SOCIAL MEDIA

Senin, 17 Februari 2020

Danone Specialized Nutrition Indonesia Luncurkan Laporan Keberlanjutan Sebagai Transparansi Dan Kontribusinya Terhadap Peningkatan Kesehatan Masyarakat Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Indonesia masih saja memiliki  tantangan dalam pemenuhan gizi  kepada masyarakat terutama pada anak dan ibu sebagai penentu masa depan Indonesia. Stunting, Anemia, angka kematian ibu dan anak yang tinggi, maupun masalah gizi lainnya yang merupakan menjadi perhatian khusus untuk semuanya untuk mengatasi tantangan tersebut. 

Oleh karena itulah hadirnya Danone Specialized Nutrition (SN)  Indonesia sebagai perusahaan yang berfokus dalam penyediaan nutrisi yang terbaik dan berkualitas  melalui riset dan inovasinya  untuk  ibu dan anak pada masa penting kehidupan sebagai  membantu menjaga kesehatan manusia, terutama masyarakat Indonesia untuk Indonesia lebih sehat dan masa depan lebih baik. 


Jakarta, 12 Februari 2020, merupakan perjalanan sekaligus pengalaman yang luar biasa dimana saya mewakili Mombassador SGM Eksplor bersama para teman blogger dan media dapat berkunjung disalah satu pabrik Danone SN Indonesia Sugizindo yang berada di kawasan Citeureup,  Sentul Bogor, Jawa Barat dan gak hanya itu kunjungan ini pun juga untuk menyaksikan rangkaian Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia dari tahun 2017-2018. 





Kunjungan Ke PAUD Cerdas Binaan Danone SN Indonesia Dengan Program Isi Piringku

Sebelum perjalanan kami untuk kunjungan ke pabrik Danone SN Indonesia, sebelum itu kami berkunjung ke salah satu PAUD Cerdas yang merupakan salah satu program CSR Danone SN Indonesia. Dan kunjungan kali ini  di hadiri oleh para jajaran direksi Danone SN Indonesia juga Ibu Connie Ang selaku President Direktur Danone SN Indonesia. "Salah satu yang terbaik bagi kami ketuka hadir disini melihat konsumen kami bisa melakukan sesuatu untuk meningkatkan kesehatan mereka" ujar Ibu Connie Ang. 


Ibu Connie Ang beserta jajaran direksi Danone SN Indonesia juga guru PAUD Cerdas dalam mendampingi anak-anak PAUD Cerdas makan siang dengan menu Isi Piringku 

PAUD Cerdas  yang berdiri sejak tahun 2012, berada tidak jauh dari lingkungan pabrik Danone Sugizindo dan PAUD Cerdas ini masuk  dalam binaan Danone SN Indonesia  yang merupakan  salah satu program pelaksanaan berkelanjutan Danone  SN Indonesia khususnya dalam program edukasi nutrisi (pemberdayaan sosial ekonomi)  dan melalui program Isi Piringku yang bertujuan untuk mengedukasi  dengan memberikan informasi seputar gizi seimbang kepada orang tua, anak-anak, guru PAUD dan TK betapa pentingnya untuk mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi dan seimbang  di menu makanan harian mereka, sungguh besar kepedulian Danone terhadap masyarakat khususnya anak-anak yang berada di lingkungan area pabrik ya. 

Menu Isi Piringku 

Berikut Program Isi Piringku, Danone SN Indonesia melakukan edukasi dalam hal :
  • Nutrisi Seimbang 
  • Hidrasi yang sehat
  • Tidak semua susu sama
  • Latihan fisik
  • Perilaku hidup sehat
  • Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan aanak melalui Kartu Menuju Sehat (KMS) 

Berfoto dibelakang gambar Isi Piringku 

Pada tahun 2017-2018 lebih dari 700 guru, 7000 ibu, dab 7000 anak-anak telah berpartisipasi dalam program pendidikan ini. Anak-anak PAUD Cerdas juga  menyuguhkan tarian Isi Piringku dihadapan para undangan yang datang.

Danone Specialized Nutrition Indonesia Luncurkan Laporan Keberlanjutan 

Setelah kami mengunjungi PAUD binaan Danone SN Indonesia lalu kami berajak ke pabrik Danone Sugizindo yang berada tidak jauh dari lokasi PAUD.  Pabrik Danone Sugizindo merupakan salah satu dari 4 pabrik Danone SN Indonesia, dan ini pengalaman saya yang kedua setelah saya pernah mengunjungi pabrik Sarihusada yang berada di Kalten, Jawa Tengah.

Saat kami berada diarea pabrik yang dikenal dengan terminim kecelakaan didunia ini, tetap kami  harus mematuhi  segala peraturan untuk memasuki pabrik sebagai standar keselamatan.




Danone SN Indonesia dalam peluncuran Laporan Keberlanjutan dengan periode 1 Januari 2017-hingga 31 Desember 2018, sebagai komitmen transparansi dan untuk memgetahui apa saja kontribusi Danone SN Indonesia dalam pemberdayaan masyarakat atau operasi bisnisnya, yang semua ini akan dibahas dalam rangkaian acara ini.

Dalam sambutannya Presiden Direktur Danone SN Indonesia, Ibu Connie Ang, menyatakan Danone SN Indonesia sebagai Perusahaan yang berfokus untuk mengembangkan produk nutrisi yang berdasarkan melalui riset dan ilmu pemgetahuan dan berkontrubusi pada kesehatan jangka panjang serta komitmennya dalam menjalankan altivitas perusahaan dengan menerapkan sebagai aspek keberlanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi dan sosial.


Ibu Connie Ang Selaku Presiden Direktur Danone SN Indonesia Meluncurkan Buku Laporan Keberlanjutan 2017-2018

Seperti halnya tercermin dari misi Danone " One Planet One Health" maka keberlanjutan bagi Danone adalah  makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat. Lanjutnya ia mengatakan bahwa kami ingin melakukan bisnis yang terus mendorong kesehatan tidak hanya untuk manusianya saja akan tetapi juga untuk kesehatan planet tempat kita bergantung.

Danone SN Indonesia  terus mendukung perkembangan anak yang sehat melalui pendekatan ilmiah, yang telah menjadi keahlian dan fokus kami sejak didirikan. Dan juga tidak ingin melihat anak-anak Indonesia tertinggal hanya karena kurangnya asupan maupun saranan mendapatkan makanan bergizi, yag hal ini semua sejaalan dengan fokus pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia dan bantu menjaga kesehatan masyarakat Indonesia dalam mnedapatkan gizi yang baik sehingga dapat tumbuh berkembang sesuai potensi yang kita miliki.

Pada rangkaian Laporan Keberlanjutan ini juga hadir para pembicara :
• Prof. Dr. Ir. Sri Anna Marliyati, MSi, Ketua Departemen Ilmu Gizi, FEMA IPB
• Maria Dian Nurani, AICON - Ahli Bidang Keberlanjutan
• Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia
• Delta Deritawan, Operation Director Danone Indonesia



Danone SN Indonesia sebagai perusahaan yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak di Indonesia serta berbagai aspek dalam menjaga keberlanjutan ini yang mencangkup 6  pilar yang terdiri dari berbagai komitmen dan tanggung jawab dalam hal Riset dan Inovasi, Pemberdayaan Masyarakat, Rantai Nilai Nutrisi Kepatuhan Bisnis Kualitas serta Pengembangan karyawan. 

Semua laporan keberlanjutan ini disusun mengikuti Pedoman Standar Pelaporan Keberlanjutan (GRI) . Dan kontrubusinya Danone SN terhadap proses dan operasi bisnisnya yang memberikan dampak yang positif kepada para pemangku kepentingan, seperti program Isi Piringku, gak hanya itu dalam pengembangan karyawan, Danone SN memberikan cuti melahirkan kepada karyawan wanita selama 6 bulan dan 10 hari bagi karyawan pria jika istrinya melahirakan serta dalam dukungannya terhadap pemberian ASI Ekslusif diberbagai kantor maupun pabrik menyediakan ruang laktasi dan klinik kesehatan untuk semua karyawan yang menyusui.


Nah buat kalian yang ingin mengetahui selengkapnya Laporan Berkelanjutan yang di luncurkan oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia dapat di unduh di https://linktr.ee/nutrisibangsa

50 komentar :

  1. Nah harus disebar nih isi piringku k sekolah-sekolah, kalo bekal itu bukan naget aja

    BalasHapus
  2. Wah bagus kalau edukasinya masuk ke sekolah-sekolah, biar makin paham soal gizi

    BalasHapus
  3. Perlu sosialisasi k sekolah2 ttg isi piringku. Tp sekarang kan hampir tiap sekolah diadakan PEMTAS, pemberian menu sehat sarapan kpd siswa. Jd siswa/i pagi hari tdk ad lg yg tdk sarapan.

    BalasHapus
  4. PAUD binaan Danone terjamin gizinya yaa. Ini bentuk CSR Danone? Ada di kota Mana aja ya?

    BalasHapus
  5. seandainya rumahku dekat, pengen banget bisa sekolahin anakku di PAUD Cerdas, edukasinya lengkap berkat support dari Danone

    BalasHapus
  6. Isi piringku itu benar2 banyak banget manfaatnya yah bun...dan sebaiknya bisa jg disosialisasikan ke PaUD dan TK lainnua tidak hanya utk Paud/TK yg dibawah binaan Danone

    BalasHapus
  7. Danone ini concern banget ya dengan masalah kesehatan dan edukasinya.

    BalasHapus
  8. Danone merupakan perusahaan yang concern tentang pendidikan khususnya pendidikan anak. Bagus sekali sih buat aku, karena mendidik generasi penerus adalah sebuah investasi yang tak ternilai

    BalasHapus
  9. Seneng deh kalau ada perusahaan besar yang concern sama kesehatan keluarga kaya gini ya mbak, soalnya selain memberi edukasi kepada banyak masyarakat mereka juga memiliki quality control yang baik untuk produk2 mereka.

    BalasHapus
  10. syuka dengan misinya danone. " One Planet One Health" maka keberlanjutan bagi Danone adalah makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat. Semoga saja misi ini terus digerakkan oleh Danone.

    BalasHapus
  11. Wah danone sudah merangkul paud nih, semoga ketingkat selanjutnya ya

    BalasHapus
  12. Keren sekali keterlibatan Danone dalam masalah nutrisi di Indonesia ini. Dan salut saat tahu Danone memberi cuti melahirkan kepada karyawan wanita selama 6 bulan dan 10 hari bagi karyawan pria jika istrinya melahirkan juga di kantor maupun pabriknya menyediakan ruang laktasi dan klinik kesehatan untuk semua karyawan yang menyusui demi ASI Eksklusif. Hebat Danone!

    BalasHapus
  13. Seruuu banget ya Mak, bisa visit ke pabrik Danone.
    Ingat2 kita dulu sekamar pas Mombassador :)
    Duh, pengin ngetrip lagiiii

    BalasHapus
  14. Selalu salut dengan kontribusi Danone terhadap gizi anak Indonesia, tak pernah cuek saja, demi menciptakan generasi muda penerus bangsa, dimulai dari pemenuhan nutrisi yang cukup buat anak-anak :)

    BalasHapus
  15. Wah keren ya programnya.. Terutama bagi orang tua atau ibu yang biasa menyiapkan makanan untuk anaknya. Isi piring sangat penting bagi kesehatan keluaraga.

    BalasHapus
  16. Jarang lho ada brand yang sangat transparan dalam soal laporan terkait program-program yang dijalankannya. Danone memang sudah terpercaya dan banyak konsumen loyalnya ya.

    BalasHapus
  17. Berhubungan dengan sustainable development goals (sdgs) ya?
    Semua perusahaan emang harus terlibat karena pemerintah ga mungkin bisa menyukseskan sendirian

    BalasHapus
  18. Makanan sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat, sepakat dengan pernyataan ini.
    Selain CSR nya bermanfaat untuk masyarakat sekitar, visinya untuk memproduksi bahan pangan sehat dan tak merusak alam juga bagus ya

    BalasHapus
  19. Wah, cuti dalam rangka melahirkan dan istri melahirkannya patut diapresiasi, ya. Beberapa perusahaan besar setahuku menerapkan ini juga. Ini bagian dari dukungan perusahaan secara total terhadap perkembangan anak-anak Indonesia dong, ya.

    Asyik nih acara jalan-jalan sambil belajarnya. Program-program CSR dari perusahaan-perusahaan memang patut diacungi jempol. Semoga terus berkesinambungan.

    BalasHapus
  20. Suka banget dengan misi Danone, selain menjalankan bisnis tapi juga ga melupakan fokus mereka terhadap kesehatan khususnya ibu dan anak sebagai cikal bakal penenrus pembangunan negeri ini ❤️ sepertinya harus banyak sosialisasi lagi ke sekolah2 di seluruh Indonesia tentang isi piringku ini, agar anak2 Indonesia terbebas dari yg namanya stunting 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener ya, Mbak. Mereka turut peduli juga pada kebermanfaat ke lingkungan sekitar. Mungkin karena mereka punya visi menciptakan generasi sehat ya, makanya mereka juga fokus pada pengembangan generasi sejak usia dini.

      Hapus
  21. Danone keren.
    Ini smua juga sbg bentuk csr yg dilakukan danone untuk masyarajat y

    BalasHapus
  22. Cakep ya programnya danone. Kalau semua perusahaan bersinergi untuk membangun bangsa dengan menyehatkan anak-anak sebagai next generasi, pasti nggak akan ada lagi yang mengalami gizi buruk ya.

    BalasHapus
  23. Program berkelanjutan seperti Danone jadi inspirasi bahwa memiliki dampak yang baik untuk masyarakat

    BalasHapus
  24. Salut dengan Danone yang concern banget dengan kesehatan dan kesejahateraan masyrakat. Program-programnya keren. Berkesinambungan pula. Semoga bisa semakin banyak yang mendapat manfaat dari program Danone ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Bener banget, Mba. Jika saja semakin banyak perusahaan besar yang juga concern dalam hal ini, kebayang betapa masyarakat negeri ini akan hidup jauh lebih sehat dan sejahtera, yaaa.

      Sukses selalu untuk Danone! Keep this positivity! ��������

      Hapus
  25. Danone ini gak cuma bagus konsennya ke nutrisi anak dan kesehatan masyarakat, tapi juga lingkungan. Ya mengingat semua produknya dulu ikut bertanggung jawab dengan penggunanaan kemasan plastik dalam jumlah sangat besar. Meski demikian kita harus apresiasi Danone karena komitmennya tinggi, misalnya One Circular Planet programnya Aqua yang menjaga kelestarian sumber daya air, energi, dan kemasan lebih ramah lingkungan.

    BalasHapus
  26. Wah, keren. Cuti melahirkan bisa 6 bulan bagi karyawan Danone, ngga ada alasan untuk tidak memberikan ASI Eksklusif. Salut dengan kesungguhan dan perhatiannya pada nutrisi dan gizi masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Danone ini cuti melahirkannya untuk perempuan mencapai 6 bulan, dan itu full salary. Bapak-bapaknya juga diberikan cuti menemani istri maksimal dua minggu boleh gak masuk kerja. Saya pernah nulis profil direktur danone yg bikin ide begitu, namanya bu veranita, sekarang sudah jadi dirut air asia. karena ide brilian beliau, bu veranita ini sampai dianugerahi penghargaan dari PBB. Keren yaaa.

      Hapus
  27. Waaaah, Danone ini perusahaan yang peduli dengan porsi gizi ya, selain itu karyawan bisa cuti melahirkan 6 bulan pula

    BalasHapus
  28. uwaaaaa asik banget perhatian danone untuk mendukung istri2 yang akan melahirkan
    dihargai banget ya

    btw kudoain semoga danone selalu bisa meluncurkan program2 invoatif untuk kebaikan bumi dan kita semuaaaaaaa

    BalasHapus
  29. Semoga semakin banyak perusahaan yang punya kepedulian luar biasa sprti Danone ini ya...

    BalasHapus
  30. Aku langsung klik tuh situsnya.
    Ternyata sudah lama juga ya Nutricia, yang merupakan bagian Danone memulai sejarah panjang nutrisi.
    Dan tidak main-main lho, berinvestasi riset di seluruh dunia.

    Semoga brand lain juga terinspirasi menyusul jejak program Danone!

    BalasHapus
  31. Penasaran sama Laporan Berkelanjutan yang di luncurkan oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia. Sudah tak klik jug situsnya. Btw Danone ini programnya keren-keren ya mbak. Khususnya kepedulian terhadap masalah gizi dan nutrisi

    BalasHapus
  32. Tadinya saya pikir semua susu itu sama. Hanya faktor rasa aja. Ternyata nggak semua susu sama. Baru tahu saya

    BalasHapus
  33. Program Danone ini bagus sekali ya Mba maliha, karena paud adalah tempat pertama anak belajar. Jadi biar sejak dini sudah kenal sama makanan sehat..

    BalasHapus
  34. Ini pabrik yang dimana mbak?
    Emang Danone itu banyak berbuat sih peduli lingkungan, kesehatan,
    Semoga perusahaan-perusahaan lain juga ikutan yaa, seru banget ya acaranya hehe

    BalasHapus
  35. Menu isi piringku-nya menarik sekali nih..bisa ditiru buat menu anakku. Danone memang ya kontribusinya untuk nutrisi di Indonesia keren sekali. Peduli sampai ada keberlanjutan program untuk kesinambungannya

    BalasHapus
  36. Program CSR Danone ini menarik sekali ya, menyentuh semua lapisan masyarakat, sangat memberdayakan.

    BalasHapus
  37. Semoga makin banyak perusahaan-perusahaan yang memiliki CSR seperti Danone. Suka dengan kepeduliannya kepada karyawan cuti 6 bulan itu masih jarang di perusahaan lain. Concern sama nutrisi, wah benar-benar respek mbak sama perusahaan ini.

    BalasHapus
  38. Serrruuu banget ada program yang sasarannya anak usia dini, semoga perusahaan lain mengikutinya

    BalasHapus
  39. Keren program dari Danone ini mbak. Semoga program ini bisa terus berlanjut dan menjangkau daerah lain di Indonesia. Pengen ikutan kalo ada di Medan.

    BalasHapus
  40. Keren banget Bunsay, sukses selalu buat Danone & dirimu Bun...

    BalasHapus
  41. Produk Danone memang semua berkualitas ya, Mbak Maliha. Termasuk Aqua juga. Karena prosesnya dari berbagai riset dan pengetahuan.
    Dan bagus ini, Mbak soal Isi Piringku itu. Harus terus disosialisasikan ke sekolah-sekolah.

    BalasHapus
  42. Ah aku ikut senang jika perusahaan besar ingin berperan serta untuk kesehatan kita, Danone ini kualitas emang sudah tidak diragukan lagi

    BalasHapus
  43. Wahh keyen banget danone kasi cuti lahiran sampe 6 bulan ke karyawan yg baru lahiran ya.
    Jadi anak bisa ASI ekslusif tanpa merepotkan ibunya.
    Malah ayahnya dapat cuti juga 10 hari..

    Sukses danone

    BalasHapus
  44. Asik ya program kunjungan ke PAUD bersama danone.Membiasakan menu sehat sejak kecil semoga akan memberikan hasil baik dimasa depan

    BalasHapus
  45. Ini bagian dr program CSR nya Danone ya Mbak Maliha... Keren bangett... Ada program membiasakan menu sehat buat anak² PAUD ya. Noted deh

    BalasHapus
  46. Wah keren ya acaranya Danone ini. Setuju banget nih sama sosialisasi piringku ini buat ibu ibu biar anaknya sehat dan tumbuh seimbang ya

    BalasHapus
  47. Wah aku ngiler banget liat isi piringnya, hebat sedari dini sudah diajarkan makan sehat :D

    BalasHapus