SOCIAL MEDIA

Jumat, 04 Juni 2021

Hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei : Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi

Menstruasi atau dikenal dengan haid atau datang bulan seharusnya merupakan hal yang sangat alami bagi perempuan, namun sejumlah  remaja putri   masih ditemukan  bahwa menstruasi masih menjadi momok bagi mereka, dan begitu banyak ketidaktahuan serta mitos meliputi menstruasi, seperti  tentang hal mendasar menyangkut kebersihan  saat  mengganti pembalut setiap 4-5  jam sekali masih tidak diketahui. Padahal manajemen kebersihan saat menstruasi yang tidak baik akan mengakibatkan gangguan kesehatan  pada organ reproduksi. 

Oleh karena itulah penting banget sejak dini anak perempuan kita sebelum menstruasi mendapatkan informasi  yang benar dan tepat tentang masalah pentingnya manajemen kesehatan menstruasi (MKM)  agar menjaga kesehatan reproduksinya dengan baik, Nah, bicara masalah menstruasi pas banget beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 27  Mei 2021, bisa mendapatkan kesempatan dari Mom Blogger Community (MBC)  untuk ikut bagian menjadi salah satu peserta webinar secara virtual  yang diadakan oleh Perhimpunan Obsetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia (Betadine) yang bertajuk "Sehat dan Bersih saat Menstruasi". Dan  webinar kali ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh setiap  tanggal 28 Mei dan juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). 

Dihadiri oleh berbagai peserta mulai dari komunitas  moms, rekan media, teman-teman  perempuan, blogger, juga para siswa/siswi pelajar sekolah. Dan gak hanya itu juga menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya seperti Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(k), MPH. dari Perhimpunan Obsetri dan Ginekologi Indonesia, Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Mada Shinta Dewi Country Manager Mundipharma Indonesia, dan MC Novita Angie. 


Webinar diadakan kali ini bertujuan untuk mengedukasi mengenai betapa pentingnya Manajamen Kebersihan Menstruasi (MKM). Hal ini pun sama yang disampaikan sambutannya  oleh ibu Mada Shinta Dewi Country Manager Mundipharma Indonesia,  yang senantiasa berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui rangkaian kegiatan mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri, baik secara langsung ke masyarakat atau melalui tenaga kesehatan. 

Mada Shinta Dewi - Country Manajer Mundipharma Indonesia 

Dan sebagai wujud komitmen ini Mundipharma Indonesia sudah bermitra dengan Kementerian Kesehatan RI melalui GERMAS sejak dari tahun 2017. Dan Mundipharma Indonesia percaya memberikan edukasi yang benar dan tepat mengenai kesehatan dan kebersihan  area kewanitaan (organ intim)  bagi masyarakat dan terutama remaja putri. 



Hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei : Sehat dan Bersih saat Menstruasi 


Moms, sudah tahu belum  mengapa Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei?  Jadi setiap tanggal 28 Mei itu adalah merupakan simbolis dari siklus menstruasi yang rata-rata 28 hari dan rata-rata periode menstruasi itu 5 hari jadi 28-5, juga momen ini pun  diperingati untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya kebersihan menstruasi yang benar dan tepat harus kita tanamkan sedini mungkin dan tidak dianggap tabu. Hal ini seperti dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(k), MPH. dari Perhimpunan Obsetri dan Ginekologi Indonesia

Prof. Dr. dr Dwiana Ocviyanti, SpOG(k), MPH

Oleh karena itulah kita harus rawat kepada diri kita sendiri saat menstruasi dan tentunya no. 1 paling penting bahwa menstruasi itu adalah hal yang normal yang dialami semua perempuan (kecuali ada kelainan kesehatan) dan menstruasi akan keluar darah sekitar 3-7 hari disetiap 1 periode setiap bulannya atau datangnya secara rutin. Dengan seseorang menstruasi juga menandakan bahwa siap untuk reproduksi karena menstruasi selalu didahului dengan proses matangnya sel telur yang siap di buahi dan jika tidak terjadi pembuahan maka lapisan rongga rahim yang menebal itu akan dibuang dalam bentuk darah (semacam lendir dan tidak murni darah).

Gambar bagian rahim tempat keluarnya darah dari dinding rahim yang menebal

Oleh karena itulah kenapa manajemen kebersihan itu penting,  karena jika darah menstruasi jika dibersihkan dengan tidak baik (buruk) maka masalah kesehatan akan terjadi pada saluran organ reproduksi,  karena kira tahu bahwa darah (dari menstruasi) bisa jadi tempat sumber perkembanganbiakan bakteri, karena jumlah bakteri buruk pada area kewanitaan bertambah dengan tingginya tingkat keasaman pH pada darah yang dikeluarkan. 

Dan berbagai macam masalah kesehatan yang bisa menimbulkan resiko  infeksi saluran reproduksi seperti infeksi vaginosis bakterilis (yang berhubungan peningkatan resiko HIV dan Kanker serviks), infeksi jamur  hingga infeksi saluran kemih. Untuk itulah kebersihan diarea kewanitaan  harus diperhatikan ketika menstruasi.


Berikut manajemen kebersihan menstruasi yang baik dan benar saat menstruasi adalah : 
  1. Cuci tangan terlebih dahulu dengan air dan sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut
  2. Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan masukan kedalam kantong/kertas/plastik dan buang kedalam tempat sampah
  3. Ganti pembalut setiap 4-5 jam sekali 
  4. Mandi 2 kali sehari
  5. Gunakan air bersih (mengalir) saat membersihkan area kewanitaan dan cara yang baik membersihkan dari depan (saluran kemih)  ke belakang (saluran anus) 
  6. Pilihlah cairan vagina yang pH rendah (normal) idealnya sekitar pH 3 sampai 4,5 dan jangan sekali-sekali membersihkan area kewanitaan dengan sabun mandi karena pH cukup tinggi 

Cara yang benar saat membersihkan area intim kewanitaan dari depan kebelakang


Pilihlah cairan pembersih dengan pH normal

Cara buang pembalut dengan benar


Pentingnya Komunikasi Manajemen Kebersihan Menstruasi pada Anak 


Bicara masalah menstruasi kerapkali dianggap tabu dan ada hal-hal yang sulit dan bingung untuk dikemukakan komunikasi antara ibu dan anak, padahal soal menstruasi sangat penting diketahui sejak dini yang mana dapat sebagai alasan untuk kesehatan  terutama manajemen kebersihan menstruasi pada anak. 

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) 

Apalagi nih menurut data di Indonesia ternyata  1 dari 4 anak tidak pernah menerima informasi tentang menstruasi pada saat pertama kalinya sehingga mereka tidak tahu apa yang dilakukan ketika pertama kalinya menstruasi, dan  bagaimana cara  penggunaan pembalut yang baik dan benar, juga disisi lain masih rendahnya bicara tentang manajamen kebersihan menstruasi ini adalah  para remaja merasa ragu atas informasi yang disampaikan, juga kurangnya pengetahuan/pengalaman ibu soal menstruasi. 
 
Oleh karena itulah menurut ibu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi,  sebagai orangtua terutama ibu harus mulai menggerakkan diri untuk lingkungan terdekatnya dalam memberikan informasi tentang manajemen kebersihan menstruasi kepada anak perempuannya, karena anak butuh fasilitas dan waktu khusus apalagi saat menstruasi.

Novita Angie dan Anna Surti Ariani, S. Psi,  M. Si,  Psi

Dan jika masalah menstruasi ini dapat dibicarakan dengan baik maka akan berpengaruh yang positif seperti :  
  • Kesehatan reproduksi remaja secara umum jadi lebih baik
  • Tahu bagaimana cara menghindarkan dari hal-hal yang negatif bagi dirinya, terutama menunda untuk hubungan seksual pertama, tidak melakukan diusia yang belum matang 
  • Mengurangi resiko masalah kesehatan mental terkait seksualitas 
  • Relasi hubungan antara ibu dan anak jadi lebih jauh dekat dan menyenangkan 
Dan sebaliknya jika masalah menstruasi tidak dibicarakan dengan baik maka akan menimbulkan emosi negatif seperti cemas, takut, dan marah karena ketidak siapan saat pertama kali menstruasi serta kesalahan pahaman tentang menstruasi.

Berikut 7 tips cara bicara tentang menstruasi ke anak, yaitu 
  1. Ibu diharapkan  yang paling penting sebagai sumber informasi tentang menstruasi jadi ibu penting banget untuk membekali diri informasi tentang menstruasi dan jangan sampai informasi yang kita sampaikan hanya mitos semata. 
  2. Bicara menstruasi tidak tabu 
  3. Lakukan pembicaraan menstruasi berulang kali
  4. Besikap positif, saat membicarakan menstruasi penting banget kita  selalu bersikap positif sebab isu-isu pubertas dan menstruasi adalah hal yang sensitif 
  5. Banyak bertanya dan berdiskusi karena daripada banyak menasehati lebih banyak bertanya dan berdiskusi dengan anak, misalnya ibu  bisa berbagi pengalaman menstruasi secara positif 
  6. Jelaskan secara konkrit, sebaiknya jangan menggunakan kata yang sulit, bisa melalui gambar anatomi tubuh sederhana seperti ovarium, tuba palopi,  uterus juga bisa menjelaskan bagaimana tentang cara penggunaan dan membersihkan pembalut
  7. Jelaskan kepada anak laki-laki, tips ini bertujuan agar anak laki-laki bisa menghargai dan memahami perempuan terutama pada saat menstruasi 

Lanjutnya ibu dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid, dalam rangka membangun dan menjaga perilaku menjaga kebersihan diri terutama saat menstruasi bisa di mulai dari pengelolaan diri, bahwa perempuan/remaja putri harus tahu mereka harus menggunakan pembalut yang bersih dan mengganti pembalut dalam setiap periode tertentu dan berharap juga mereka mengetahui cara melakukan dan membuang pembalut bekas pakai. 

dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid

Pemerintah pun juga sudah melakukan kebijakan salah satunya di peraturan No. 61 tahun 2014 tentang kesehatan reproduksi dan oleh karena itulah pentingnya untuk membangun bersama-sama untuk mengkomunikasikan informasi, edukasi juga memberikan konseling serta pelayanan klinis medis/pelayanan kesehatan yang harus diberikan para remaja khususnya masalah manajemen  kebersihan saat menstruasi.

Peraturan pemerintah terkait kesehatan reproduksi 


Betadine Rangkaian Lengkap untuk Menjaga Kesehatan dan Kebersihan area Kewanitaan 


Mungkin kita tidak asing lagi dengan berbagai merk produk pembersih area khusus  kewanitaan dipasaran tapi lebig dari itu penting banget sebagai perempuan untuk memilih produk yang terbaik untuk menunjang kesehatan untuk diri kita, khusunya kesehatan di area kewanitaan.

Betadine sebagai kategori produk feminine care hadir sebagai sahabatnya perempuan dengan memberikan rangkaian lengkap untuk menjaga kesehatan serta kebersihan diarea kewanitaan mulai dari untuk sehari-hari, pada saat menstruasi ataupun pada saat memiliki gejala ringan infeksi serta pada saat kita di luar rumah, seperti yang dijelaskan oleh Bapak Adi Prabowo, Head  of Marketing Digital E-Commerce Mundipharma Indonesia. 

Adi Prabowo dan Rangkaian lengkap Betadine Feminine Care 

Untuk produk sehari-hari Betadine Feminine Care dapat kita pilih seperti Betadine Feminine Wash yang produknya terdiri dari 4 varian yaitu  Betadine Wash Gentle Protection, Betadine Wash Fresh and Active, Betadine Wash Odour Control dan Betadine Moisturising. Dimana rangkaian Betadine  Feminine Wash ini dengan kandungan yang alami, daun sirih juga dilengkapi dengan prebiotik (yaitu makanan yang terbaik bagi bakteri baik di area Kewanitaan). 

Juga formulanya dengan pH yang seimbang yang disesuaikan dengan pH area kewanitaan, Paraben free, sudah teruji secara Hypo Allergenic dan teruji secara dermatologis serta semua rangkaian Betadine Feminine Care sudah bersetifikasi Halal. 

Dan ketika saat menstruasi, Betadine Feminine Hygiene yang mengandung Iodi ne 10% yang diformulasikan untuk perlindungan dan perawatan yang berfungsi untuk mengatasi kondisi-kondisi yang kerap terjadi saat menstruasi, seperti gatal-gatal, iritasi ringan, keputihan berlebih, atau bau tak sedap diarea kewanitaan. 

Dan melengkapi produk kebersihan area kewanitaan untuk di luar rumah, kita bisa gunakan Betadine Wipes Gentle Protection yang sudah dilengkapi dengan prebiotik dan sangat praktis untuk digunakan.

Oleh karena itulah pentingnya semua perempu perlu menerapkan manajemen kebersihan menstruasi agar organ intim kewanitaan tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan kewanitaan dan sebagai ibu harus aktif ambil bagian sejak dini sehingga anak perempuannya siap untuk menstruasi. Dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Salam sehat..... 

5 komentar :

  1. wah nuhun infonyaaaa berguna bangeddd Mama Gyaaa😍😍😍

    BalasHapus
  2. wah nuhun infonyaaaa berguna bangeddd Mama Gyaaa😍😍😍

    BalasHapus
  3. Baru tahu aku ada hari kebersihan menstruasi, lho. Tapi emang penting banget bersih selama menstruasi ini karena mens kan banyak bakteri yang bisa membahayakan saluran reproduksi katanya.

    BalasHapus
  4. baru tahu detailnya begini mbaak.. Thanks for sharing..

    BalasHapus
  5. Ternyata menjaga daerah kewanitaan gak boleh asal ya mba.
    Apalagi pas aku baca management kebersihan menstruasi yang benar itu gimana, ternyata ada beberapa dari kita mungkin masih ada yang keliru atau gak tau.

    BalasHapus