SOCIAL MEDIA

Rabu, 24 Mei 2023

Yuk Cari Tahu Efek Samping Kencur Bagi Asam Lambung



Salam sehat...

Kencur adalah salah satu tanaman yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, ada juga beberapa efek samping kencur bagi asam lambung yang wajib diketahui banyak orang. Umumnya efek samping ini akan muncul ketika seseorang mengonsumsinya secara berlebihan.

Pada dasarnya kencur mengandung kaemferol dan borneol yang dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan tubuh. Kandungan ini dapat memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Kendati demikian, setiap orang harus tahu batasannya masing-masing.

Yuk Cari Tahu Efek Samping Kencur bagi Asam Lambung Jika Dikonsumsi secara Berlebihan 


Akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh setiap orang yang rutin minum kencur di kesehariaannya. Sebab, kencur mengandung minyak atsiri, flavonoid, alkaloid, dan pati yang dapat memberikan efek positif ke dalam kesehatan tubuh manusia. 

Namun, semua orang harus tahu batasannya masing-masing, terutama  orang-orang yang memiliki riwayat penyakit asam lambung. Sebab, mengonsumsi kencur secara berlebihan dapat memberikan efek samping tertentu, dan efek samping kencur bagi asam lambung menurut dokter adalah :

Hilangnya Nafsu Makan 

Mengonsumsi kencur hingga 2000 mg/kg per hari dapat memberikan efek samping tertentu kepada seseorang yang mengkonsumsinya. Dari dari beberapa efek samping yang ada, hilangnya nafsu makan adalah salah satu di antaranya.

Bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, mereka harus memperlihatkan takaran kencur yang dikonsumsinya setiap hari. Dengan begitu, mereka tidak akan mengalami kondisi seperti ini.

2. Sering Buang Air Kecil

Pada dasarnya, kencur dipercaya afektif untuk mengobati penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan manusia, tak terkecuali penyakit yang berkaitan dengan organ lambung. Namun, setiap orang tetap tidak boleh mengonsumsi minuman jamu ini secara berlebihan.

Sebab, salah satu efek samping yang bisa dialami oleh seseorang ketika mengonsumsi kencur secara berlebihan adalah mereka akan sering buang air kecil. Meski efek samping ini tergolong tidak terlalu berbahaya, akan tetapi kondisi ini akan menganggu keseharian mereka.

3.  Diare

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari kencur ini, Anda janya perlu merebus 10-30 gram kencur dengan air sampai mendidih. Takaran ini sudah yang paling pas untuk diterapkan oleh semua orang. Namun, jika Anda mengonsumsinya kencur dalam takaran yang lebih dari itu, akan ada efek sampingnya.

Selain nafsu makan yang berkurang dan sering buang air kecil, diare juga termasuk salah satu jenis efek samping yang bisa dialami oleh seseorang yang mengonsumsi kencur secara berlebihan. Maka dari itu, semua orang harus mengenal kondisi tubuhnya masing-masing.


Sesuai dengan apa yang sudah kami katakan di beberapa paragraf sebelumnya, pada dasarnya kencur dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa jenis manfaat ini bisa didapatkan ketika seseorang mengonsumsinya dengan takaran yang wajar.


Berikut adalah beberapa jenis manfaat kencur yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan manusia, yaitu: 

1.  Mengatasi Perut Kembung dan Radang Lambung 

Kandungan antioksidan yang ada di kencur bisa di manfaatkan untuk mengatasi kondisi perut kembung dan radang lambung. Sebab, kandungan ini dipercaya efektif dalam mengobati segala jenis penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan manusia.

2. Mengatasi Asam Lambung 

Kencur memiliki kandungan sitotoksik dan antibakteri yang cukup tinggi, sehingga jenis tanaman ini dipercaya efektif dalam mengatasi penyakit asam lambung. Dengan sifat antibakteri yang dimilikinya ini, kencur dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang ada di dalam perut.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Ketika seseorang mengonsumsi kencur secara berlebihan memang dapat membuat nafsu makannya berkurang dratis. Namun, ketika seseorang mengonsumsi kencur dalam takaran yang pas, nafsu malan dalam diri mereka dapat meningkat secara lebih baik lagi.

Dengan melihat penjelasan yang ada di atas, dapat dipastikan bahwa kencur memiliki manfaat yang sangat beragam jika dikonsumsi dalam takaran yang pas. Untuk menghindari efek samping kencur bagi asam lambung ini, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar