SOCIAL MEDIA

Senin, 07 Juni 2021

Paddle Pop Main Yuk Seaventure : Ide Bermain Edukatif Sambil Wisata Virtual Dunia Bawah Laut



"Bu, aku bosan banget dirumah terus lalu dalam hati berkata duh mulai bingung kehabisan ide nih mau ngapain lagi ya?",  Halo mak, ayo siapa nih yang sama ngalamin kayak saya sering dengar suara rengekan seperti  ini dari si kecil, juga keresahan yang kita alami, pastinya sering ya selama beberapa belakangan ini kita dengar. Memang tak bisa dipungkiri selama situasi kondisi pandemi yang  belum berakhir, kita lebih banyak di haruskan untuk berada di rumah aja,  meski tempat wisata dan tempat bermain di luar sudah pada mulai buka, saya memilih untuk menunda mengajak ketempat keramaian  demi untuk menekan resiko penularan virus Covid-19. 

Mau gak mau ya sebagai orangtua terutama ibu harus pintar-pintar dalam menyiasati rasa kebosanan  anak dengan mengajaknya bermain, dan yang lebih penting carilah ide bermain dengan kegiatan yang bisa mengisi waktu kebosanan, namun ada hiburan, edukasi serta ada memiliki waktu  bonding dengan anak. Karena bagi anak, bermain sebenarnya  saat ia "belajar" melalui mainan atau permainannya, anak juga dapat mengeksplorasi dunia di sekililingnya  karena dengan bermain banyak hal yang baik yang bisa didapatkan oleh anak.  Nah bicara tentang ide bermain, salah satu ide bermain yang edukatif sebagai salah satu solusi untuk mengusir rasa kebosanan dirumah aja yaitu  Paddle  Pop Main Yuk Seaventure.

Paddle Pop Main Yuk Seaventure, Ide Bermain yang Edukatif Sambil Wisata Virtual Dunia Bawah Laut


Paddle Pop Main Yuk, Seaventure 

 
Senang banget deh rasanya pas tahu Paddle Pop mengadakan program "Paddle Pop #MainYuk Seaventure yang di mulai dari bulan April lalu sampai bulan Juni 2021 ini, lewat program ini kita bisa temukan inspirasi bermain dirumah sekaligus bisa merasakan pengalaman bermain edukatif bersama anak dengan mengunjungi wisata Jakarta Aquarium Safari yang menghadirkan keseruan wisata dunia bawah laut secara virtual. 


Selain karena Paddle pop es krim favorit Dafi, pas banget saya lagi cari ide bermain yang seru dan edukatif untuk mengusir kebosanan dia selama ini di rumah, dan banyak sekali fitur seru yang bisa di jelajah di Paddle Pop Main Yuk  Seaventure mulai dari :
  • Wisata virtual dunia bawah laut bersama Jakarta Aquarium Safari juga mengenal biota laut dan mengetahui fakta-fakta unik dari biota laut yang ditemui 
  • Dapat mengasah kemampuan sosial anak dengan aktifitas anak
  • Bermain dengan ide-ide seru dari Playdate Indonesia dan anak-anak dapat mengeksplor hal baru 
  • Mengikuti kuis dan kompetisi foto dengan hadiah yang menarik 

Dan untuk menikmati keseruan petualangan Seaventure  bersama  Paddle Pop caranya pun mudah banget  nih, yaitu :
  • Beli 4 es krim Paddle Pop varian apa saja di Indomaret, Alfamart atau Alfamidi (bisa juga melalui Gomart) simpan struknya
  • Foto struknya dan kirimkan ke Whatsapp ke no. 0858-1223-1233 
  • Dapatkan kode unik untuk mengakses Seaventure di websitenya Paddle Pop di www.paddlepopmainyuk.com

Pokoknya bermain berkali-kali di Paddle Pop Main Yuk Seaventure dijamin gak bakal bosan deh, memberikan pengalaman yang seru, menyenangkan dan semangat. Agar tidak penasaran, langsung rasakan sendiri bersama anak-anak  sensasi bermain yang edukatif sambil wisata virtual dunia bawah laut. 

Jika emaks ingin mengetahui informasi lainnya mengenai Paddle Pop Main Yuk Seaventure, Yuk segera cek di instagramnya Paddle Pop Indonesia @paddlepop.idn

#MainYuk Bersama Paddle Pop untuk Rayakan World Play Day 2021 


Mak, tahu gak kalau setiap tanggal 28 Mei  dunia merayakan  World Play Day atau Hari Bermain Sedunia. Tenyata nih momen bermain aja ada harinya sendiri loh dan  begitu pentingnya sampai dirayakan diseluruh dunia, lalu mengapa ya bermain itu begitu penting? 

Nah, ngomongin Hari Bermain Sedunia, beberapa waktu lalu, Jum'at 28 Mei 2021, saya dan Dafi bisa berkesempatan untuk mengikuti Gathering online via zoom  bersama  emak lainnya dari kumpulan Emak Blogger (KEB)  dalam  merayakan Hari Bermain Sedunia bersama Paddle Pop untuk Main Yuk Seaventure. 


Sebelum sesi pertama  menjelajah wisata virtual bawah laut dan sesi kedua talkshow seputar bermain, kami  bersama-sama terlebih dahulu membuat DIY diving goggles (tabung oksigen) dan kacamata selam yang akan dipakai nanti menikmati wisata dunia bawah laut bersama Jakarta Aquarium Safari secara virtual dan dengan bahan-bahan DIY play kit yang sebelumnya dikirim, juga bisa  menggunakan bahan-bahan sedehana yang ada di sekitar  rumah.

DIY Play Kit Membuat Tabung Oksigen dan Kacamata Selam


Kak Kemal Memperagakan Cara Membuat DIY Kacamata Selam (sumber foto: Twitter KEB) 


Kak Kemal Memperagakan Cara Membuat DIY Diving Goggles (sumber foto : Twitter KEB) 

Disesi pertama dalam DIY kami di temani dengan kakak Kemal Mochtar sebagai MC juga Kakak Diana Rikasari seorang Designer juga Penulis. Dari awal hingga akhir  sesi DIY ini, Dafi sangat senang banget bisa berkreatifitas, penuh ketelitian dan kesabaran dalam tahapan-tahapan membuat satu persatu untuk DIY diving goggles dan kacamata selamnya. "Bu lihat aku sudah siap nih untuk menyelam untuk ketemu dengan biota laut". Duh senangnya melihat Dafi dalam mengisi  bermainnya yang menyenangkan juga dapat melatih kreatifitasnya lewat DIY  dan menjelajah dunia bawah laut. 

Siap Untuk Menyelam


Serunya Bisa Bermain Sambil Belajar di Paddle Pop Main Yuk Seaventure 

Banyak Hal Yang Baik di Mulai Dari Bermain,  #Main Yuk Bersama Paddle Pop 


Meskipun Dafi masih sekolah daring dan tetap dirumah saja, tetap harus bermain ya, biar happy dan tidak bosan dirumah saja, karena banyak hal yang baik yang bisa dimulai dengan bermain. Dengan bermain adalah salah satu bagian dunia anak, yang juga merupakan kebutuhan dasar anak yang harus kita penuhi, dan melalui bermain anak bisa belajar banyak hal. 

Yap, pasti setuju banget ya dengan pernyataan  yang diatas, seperti yang dikemukan oleh Memoria Dwi Prasita atau yang biasa di sapa dengan kak Memo sebagai Head Marketing Ice Cream Unilever Indonesia "Sebagai komitmennya, Paddle Pop sebagai merk ice cream anak yang sudah dipercaya dari 28 tahun lalu dan disukai oleh anak-anak, Paddle Pop percaya bahwa banyak hal yang baik dari bermain karena dengan bermain anak bisa belajar konsentrasi, bisa melatih imajinasi dan juga bisa belajar mengekspresikan diri dan bisa menunjukan apa yang dia mau melalui kegiatan aktivitas bermain dan juga sosialisasi".

Oleh karena itulah, melalui PaddlePop #MainYuk  ingin  mengajak para orangtua untuk mengingatkan betapa pentingnya untuk menghadirkan pilihan aktivitas bermain dirumah saja yang tidak hanya menyenangkan saja tapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Kak Kemal dan Kak Memo 

Didalam sesi kedua ini kita bisa mendengarkan sharing tentang seputar bermain, terutama keresahan yang dihadapi orangtua saat pandemi dalam konteks bermain dengan anak. Dengan Narasumber yang hadir yaitu Memoria Dwi Prasita sebagai Head Marketing Ice Cream Unilever Indonesia, Vera Itabiliana Radiwidjojo, S.Psi sebagai Psikolog Anak dan Remaja, dan Diana Rikasari, sebagai Designer dan Penulis. 

Kak Kemal dan Ibu Vera Itabiliana Radiwidjijo

Menurut Psikolog Vera Itabiliana, bahwa bermain itu penting banget yang dikaitkan dengan well-being atau kondisi dimana seseorang itu merasa puas dengan hidupnya, stres lebih rendah, happy dengan hidupnya tenang, dan bisa melakukan aktivitas sehari-harinya dengan baik dan normal. Atau dengan kata lain bahwa bermain merupakan kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi salah satunya dengan bermain. 

Lanjutnya lagi mengatakan, bahwa kalau sudah bicara tentang anak dalam kontek bermain, anak itu memang kerjaannya bermain, tidak usah disuruh main, ia pun akan main sendiri dan itu pun berlangsung secara alamiah, jadi disinilah perannya bermain dan bagaimana memanfaatkan bermain itu bisa berdampak untuk dukung tumbuh kembangnya optimal. Dan tidak kalah pentingnya bahwa idealnya dalam bermain untuk anak adalah harus bervariatif. 
 
Berikut manfaat bermain bagi anak seperti 
  • Dapat mengembangkan kognitifnya 
  • Bisa belajar problem solving (memecahkan masalah) dan dapat mengambil keputusan lewat bermain 
  • Dapat membuat hati anak senang sehingga meningkatkan kepahaman dan belajar  dalam menyerap informasi 
  • Mengembangkan kemampuan  sosialisasi anak
  • Dapat mengajarkan anak dalam memahami aturan 
  • Dapat mengasah kreatifitas anak 
  • Jadi stress release untuk anak dan 
  • Ada kedekatan ikatan yang baik antara orangtua dan anak
Lalu bagaimana sih sebagai orangtua dalam menyiapkan aktivitas bermain sebagai kebutuhan anak di pandemi sekarang ini, yaitu seperti usahakan sebisa mungkin mainan dan jenis permainannya variatif, orangtua berperan aktif dalam menjadikan kegiatan bermain berdampak positif bagi tumbuh kembangnya serta perlunya ada keterlibatan orangtua dalam bermain.

Kak Diana Rikasari 

Lalu Kak Diana Rikasari juga membagikan tipsnya untuk  mengasah kreatifitas  anak dirumah dalam bermain, yaitu 
  • Pakailah dengan bahan-bahan yang ada disekitar rumah
  • Jangan takut untuk salah, karena dalam bermain itu tidak ada yang salah 
  • Untuk selalu keadaan senang
Oleh karena itulah bermain bersama anak  kini tidak hanya mengisi waktu luang saja, namun penting  bisa memasukan  unsur edukasi dalam bermain dan melatih kreatifitasnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat...






13 komentar :

  1. Aktifitasnya seru banget ya main di SEAVENTURE aku jadi pengen ajak anak-anak menyelam juga bareng Paddle Pop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget mba anak-anak banyak belajar tentang biota laut dan ide-ide bermain lainnya

      Hapus
  2. seru banget mbak, berkreasi sama anak seperti ini.
    pengen ajak keponakan juga, lumayan juga melatih kreatifitasnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mba, bener2 inspiratif banget ya ide bermain di Paddle Pop Main Yuk Seaventure

      Hapus
  3. Bisa seru bareng ponakan dengan paddle pop, tentunya menyenangkan ya.
    Bisa melihat dan mengedukasi ponakan dengan menjelajah wisata bawah laut juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian ikutan kuisnya dan kompetisi fotonya mba, hadiahnya menarik banget loh

      Hapus
  4. akupun udah coba ikutan bund, dan rasanya seru banget bisa main ke bawah laut secara virtual sama anak2

    BalasHapus
  5. Senangnya bisa ikutan acara webinarnya. Bisa langsung dapat informasi terbaru terkait seaventure ini ya...
    Saya pernah coba, tapi kami ga punya panduan bikin alat seperti itu. Jadinya ya kami kreatifitas sendiri aja, hehehe

    BalasHapus
  6. anak-anak pasti senang nih bisa ikutan main seventure paddle pop, bisa menambah kreatifitas anak ya ...

    BalasHapus
  7. Wiwin | pratiwanggini.net12 Juni 2021 16.39

    Mumpung hari Minggu, beli paddle pop ahhh, trus ngajak anak-anak seaventure. Kebayang bakalan keseruannya. Makasih informasinya, mom..

    BalasHapus
  8. untung sekarang ada seadventure yah mba kegiatan dirumah jadi lebih seru dan asik sama anak-anak aku jadi pengen nyobain juga nih sama anak-anak otw lah beli paddle pop dulu biar bisa segera merasakan keseruan seadventure

    BalasHapus
  9. Wah asyik nih bisa buat aktivitas mengisi waktu luang selama belajar daring dengan permainan edukatif. Sambil bermain, anak-anak bisa belajar kehidupan dunia bawah laut.

    BalasHapus
  10. Seru dan asik banget ya berpetualang dibawah laut secara virtual. Anak2 jadi ga mudah bosan dengan kegiatan dan aktivitas yang seru gini ya Mba.

    BalasHapus