekolah, bayar listrik, telepon dan televisi kabel, dan keempat kewajiban disisihkan untuk dana tak terduga, misalnya membayar asuransi, tabungan khusus yang mana sudah dikoneksikan dengan produk investasi.


kiri-kan: MC Kemal,  Ahmad Gozali (Financial Planner),  Ivy Batuta (Public Figure)  dan Mauldy R. Makmur (Cooporate Secretary Mandiri Manajemen Investasi) 

Selanjutnya Ahmad Gozali, seorang pakar keuangan yang ternama, mengatakan bahwa yang dalam mengatur keuangan bukan masalah benar atau tidaknya sistem yang dibuat, tapi cocok apa tidaknya sistem mengatur keuangannya diterapkan. Bahwa tujuan dalam masa depan dalam mengatur keuangan itu jangan menunggu sisa dalam penghasilan, tetapi kita harus bisa alokasikan dari awal itu  suatu kewajiban.

Dan lanjutnya lagi ia mengatakan bahwa,"uang itu diciptakan untuk dihabiskan", maksudnya adalah apabila ketika kita mempunyai penghasilan (gaji) sebaiknya mengubah cara pandang (mindset) kita untuk mengatur keuangan adalah bukanlah menunggu sisa, tapi tujuan dari mengatur keuangan adalah supaya kita habiskan di jalan yang benar yaitu agar kita bisa membagi-bagi dari hasil gaji tersebut kedalam prioritas (posko) masing-masing, dimulai dari posko untuk pengeluaran hak Tuhan, berupa zakat infaq, posko untuk bayar cicilan atau hutang, posko  pengeluaran untuk saving, yaitu uang kita sebaiknya di investasikan untuk tujuan jangka panjang yang disesuaikan dengan kebutuhan  tujuan investasi dan salah satunya adalah masuk kedalam pasar modal.

Adapun menurut Bapak Mauldy R. Makmur, sebagai Cooporate Secretary Mandiri Manajemen Investasi, untuk mencapai kondisi keuangan lebih baik, yaitu dengan berinvestasi untuk keluarga, karena dengan berinvestasi kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang, salah satunya Reksadana investasi pasar modal.

Reksadana adalah wadah yang digunakan oleh manajer investasi untuk menghimpun dana kolektif dari para pemodal (institusi dan individual) yang selanjutnya dana tersebut oleh manajer investasikan dan direinvestasikan ke portopolio efek (saham, obligasi, pasar uang) dan dibawah naungan pengawasan  Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Reksadana merupakan investasi yang mudah, tidak ribet yang bisa kita beli melalui gadget ataupun secara langsung melalui bank. Salah satunya adalah Reksadana Investasi Mandiri dengan Rp 50.000 kita bisa masuk di Reksadana dan mempunyai investasi dipasar modal yang kita bisa pantau tiap hari dan  hasilnya pun bisa dicairkan dengan mudah kapan pun dengan outudebet langsung.


Acara pun di tutup pembagian hadiah doorprize dan penampilan musik yang special dari Virzha yang sangat memeriahkan suasana dengan membawakan empat lagu untuk seluruh pengunjung Mandiri Edukasi Pekan Raya Indonesia (PRI) ICE-BSD City.

Performance musik Virzha
Para Pemenang Doorprize
Foto Bersama Jajaran Direksi PT Bank Mandiri dan seluruh pendukung acara


Reportase Mandiri Edukasi 2017 ini merupakan undangan dari Indonesian Social Blogprenuer (ISB) dan terima kasih banyak.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar