SOCIAL MEDIA

Rabu, 21 Februari 2018

Menulis Dengan Feature Stories Bersama Dini Fitria

Sebagai Blogger, pastinya saya ingin sekali bisa menghasilkan suatu karya tulisan yang baik, mudah dipahami, dan bermanfaat untuk para pembaca blog saya, dan syukur-syukur kalau judul tulisan bisa dihalaman pertama pencarian Google.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa tulisan yang baik itu adalah tulisan  mampu membawa rasa emosi (positif), mengalirkan isi cerita kepada para pembaca sehingga bener-bener menghayati sehingga betah berlama-lama saat membaca tulisan diblog kita bahkan dapat menginspirasi didalam kehidupan seseorang pembaca.

Trus lantas bagaimana caranya sih cara membuat tulisan kita bercerita dengan meninggalkan rasa dan cinta untuk para pembaca? Nah, pada kesempatan waktu saya ikut diworkshop Indonesian Social Blogprenuer (ISB), saya mendapatkan pengetahuan mengenai  bagaimana cara menulis artikel blog dengan Feature Stories dan Story Telling "Menulis Dengan Cinta Bersama Dini Fitria". 



Bertempat di JSC Hive Corwoking Space, Jakarta Selatan dan hujan yang terus menguyur daerah Jakarta dan sekitarnya, tidak menyurutkan niat saya dan teman yang lain untuk melewatkan acara ini. Pada kali ini narasumber yang dihadirkan seorang ibu sekaligus penulis novel yang terkenal dari karyanya Trilogi Cinta (Muhasabah Cinta, Hijrah Cinta dan Islah Cinta) dan mantan presenter Jazirah Islam, produser juga mantan Jurnalis  yaitu mba Dini Fitria. 

Dan pada acara workshop kali ini dimoderatori Teh Ani Bertha selaku Founder ISB dan disponsori oleh  C2Live, Evhive, Zoya Cosmetics, ShafiraZoya dan Kulina. Dan berikut ulasannya

Tak mau melewatkan moment berfoto dengan mba Dini Fitria dan sikecil

Menulis Dengan Feature Stories

Didalam tulis menulis,baik penulis buku ataupun blog ada beberapa yang bisa kita ketahui dari isi karyanya yaitu dari gaya tulisannya, dan dalam hal ini mba Dini Fitria menuliskan novelnya memakai gaya penulisan Feature Stories, yaitu menulis tentang fakta (based on true story) yang tidak selalu memakai kaidah 5W+1H.

Feature ini biasanya disajikan dalam sebuah cerita (story telling), dan penulis berperan sebagai seorang pencerita (storyteller). Dan feature bisa cerita sesuatu yang lagi hits moment  (up to date) dan bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Feature Stories ini juga berhubungan soal emosi, membangun rasa yang merangkai kata, menyusun kalimat dan membangun inspirasinya  maka cerita tentang apa yang kita tulis dan pembaca dapat memberikan kesan yang mendalam dan merasakan 
"Menulis itu soal rasa, temukan rasamu dan jagalah"  (Dini Fitria)
"Menulislah dengan bahagia dan berbahagia karena menulis" (Dini Fitria)
 Ciri- Ciri Feature 
  1. Bertutur
  2. Deskriptif, menggambarkan suatu profil atau peristiwa tertentu secara gamlang
  3. Informatif
  4. Gaya Penulisan, indah memikat, naratif, prosais, imajinatif dengan cara memprovokasi pembaca untuk dapat merasakan bahkan penasaran
  5. No need exacly 5W+1H
  6. Human Interest (value of life), cerita yang dapat menyentuh hati yang dikaitkan tulisan yang ditulis yang dijahit dan diikat oleh human interest
Jenis-jenis Feature 
  1. Feature human interest
  2. Feature sidebar
  3. Feature biografi
  4. Feature profil
  5. Feature perjalanan (travelogue feature)
  6. Feature "dibalik layar" (explantory features)
  7. Feature sejarah (hystorical feature)
  8. Feature musiman (seasonal features)
  9. Feature tren (trend feature)
  10. Feature petunjuk praktis (tips)
  11. Feature ilmiah (scientific feature)
Dan contoh dari feature stories ini, bisa dilihat dari kisah-kisah catatan perjalanannya dari berbagai negara yang dikunjungi  mba Dini Fitria yang dituang dikarya novelnya kedalam feature stories.

Dan contoh lain dari feature yang bisa lihat dan dialami dari kehidupan keseharian dari berbagai tema, misalnya tentang cinta, kesedihan, bahagia, inspirasi, perjuangan hidup ataupun kecelakaan.
Lalu bagaimana sih caranya tehnik menulis feature stories yang baik? berikut beberapa yang harus diperhatikan adalah Paragraf pembuka sebaiknya buatlah dengan bahasa yang menarik untuk perhatian pembaca, Sudut pandang (point of view) sang penulis dari cerita feature, dimana penulis menempatkan dirinya sebagai pelaku dalam ceritanya tapi juga sebagai objek, Daya pikat (karakter menulis), Bahasa rapi dan terjaga, Lihai bermain kata, Banyak diksi (pemilihan kata), Memberikan informasi yang lengkap, Bercerita yang dapat mengunggah hati dan jiwa.

Dan agar tulisan kita lebih hidup dan bervariasi, baiknya kita mencari bahan dari berbagai sumber ataupun dokumentasi gambar.

Jadi tidak begitu sulitkan untuk menulis feature stories, dengan menulis tidak hanya sebagai sarana mengekpresikan diri tapi juga yang dapat melegakan jiwa dan menunjukan eksistensi. Dan acara pun ditutup dengan pengumuman pemenang terbaik lomba  twitter dan instagram. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Makan siang dari Kulina yang enak banget
Goodybag 

Foto dari kiri-kanan : Enrico (C2live), Dini Fitria, Sally (Shafira) dan Ani Bertha (Founder ISB) 

Foto Bersama (dok.by Ono)



















15 komentar :

  1. Merasakan sih ya ketika menulis dengan rasa itu akhirnya keluar rasa. Dari rasalah seluruh jiwa tertumpah. Akhirnya pembaca Mba Maliha betah berlama-lama di blognya. Saya mesti belajar juga nih sama Mba Maliha.

    BalasHapus
  2. Jadi semangat lagi ngeblognya setelah ikut acara ini

    BalasHapus
  3. Senangnya bisa belajar bareng2 ya mbak. Jadi kita tau kekurangan dari tulisan kita apa

    BalasHapus
  4. Kalo nulis makin bingung dengan segunung peraturan ya mbak. Hahaha. Yaudah, yg penting nulis dulu pokok pesannya, selanjutnya diedit-edit

    BalasHapus
  5. tambahan data buat tulisan penting juga tuh... jadi tulisan kita berdasarkan data

    BalasHapus
  6. Mba Dini benar benar total ketika kasih materi, jadi mudah dicerna

    BalasHapus
  7. Saya suka banget acara ini. Pengin daftar lagi deh sesi berikutnya.

    BalasHapus
  8. Cara menyampaikan mbak Dini Fitria easy to understand ya

    BalasHapus
  9. Bermanfaat sekali ilmu yang di bagikan mba Dini ga sia-sia kehujanan ya mba heehs

    BalasHapus
  10. Materi dari mba Dini keren banget, semoga kita bisa menerapkannya ya, amin!

    BalasHapus
  11. Jangan lupa baca novel trilogi Mbak Dini, Mbak. Dijamin bakal lebih salut lagi. :)

    BalasHapus
  12. Bener2 workshop yang berbobot yah mbak...dari awal sampai akhir aku ga berkedip merhatiin materi yang dipaparkan mbak dini fitria 😁😁

    BalasHapus
  13. Menulis dengan bahagia hasilnya pasti bahagia karena menulis ya mba

    BalasHapus
  14. Coba nulis dulu tanpa edit, supaya lancar, ga buntu trus tutup laptop :D

    BalasHapus
  15. aku juga sering latihan biar tambah lancar nulisnya :)

    BalasHapus