Jumat, 27 Oktober 2017

Perang terhadap Bahaya Narkoba Untuk Menuju Generasi Emas yang Sehat





Di Era digital yang sekarang berkembang menjadi sebuah tantangan dan ancaman masa depan dan terutama bagi usia produktif, mengingat begitu besar dampak yang ditimbulkan dari kemajuan era digital ini, mulai dari sek bebas, pronografi maupun penyalahgunaan obat yaitu narkoba. Kurangnnya kontrol orang tua, kurang edukasi itu bisa jadi alasan memicu dari maraknya kasus yang terjadi sekarang ini.

Sekarang ini bahkan menjadi suatu tren di masyarakat terutama di kalangan usia remaja penyalahgunaan obat khususnya Narkoba, dimana banyaknya korban yang sudah terciduk oleh polisi dan bahkan memakan korban, patut disayangkan bukan, hidup ini disia-siakan dengan hanya kesenangan yang fana semata.

Narkoba merupakan atau zat adikktif yang termasuk kedalam jenis psikotropika yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Ada tiga jenis kategori yang tergolong narkoba, yaitu :
  1. Depresan,  merupakan jenis obat yang dapat menghambat kerja otak atau sistem susunan syaraf dan memperlambat aktivitas tubuh, efek yang ditimbulkan dapat memberikan rasa senang berlebihan (euforia), menimbulkan perubahan mood dan menimbulkan toleransi ketergantungan, contohnya Morfin (narkotika), Fentanyl (narkotika), Barbiturat (psikotropika)
  2. Stimulan, merupakan jenis obat yang dapat memacu kerja otak dan meningkatkan aktivitas tubuh, pengguna menjadi gembira dan waspada secara berlebihan karena meningkatnya aktivitas tubuh, contohnya : Dekstroamfetamin, Kokain, Tembakau, Metamfetamin
  3. Halusinogenik, merupakan obat yang menimbulkan efek halusinasi dan ketergantungan psikis sehingga tidak dapat membedakan antara kenyataan dan pikiran (halusinasi), contohnya Extasy, Marijuana, Dekstromethorphan, Trihexyphenidyl 

Penyalahgunaan narkoba usia remaja seringnya berawal dari coba-coba, yang dampaknya selain merugikan kesehatan, fisik, psikis maupun sosial dan apabila sekali sudah mencobanya maka akan datangnya kecanduan dan orang yang sudah kecaduan biasanya akan tidak akan dapat berpikir atau  berbuat apa-apa selain ingin terus mengkonsumsi barang haram tersebut.

Oleh karen marilah sebagai generasi penerus bangsa untuk dapat menjauhkan diri dari narkoba, berikut cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari bahaya narkoba, adalah
  • Lakukan kegiatan positif, salurkan kegiatan-kegiatan kita untuk berkarya, misalnya salurakan hobi kita bermain musik, maupun belajar bersama-sama
  • Selektif dalam pergaulan, salah satu faktor orang yang terjerumus dari narkoba, biasanya berawal dari pergaulan, maka dari itu bergaullah dengan teman-teman yag memiliki perilaku yang postif.
  • Bentengi Diri dengan agama, mendekatkan diri kepada Tuhan akan menjauhkan seseorang dari perbuatan terlarang dan merugikan diri sendiri atau orang lain.
  • Berpikir jangka panjang, berpikir luas dan wawasan ke depan dengan memikirkan dampak dari perbuatan yang negatif maupun postif, dalam hal narkoba jelas dampak negatifnya sangat banyak maka dari itu harus menjauhinya
Mari lah kita bersama untuk berperang untuk tidak penyalahgunaan obat narkoba untuk menuju masyarakat dan generasi Emas yang sehat bebas dari narkoba, Say No To Drugs !!!

#GenerasiDigital
#NitizenBerkaryaTanpaNarkoba
#StopNarkoba  www.stopnarkoba.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar