SOCIAL MEDIA

Kamis, 22 Juli 2021

Lagu Isi Piringku, Cara Menyenangkan Dukung Kebiasaan Makan Sehat Pada Anak



Hai Bunda, apa kabar? semoga kita senantiasa  sehat ya, btw masak menu  apa nih hari ini?  pastinya Bunda punya menu masakan andalan untuk seluruh keluarga ya, tapi ingat ya Bun, masakan yang kita sajikan tidak hanya sekedar untuk makan untuk mengisi perut saja agar kenyang, tapi harus memperhatikan menu makanan yang bisa memenuhi asupan nutrisi  gizi seimbang dan yang sesuai dengan pedoman dari "Isi Piringku"

Seperti yang kita tahu ya Bunda, bahwa salah satu faktor pendorong untuk tumbuh kembangnya optimal si kecil adalah dengan kecukupan nutrisi anak selama masa pertumbuhan. Karena apabila kekurangan gizi dapat berdampak seperti mengalami malnutrisi hingga gangguan pada tumbuh kembangnya seperti stunting. 

Dengan masalah gizi inilah penting banget bagi   masyarakat terutama orangtua untuk memahami apa saja yang ada dalam satu piring sekali makan, mulai dari  komposisi makanan,  keaneka ragaman makanan dalam jumlah proporsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan harian gizi yang seimbang yang di gambarkan dengan Isi Piringku.


Panduan Makanan Gizi Seimbang Isi Piringku 

Bila sebelumnya yang kita tahu bahwa slogan 4 sehat 5 sempurna untuk mendorong kita untuk makan sehat, tapi sekarang ini slogan tersebut telah diganti dengan pedoman makan  gizi seimbang yaitu "isi Piringku" yang merupakan paduan  rekomendasi diet seimbang untuk sekali makan, dan konsep panduan Isi Piringku terdiri dari 50 persen sayur dan buah dan sisanya terdiri dari karbohidrat, protein serta minum air dan susu. 



Konsep Isi Piringku  ini juga  disederhanakan seperti dalam bentuk Tumpeng Gizi Seimbang (Piramida Diet Seimbang). Dan pada rekomendasi gizi seimbang, terdapat aspek pendukung yang berkaitan erat yang disebut  dengan 4 pilar prinsip gizi seimbang, yaitu konsumsi variasi makanan, mencuci tangan, aktivitas fisik dan memantau berat badan. 

Panduan isi piringku ini dapat diterapkan pada semua kalangan, akan tetapi tidak untuk anak-anak dibawah usia 2 tahun, ibu hamil, atau seseorang dengan kondisi medis khusus dikarenakan kebutuhan asupan nutrisi yang berbeda. Bunda untuk mencari sumber makanan yang sesuai panduan isi piringku tidaklah harus bahan makanan yang mahal, dan sulit untuk dijangkau ya, akan  tetapi sesuaikan bahan pangan yang melimpah terdapat di lingkungan kita ya Bun. 



Lagu Isi Piringku, Cara Menyenangkan Dukung Kebiasaan Makan Sehat Pada Anak

"Aku anak sehat dan cerdas, Gemar makan buah, sayur, karbohidrat dan protein. Cukup minum air dan susu. Tak lupa cuci tangan pakai sabun. Ingat isi piringku, isi piringku" 

 

Lirik lagu diatas merupakan lagu isi piringku, dengan irama yang menyenangkan, lirik kata yang sederhana yang mudah di ingat,  juga mempunyai makna  yang dalam dan pesan positif  terutama dalam hal  ini mengedukasi tentang gizi seimbang  yang penting banget untuk anak-anak dalam proses tumbuh kembangnya.

Sebagai kontribusi dukungan nyata dalam mendukung pada pemenuhan gizi pada anak-anak, terutama sosialisasi edukasi program Isi Piringku yang di inisiasi Kemenkes RI, Danone Indonesia pun luncurkan lagu Isi Piringku secara virtual pada tanggal 24 Agustus 2020 yang lalu, melalui zoom dan Youtube Live. Dan lagu tersebut dikembangkan dengan menggunakan jingle SGM dan juga bagian dari modul program  pentingnya untuk mendorong asupan susu.



Dan dengan lagu ini menciptakan waktu makan yang menyenangkan juga dapat membantu menanamkan kebiasaan baik,  salah satunya memberikan informasi pentingnya konsumsi makanan dan minuman yang bergizi  (makan sayur, buah, juga karbohidrat, protein, serta minum air dan susu)  serta  menjaga kebersihan. Dan hal yang sama aku dan ade Gia lakukan sehingga makan lebih bersemangat dengan lahapnya dia menghabiskan makanannya. 

Berikut beberapa  tips agar lagu menjadi sarana yang menyenangkan untuk dukung kebiasaan makan sehat pada anak, diantaranya :

  • Carilah waktu yang tepat
  • Sebaiknya dengan pengulangan lagu 
  • Ajak bersama-sama untuk ikut bernyanyi lagu dari isi piringku 
  • Sebaiknya bernyanyi bersama keluarga
Yuk Bun coba pratikkan dan menyanyi bersama anak lagu Isi Piringku ini sebagai langkah awal untuk menghasilkan Generasi Maju yang sehat. Dan semoga tulisan ini bermanfaat ya 

28 komentar :

  1. wah Dede Gyaa nyanyi dongg

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Udah liat lagunya, menyenangkan musiknya, mudah diingat

    BalasHapus
  4. Wah, ini sih membantu Mama banget, yaaa
    dengan lagu ini menciptakan waktu makan yang menyenangkan juga dapat membantu menanamkan kebiasaan baik, salah satunya memberikan informasi pentingnya konsumsi makanan dan minuman yang bergizi

    BalasHapus
  5. wah ada lagunya, bisa sambil edukasi anak tentang pentingnya makan makanan sehat dengan gizi seimbang nih

    BalasHapus
  6. auto cari lagu "isi piringku" ternyata asyik ya?

    jadi ikut nyanyi dan mencoba hafal liriknya untuk saya ajarin ke keponakan2

    agar mereka suka makan makanan gizi seimbang ya?

    BalasHapus
  7. wah ini sih sangat membantu para orang tua ya ... ternyata lagu isi piringku asyik juga ya sehingga lagu ini bisa edukasi tentang pentingnya makanan yang sehat dengan gizi seimbang

    BalasHapus
  8. Menanamkan kebiasaan baik melalui lagu ini memang sangat bagus ya mbak. Anak senang menyanyikannya dan melakukan sesuai apa yang dinyanyikan

    BalasHapus
  9. Lagunya seruu.. anakku yang 2 tahun aja bisa hapal loh. Jadi semangat makan sehat deh

    BalasHapus
  10. Lucu dan fun lagunya ya. Bikin anak banyak makan deh.

    BalasHapus
  11. wah klo pake lagu yang menyenangkan seperti ini pasti anak anak suka ya mbak
    makan dengan isi piring gizi seimbang memang sangat baik bagi kesehatan anak anak

    BalasHapus
  12. Pastinya anak akan senang ya jika cara makan bervariasi seperti diputarkan lagu dsb. Sehat selalu ya

    BalasHapus
  13. Wah, terima kzsih tipsnya mba. Kayaknya perlu dipraktikkan ke anak nih.

    BalasHapus
  14. Keren banget ya idenya. Sambil bernyanyi, gak berasa isi piring mereka tiba-tiba udah habis saja. manteb nih ilmu parentingnya

    BalasHapus
  15. Tadi sempat salfok sama lagu :
    Aku anak sehat, tubuhku kuaaat karena "Ibuku rajin bekerja" - terus mikir - kenapa Ibu RAJIN BEKERJA TERUS ANAKNYA SEHAT?

    Untung lagu Isi Piringku ini liriknya masuk akal ya. sehat sehat sehaaat ya adek!

    BalasHapus
  16. Lagunya enak nih Audrey langsung paham apa itu isi piring ku

    BalasHapus
  17. Lagunya enak banget, mudah dihafal anak, sehingga anakku makin semangat makan menu sehat yang udah kubuat.

    BalasHapus
  18. setuju mba salah satu faktor untuk membantu anak makan dengan cara yang menyenangkan seperti sambil bernyanyi bersama. aku jadi penasaran sama intonasi lagu isi piringku ini mba

    BalasHapus
  19. wah ini lagunya nadanya gimana ya? jadi penasaran pengen nyanyi juga sama anak-anak

    BalasHapus
  20. Mengedukasi anak memang harus dengan cara yang menyenangkan ya, Audrey aja langsung suka sama lagunya

    BalasHapus
  21. Nah bagus ini kalau ngajarin anaknya sambil nyanyi atau main aja. Biar si anak juga ga akan terpaksa ngelakuinnya.

    BalasHapus
  22. Boleh juga nih lagunya nanti tunjukin ke anak sambil mengedukasi. Soalnya anak saya males makan sayur.

    BalasHapus
  23. Ini mngenalkan makanan dengan cara yang bkin anak happy y mba anak pastinya suka dan mau makan sayur .idenya kreatif nih

    BalasHapus
  24. klo pakai cara yg menyenangkan seperti lagu gini, bikin anak lebih mudah untuk diajak makan dgn gizi seimbang ya mbak

    BalasHapus
  25. Au hadir ke peluncuran lagu "Isi Piringku" ini..
    Sangat menyenangkan kalau mengajak anak pada kebiasaan makan yang baik dan bergizi melalui sebuah lagu. Anak-anak mudah mengikuti dan jadi menyenangi aktivitas makan.

    BalasHapus
  26. Menanamkan kebiasaan makan sehat pada anak memang harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan misalnya lewat lagu

    BalasHapus
  27. boleh dipraktekan nih ke anak saya
    ajak menyanyi sambil bermain dan biar dia tahu tentang kandungan dari makanan yang di piringnya serta cara makan yang baik

    BalasHapus