SOCIAL MEDIA

Rabu, 19 Mei 2021

Let's Read Aloud : Cara Menyenangkan Tumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini





Mungkin masih diantara kita masih mempertanyakan bagaimana sih cara untuk meningkatkan minat baca buku pada anak, padahal jelas ya, kegiatan membaca buku memiliki manfaat yang besar, tidak terkecuali untuk anak usia dini. Seperti kata pepatah "buku adalah jendela dunia dan buku juga merupakan jembatan ilmu", begitulah gambaran betapa berharganya dari sebuah buku,  karena dengan membaca buku dapat menambah wawasan berbagai hal yang belum diketahui sebelumnya. Dan bagi anak,  buku bukan hanya sekedar bacaan tapi buku sebagai bekal anak bertumbuh.

Lantas, kira-kira bagaimana caranya untuk meningkatkan minat baca buku pada anak?  Nah, mengenai hal ini pas banget dengan bahasan yang dibahas dalam acara Let's Read Online Blogger Gathering pada tanggal 11 Mei yang lalu melalui zoom meeting, dan diikuti kurang lebih 60 orang  dari Blogger Perempuan Network. Acara ini pun membuka mata saya bagaimana betapa pentingnya untuk  menumbuhkan minat baca pada anak sedini mungkin. Dengan menghadirkan narasumber kak Elsa Agustine dari Let's Read Indonesia dan ibu Roosie Setiawan founder Reading Bugs, Penulis buku Membaca Nyaring  dan pengagas Komunitas Read Aloud Indonesia.

Sebagian para peserta dari Blogger Perempuan Network dalam acara Let's Read Online Blogger Gathering 


Tumbuhkan Minat Membaca  Buku Sejak Dini Dengan Cara Menyenangkan Melalui Let's Read 

Tidak pernah ada kata cepat untuk membuat anak senang membaca buku sedini mungkin, karena kita tahu bahwa menumbuhkan minat baca sejak dini begitu besar manfaatnya, terlebih lagi saya sebagai orangtua yang memiliki anak usia balita  yang sedang tumbuh kembangnya pesat, dan ketika saat saya membacakan buku kepadanya ada rasa keingin tahunya begitu besar, dan hal inilah saya dalam menumbuhkan minat membacanya harus menjadi hal yang menyenangkan bagi dia,  salah satunya yang saya pilih dengan membacakan cerita bergambar melalui aplikasi Let's Read Indonesia.

Let's Read Indonesia  merupakan Perpustakan digital buku cerita anak persembahan dari komunitas literasi dari  The Asia Foundation. Dan Let's Read berdiri   di Indonesia pada tahun 2017 sejak awal di prakarsai oleh Books for Asia, yang merupakan salah satu program literasi dari The Asia Foundation sejak tahun 1955.

Seperti yang diungkapkan oleh kak Elsa Agustine, dengan hadirnya Let's Read  diharapkan dapat memudahkan anak Indonesia untuk gemar membaca buku sejak dini melalui : 
  1. Digitalisasi cerita bergambar 
  2. Pengembangan cerita yang kaya kearifan lokal 
  3. Penerjemahan buku ceita anak yang berkualitas terbitan dalam dan luar negeri kedalam bahasa nasional dan ibu
Terdapat berbagai kumpulan cerita bergambar dari ratusan cerita bergambar dari berbagai negara dengan berbagai terjemahan bahasa yang bisa di baca,  unduh, dicetak dan di sebarkan melalui  website Let's Read atau aplikasi secara gratis, dan melarang untuk di perjual belikan.

Kak Elsa Agustine, Social Media Content Development


Dan salah satu cerita anak saya suka dibacakan melalui  aplikasi Let's Read adalah  Semut dan Roti yang menceritakan ada seekor semut yang menemukan roti. Roti itu ukurannya besar sekali. Si semut ini tidak bisa membawanya pulang ke sarang. Meskipun ia menarik dengan sekuat tenaga. Dia tidak menyerah. Lalu,  ia memanggil teman-temannya. Dengan semangat kerjasama dan gotong royong, akhirnya roti tadi berhasil dibawa kesarang mereka. 

Semut dan Roti, Cerita bergambar di Let's1 Read

Pastinya setiap saya membacakan cerita bergambar melalui aplikasi Let's Read, anak saya selalu yang paling antusias senang,  dan mendengarkan sambil melihat ilustrasi gambar yang menarik dalam cerita tersebut. Serta sesekali ikut juga mengucapkan kosa kata yang sama cerita yang saya bacakan. 

Membaca cerita bergambar di Lets Read sangat mudah di gunakan, download melalui Play store atau App Store  lalu masuk ke dalam aplikasi yang sudah di download, pilih bahasa "Bahasa Indonesia" sebagai bahasa pengantar. Lalu tekan tombol panah untuk melanjutkan, Lalu lanjutkan "Bahasa Indonesia" untuk menampilkan buku berbahasa Indonesia, Lalu tekan tombol panah lagi untuk melanjutkan. Lalu pilih "YA, IZINKAN" agar buku dapat tersimpan di ponsel. Lalu pilih kembali "IZINKAN" untuk konfirmasi. Lalu tekan tombol ceklist untuk melanjutkan dan aplikasi siap untuk pilih cerita mana yang akan di baca. 



Cara Menggunakan Aplikasi Let's Read  Kali Pertama 

Cara Membaca buku cerita di Let's Read yaitu buka aplikasi Let's Read. Lalu pilih buku dengan menekan  gambar sampul buku. Lalu tekan tombol berwarna orange (baca). Dan bisa digeser kekanan atau kekiri untuk membolak balik halaman buku. 
 
Cara Membaca Buku di Aplikasi Let's Read


Read Aloud, Cara Seru untuk Tumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Didalam membacakan sebuah cerita kepada anak dan ketika apa yang disampaikan, diterima,  didengarkan dengan baik dan bersemangat, maka ada rasa senang dan kepuasan dalam diri kita bahwa anak tertarik dan cinta terhadap buku yang dibacakan. 

Setiap buku cerita yang saya bacakan untuk si kecil, pasti memulai dengan  memperlihatkan terlebih dahulu gambar dari  sampul dari buku cerita, lalu menanyakan "ada yang tahu ini gambar apa? lalu si kecil menjawab "itu Semut", kemudian saya mulai membaca dengan nyaring kata demi kata judul dari buku, sembari menunjukan kata-kata dalam judul di buku tersebut. Lalu di lanjutkan dengan membaca buku  seperti biasa dengan pelan-pelan, dan sambil menunjuk kata demi kata dan gambar  yang didalam buku. Maka secara tidak langsung pasti si kecil akan bersemangat untuk rasa keingin tahunya begitu melihat susunan huruf-huruf yang dibaca dan dikenal. 

Sebenarnya cara saya dalam lakukan baca buku diatas adalah dalam mempraktikan membaca buku dengan metode suara nyaring  (Read Aloud), ada yang tahu tidak metode Read Aloud? Jadi Read Aloud adalah membacakan cerita dengan suara nyaring dan jelas. Sehingga buku yang dibaca hidup dan menyenangkan untuk disimak oleh anak. 
"Membaca nyaring tujuannya bukan untuk menyelesaikan suatu buku, melainkan untuk menikmati prosesnya" Roosie Setiawan - Founder Reading Bugs

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia dikenal dengan rendahnya adalam minat baca, dan untuk menumbuhkan minat baca itu sangat penting, karena melalui membaca kita bisa memperkaya ilmu pengetahuan dan cakrawala lebih luas dan dapat berpikir kritis. 

Oleh karena itulah atas keprihatinan akan rendahnya minat baca maka Ibu Roosie Setiawan merupakan founder Reading Bugs sebuah komunitas Read Aloud Indonesia yang sudah berdiri dari tahun 2008. Dan kurang lebih sudah ada 50  komunitas Read Aloud yang ada di berbagai daerah di Indonesia.
 
Ibu Roosie Setiawan, Founder Reading Bugs

Ada 3 unsur dalam membaca nyaring, yaitu anak (yang dibacakan)  orang dewasa (yang membaca) dan  ada buku. Disinilah ada kemauan anak dalam membaca buku dan juga kedekatan antara orang yang membaca dan yang dibacakan. 



Membaca nyaring (Read Aloud) adalah satu hal yang dilakukan orangtua, atau guru kepada anak-anak, karena  ketika anak mau dibacakan buku cerita juga ada ada kedekatan (bonding) yang terjalin. Dan ketika membaca nyaring juga banyak ketrampilan dasar penting yang didapatkan anak dalam belajar membaca, salah satunya yaitu : 
  • Memperkenalkan Kosa kata
  • Memberikan model contoh bagaimana membaca yang baik dan benar dan secara ekspresif dan lancar
  • Anak bisa merasakan bahwa membaca itu suatu yang menyenangkan 

Dalam membaca nyaring juga ada tahapannya, dan jika kita melakukan sesuai dengan tahapan maka kita pun akan mendapatkan manfaat  dari membaca nyaring itu sendiri. Berikut tahapan membaca nyaring, yaitu : 
 1. Persiapan Read Aloud, yang meliputi :
  • Merencanakan tujuan membaca 
  • Mengetahui tahapan membaca pada anak-anak 
  • Lakukan pra-baca terlebih dahulu (orang yang membacakan nyaring membaca dan mengetahui urutan cerita dari buku yang di bacakan) 
  • Siapkan pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi
  • Menggunakan inotasi yang menarik dan gerak tubuh 
2. Sebelum Read Aloud (Awal),  yang meliputi :
  • Mulailah membaca dengan percakapan pembuka seperti salam atau sapa
  • Tunjukan sampul buku atau bacaaan yang akan dibacakan dan menyebutkan gambaran singkat dari cerita
  • Menyebutkan judul, pengarang dan ilustrator 
  • Gali pengetahuan latar atau pengetahuan umum anak-anak
  • Mulai menyusun ilustrasi apabila terdapat dalam buku atau buku cerita
  • Buat semenarik mungkin cerita yang dibacakan
3. Saat Read Aloud, yang meliputi 
  • Bantu anak-anak untuk mendengar dan merasakan adanya cerita yang mengalir. Bacakan dengan suara yang dapat didengar  anak dan tidak terlalu cepat
  • Buat suasana baca yang menarik dengan gerakan tangan, mimik wajah yang ekspresif dan intonasi
  • Ajak anak terlibat dan jaga interaksi dengan anak-anak
  • Bangun dialog dengan anak menggunakan buku 
  • Ajak anak untuk dapat mengungkapkan secara lisan apa yang didengar, didengar atau dipikirkan
4. Setelah Read Aloud, yang meliputi 
  • Minta anak-anak untuk menceritakan kembali dengan kata-katanya sendiri
  • Ajukan pertanyaan dari isi buku yang dibaca seandainya  anak tidak bertanya (jika anak sudah bisa berbicara) 
  •  Minta anak ajukan pertanyaan 
  • Letakan buku atau materi bacaan ditempat yang mudah dijangkau anak 

Berikut beberapa manfaat jika menggunakan metode Read Aloud kepada anak, yaitu :
  • Dapat membantu menstimulasi otak anak lebih optimal 
  • Dapat melatih kemampuan pendengaran anak
  • Merangsang imajinasi anak
  • Dapat melatih konsentrasi dan daya ingat anak
  • Mengenalkan konsep media buku cetak dan tulisan
  • Menciptakan kedekatan yang lebih erat antara ibu dan anak

Oleh kareana itulah mengapa akses buku harus dikenalkan sejak dini karena semakin dini diperkenalkan, maka manfaatnya akan lebih optimal dalam upaya menumbuhkan minat baca dan kecintaan mereka pada buku untuk anak-anak. 

Semoga tulisan ini bermanfaat......

9 komentar :

  1. Dibiasakan ajak membaca atau mendengarkan saat baca buku, buat anak cepat menghafal kata dan menirukan bunyinya ya. Gampang deh tinggal donlot aplikasinya.

    BalasHapus
  2. Sebuah inovasi yang bagus ya, menyesuaikan dengan perkembangan digital. Salut.

    BalasHapus
  3. Anakku juga seneng banget baca di Let's Read, Kak. Ilustrasinya abagu-bagus dan ceritanya seru dari berbagai negara.

    BalasHapus
  4. Anak2 d rmh di read aloud sejak bayi alhamdulillah ngajarin mereka baca jd cepet dan tanpa drama. Sekarnag lbh enak ada buku anak digital

    BalasHapus
  5. Dua anak saya suka sekali baca buku..terlebih dengan tambahan materi ini, mereka jadi semakin cinta baca..keren materinya

    BalasHapus
  6. Alhamdulillaah dg kebiasaan read aloud, anak2 lbh cpt mengerti cerita yg disampaikan, dan meningkatkan storytelling anak..
    Aplikasi kekinian, meningkatkan minat baca anak di era pandemi.
    Membaca dirumah jadi lebih asyiiik... 😊

    BalasHapus
  7. Aku sudah mempraktekannya dan terbukti bermanfaat banget

    BalasHapus
  8. Benerrr... Penting banget membacakan buku cerita tuk tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  9. Sesederhana sering baca buku dan bacakan buku untuk anak. Bahkan dari masih hamil pun bisa berefek positif.

    BalasHapus