SOCIAL MEDIA

Rabu, 25 Oktober 2023

3M Plus dan Vaksin DBD Perlindungan Maksimal Dari Ancaman Demam Berdarah Dengue




Duh kasus demam berdarah saat ini mulai tinggi lagi kasusnya, hal ini berdasarkan data terbaru dari Kementerian Kesehatan RI dari minggu ke-33 tahun 2023 bahwa telah tercatat 57.884 kasus demam berdarah, dan mencapai 422 kematian yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Bahkan kemunculan kasus demam berdarah datang tidak hanya pada musim tertentu saja loh tapi  secara umum bisa terjadi kapan saja, waduh sangat mengkhawatirkan nih apalagi mengingat saat ini wilayah Indonesia terjadi kenaikan temperatur suhu panas ekstrem.

Tahu tidak teman, kalau perubahan iklim ekstrem yang terjadi saat ini erat kaitannya karena dipengaruhi akibat adanya fenomena el nino. Cuaca panas inilah menjadi suhu favorit bagi nyamuk berkembang biak lebih cepat dan mengigit lebih ganas, salah satunya adalah nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus sebagai nyamuk pembawa virus DBD. Dengan meningkatnya kasus DBD yang terjadi karena perubahan iklim yang ekstrem, tentunya ini harus jadi perhatian khusus dari berbagai pihak dengan melakukan langkah pencegahan agar menekan angka penyebaran penyakit DBD lebih luas dan terlindungi dari ancaman risiko DBD yang lebih fatal.


3M Plus dan Vaksin DBD Perlindungan Maksimal Dari Ancaman Demam Berdarah Dengue


Dari yang dijelaskan sebelumnya diatas, DBD merupakan penyakit yang bisa ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albipictus yang sudah terinfeksi virus dengue. Nah, jika seseorang terinfeksi DBD tidak ditangani dengan tepat dan terlambat maka orang tersebut berisiko mengalami komplikasi DBD yang bisa berakibat fatal mengancam jiwa, karena itulah penting sekali untuk perlu melakukan langkah pencegahan agar terhindar dari risiko tersebut. Dan salah satu langkah pencegahan yang sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan 3M Plus, tentunya saat ini pun kita sudah tidak asing lagi dong dengan program 3M Plus tersebut yang masuk kedalam gerakan PSN (Pemberatasan Sarang Nyamuk) yaitu : 
  1. Menguras/Membersihkan tempat penampungan air 
  2. Menutup tempat penampungan air
  3. Memanfaatkan/Mendaur ulang kembali barang bekas yang berpotensi jadi sarang perkembangbiakan nyamuk
Sedangkan untuk Plus sebagai upaya tambahan untuk pencegahan seperti menanam pohon pengusir nyamuk, memasang kelambu pada jendela maupun pintu, memakai lotion anti nyamuk dan penaburkan bubuk larvasida.

Karena DBD sampai saat ini belum juga ditemukannya obat yang spesifik yang bisa menyembuhkan virus dengue sepenuhnya, karena itu dalam melengkapi langkah pencegahan DBD selain 3M Plus dengan melakukan vaksinasi DBD yang terbukti dalam membentuk antibodi dan mencegah komplikasi DBD yang lebih parah. Hal ini seperti disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro, Sp.A(K),  sebagai KetuA Komunitas Dengue Indonesia di dalam sebuah acara Peluncuran Kampanye Nasional Pencegahan Demam Berdarah Dengue yang berlangsung di Raffles Hotel, Jakarta pada tanggal 27 September 2023 kemaren.

"Vaksin itu jadi hal penting dalam melawan terhadap DBD karena gak hanya dalam melawan dan pengendalian nyamuk saja sebagai pembawa virus dengue tapi perlu juga manusianya untuk melawan ancaman DBD yaitu dengan melakukan vaksinasi DBD untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk pencegahan jika terpapar DBD" 

Dengan 3M Plus dan Vaksin DBD apabila keduanya dilakukan beriringan maka akan memberikan perlindungan maksimal untuk diri sendiri dan keluarga tercinta dari ancaman demam berdarah dengue.

Slogan 3M Plus Vaksin DBD 

Vaksin Demam Berdarah Dengue


Demam berdarah dengue (DBD) bisa terjadi dimana saja, kapan saja dan berada di sekitar kita, dan semua orang bisa berisiko terinfeksi penyakit DBD tanpa harus memandang usia, jenis kelamin, ras, dan strata sosial. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak semua bisa terinfeksi DBD, dan anak-anak ini jadi kelompok usia yang paling rentan. Terlebih lagi DBD ini termasuk penyakit yang ganas dan tidak dapat di prediksi apakah bisa menyebabkan kematian atau tidak. 

"Di negara atau wilayah dengan penularan infeksi dengue yang tinggi, anak-anaklah cenderung paling banyak terkena dampaknya, meski pada usia dewasa muda saat ini juga meningkat, menurut data Kementerian tahun 2022, kasus kematian akibat dengue dominan di kelompok usia muda 5-14 tahun (45%), dengan demikian upaya sosialisasi pengendalian vektor nyamuk dan vaksinasi menjadi sangat penting" . Ujar Prof. Dr.dr. Sri Rezeki Hadinegoro, Sp. A(K).

Sesi diskusi dalam acara Peluncuran Kampanye Nasional Pencegahan Demam Berdarah Dengue 

Sebagai ibu, saya pun sangat bersyukur sekali sekarang ini adanya vaksin DBD hadir di Indonesia yang sudah resmi memdapatkan izin BPOM RI, disetujui  digunakan dan sudah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Perhimpunan Dokter Specialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), yang pastinya inovasi vaksin DBD ini telah melalui semua tahapan baik dari segi keamanan, kemanjuran dan kualitas.

Dan satu hal yang perlu diingat bahwa vaksin DBD ini bukanlah obat demam berdarah yang 100 persen dapat menyembuhkan melainkan upaya kita dalam membentengi, pencegahan dan melindungi dari risiko keparahan dari virus dengue serta melengkapi dari 3M Plus.

Mulai dari Usia Berapa Vaksin DBD Dapat di Berikan?


Vaksin DBD di Indonesia dapat di berikan mulai dari usia 6 tahun sampai 45 tahun, segera konsultasikan ke dokter terdekat terlebih dahulu untuk vaksin DBD ini.

Manfaat Vaksin DBD 


Kalau ditanya soal apa sih manfaat dari vaksin DBD, mungkin sudah jelas ya banyak sekali seperti yang saya sudah sebutkan diatas, yaitu :
  1. Dapat mencegah demam berdarah
  2. Bisa melindungi dari risiko keparahan komplikasi berat demam berdarah dengue
  3. Dapat membangun kekebalan tubuh maka produktivitas kita pun akan meningkat sehingga bisa melakukan kegiataan dengan rasa aman dan tenang dari virus DBD
  4. Dari segi ekonomi tentunya bisa lebih hemat ya karena jika sudah terkena tentunya risiko kesehatan jauh lebih serius dan banyak pengeluaran
  5. Dapat mengurangi .rawat inap di rumah sakit
  6. Dapat melindungi diri sendiri dan keluarga termasuk kelompok usia yang rentan dari risiko terkena DBD dan mencegah penularannya dengan orang lain


Peluncuran Kampanye Nasional Pencegahan Demam Berdarah Dengue #Ayo3MPlusVaksinDBD


Terkait upaya pencegahan dan pengendalian infeksi DBD di Indonesia, tentunya harus jadi perhatian khusus bahwa DBD masih jadi ancaman serius yang perlu dicegah. Dan melalui  Strategi Nasional Penangulangan Dengue 2021-2025, maka tanggal 27 September 2023 jadi momen yang berbahagia dimana Kementerian Kesehatan RI bersama Takeda meluncurkan kampanye #Ayo3MPlusVaksinDBD yang merupakan salah satu program penting dalam mensukseskan tujuan pemerintah dalam mewujudkan 0 kematian akibat DBD.

Makanya bersyukur sekali saya bisa hadir bersama para tamu undangan lainnya untuk menyaksikan penandatangan perjanjian kerjasama dan Peluncuran Kampanye #Ayo3MPlusVaksinDBD.

"Kami terus berkomitmen untuk menjadi mitra strategis dalam mendukung dan mengapresiasikan upaya pemerintah dalam mewujudkan 0 kematian (zero dengue. death) akibat demam berdarah  dengue tahun 2030 yang tertuang dalam Strategi Nasional Penangulangan Dengue 2021-2025 serta dengan peluncuran kampanye #Ayo3MPlusVaksinDBD berharap masyarakat  dapat mengimplementasikan 3M Plus Vaksin DBD dalam kegiatan sehari-hari." Ujar Gamze Yuceland, sebagai President Growth & Emerging Markets Takeda Pharmaceuticals International AG.

Penandatangan perjanjian kerjasama peluncuran kampanye #Ayo3MPlusVaksinDBD antara Takeda dan Kemenkes RI 


Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM.,MARS, sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, menambahkan "Terkait penangulangan infeksi dengue di Indonesia, menghimbau agar masyarakat untuk bersama-sama dengan prinsip-prinsip 3M Plus dan Vaksin DBD secara mandiri dalam mengatasi tantangan dan melindungi masa depan generasi mendatang." 

Dengan peluncuran #Ayo3MPlusVaksinDBD berharap masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan akses vaksinasi DBD ini agar mendapatkan perlindungan yang maksimal dan komprehensif untuk mendukung Indonesia mencapai tujuan 0 kematian demam berdarah dengue (Zero Dengue Death) 2030. 

Mari wujudkan bersama-sama Indonesi bebas demam berdarah dengue dan terus menjaga kesehatan diri dan keluarga demgan 3M Plus dan Vaksin DBD

Untuk informasi lebih lengkap mengenai pencegahan demam berdarah, teman-teman bisa kunjungi media sosial atau website CegahDBD 

Salam sehat untuk kita semua...

C-ANPROM/ID/QDE/0240|Oct 2023





Tidak ada komentar :

Posting Komentar