SOCIAL MEDIA

Kamis, 26 Agustus 2021

Kolaborasi Smartfren Community Dan Blood Of Life Indonesia Dalam Gerakan Sosial Donor Darah


Hai teman apa kabar, semoga senantiasa sehat ya, pagi ini sedih banget pas lihat di whatsApp grup, seorang teman mengabarkan bahwa kakaknya yang sedang terinfeksi  covid-19 yang sedang dirawat disalah satu rumah sakit di Jakarta dalam kondisi memburuk yang kini membutuhkan transfusi darah plasma konvalesen dengan golongan darah B Rh+ . Teman saya menceritakan bahwa mencari  pendonor plasma saat ini tidak mudah didapatkan.

Memang ketersediaan  pasokan darah sejak pandemi ini seperti terjadi ketimpangan  antara kebutuhan darah dan jumlah pendonor  mengalami penurunan sehingga membuat pasokan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menipis, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor diantaranya msyarakat yang takut akan terpapar virus Covid-19 juga kurangnya edukasi akan paham soal donor plasma ini fungsinya untuk apa. Padahal manfaat donor darah banyak sekali salah satunya  sangat baik untuk kesehatan pendonor itu sendiri dan lebih dari itu dapat menyelamatkan hidup seseorang. 

Kita tahu bahwa di kondisi saat ini kebutuhan akan darah sangat dibutuhkan bagi pasien-pasien yang ada di rumah sakit, baik untuk penanganan Covid-19 maupun tidak, dan semakin menipisnya ketersediaan darah, dan untuk memenuhi kebutuhan darah   pasien terpenuhi dimasa sekarang ini,  kabar baik datang dari salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terdepan di Indonesia  yaitu Smartfren, dan melalui  Smartfren Community sebagai wadah positif bagi pengguna Smartfren di seluruh Indonesia  kembali membuat gerakan sosial terbaru yang   berkolaborasi dengan komunitas sosial Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID). Lalu seperti apa wujud kolaborasinya? Yuk simak... 

Kolaborasi Smartfren Community dan Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID) Dalam Gerakan Sosial Donor Darah


Smartfren Community yang telah hadir di lebih dari 100 kota di Indonesia mengajak anggotanya untuk turut menjadi pendonor dalam membantu Blood4LifeID  guna meningkatkan jangkauan pencarian donor dan ketersediaan darah atau plasma darah yang sangat dibutuhkan dalam mendukung penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Melalui gerakan sosial Smartfren Community dan Blood for Life Indonesia yang  merupakan bagian dari semangat kokreasi untuk bersama mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan sehat. Karena dengan bergerak bersama di dalam gerakan sosial ini maka akan menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan donor darah, hal ini seperti yang disampaikan oleh bapak Roberto Saputra sebagai Chief Brand Officer Smartfren.

Tak bisa dipungkiri memang  disaat ini mendapatkan darah  dari PMI tidak begitu mudah,  yang bisa jadi  karena stok darah yang kosong, sehingga masyarakat atau pasien membutuhkan bantuan dari pihak lain dan itu pun butuh waktu yang lama, tetapi beruntungnya dengan hadirnya komunitas Blood of Life Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2009, dan  ini bisa jadi pilihan masyarakat untuk mempermudah mendonor darahnya, sekaligus mendapatkan donor darah. Saat ini Blood4LifeID di motori sekitar 50 relawan yang tersebar diseluruh Indonesia dan bergerak secara mandiri.

Dukungan Smartfren Dalam Gerakan Sosial Donor Darah bersama Blood4LifeID


Tidak hanya disitu saja  dukungan yang diberikan baik Smarfren, Smarfren Community  yang berkerja sama Blood4LifeID di  gerakan sosial ini  dalam memperluas pencarian darah dan ketersediaan pasokan darah, disini juga Smartfren Community    juga memberikan dukungan tambahan berupa kartu perdana GOKIL MAX serta paket data kepada seluruh relawan Blood of Life Indonesia agar memudahkan berkomunikasi secara online serta memberikan pengalaman dalam mengakses  website Blood4LifeId  jadi lebih baik dengan jaringan internet  yang kuat. 

Hal ini seperti yang sampaikan ibu Valencia M. Randa, Founder Blood of Life Indonesia,  "pergerakan Blood4LifeID selama ini kebanyakan dilakukan secara online, dan saat ini pun para relawan Tim IGD Virtual Blood4LifeID yang tersebar di berbagai kota  Indonesia yang sangat bergantung dengan  koneksi internet dikota masing-masing dan dengan dukungan paket data internet dari Smarfren dan Smarfren Community  inilah  jadi terbantu sekali Blood4LifeID dalam mengajak masyarakat mendonorkan darahnya kepada pasien yang sudah terdata di website kami"

Valencia M. Randa sebagai Founder Blood4LifeID

Dan selama ini pula Blood4LifeID telah menerima banyak permintaan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pendonor darah, yang mana permintaan tersebut  bisa mencapai 230 permintaan dalam satu hari, terlebih di masa pandemi ini permintaan donor darah atau plasma darah semakin banyak.

Oleh karena itulah dalam menjaga ketersediaan stok darah di kondisi pandemi ini dan jika  teman yang ingin  menjadi pendonor bisa dilakukan sangat mudah dengan  mendaftarkan diri melalui website di www.donordarah.link dengan pilih menu "Isi Form Butuh Pendonor Darah".  Sedangkan jika untuk mencari penerima donor bisa pilih menu "Cari Pasien Butuh Donor" , yang bisa mencari pendonor berdasarkan golongan darah, jenis darah dan kota domisili.

Tentunya kolaborasi gerakan sosial donor darah ini menjadi salah satu  yang harus disebar luaskan kepada masyarakat luas bahwa donor darah di masa pandemi ini adalah aman dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Dan marilah kita bersama-sama bergerak untuk saling bantu ikut serta mendonorkan darah kita untuk dukung penanganan pandemi ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semuanya 










13 komentar :

  1. Gerakan sosial yang bagus ini. Sayangnya, saya nggak bisa ikutan donor darah karena nggak masuk persyaratannya.

    BalasHapus
  2. Ak sudah pernah donor darah dan rasanya mantab hehehe

    BalasHapus
  3. wah sayangnya belum pernah donor darah, pengen sih tapi ga cukup kriteria

    BalasHapus
  4. Kolaborasi yang keren ini. Smartfren Community di lebih dari 100 kota di Indonesia mengajak anggotanya untuk turut menjadi pendonor dalam membantu Blood4LifeID
    Tentu ini akan meningkatkan jangkauan pencarian donor dan ketersediaan darah atau plasma darah yang sangat dibutuhkan dalam mendukung penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

    BalasHapus
  5. Keren banget programnya. Ada sisi sosial kemanusiaan di dalamnya. Bisa jd ladang pahala juga buat para pendonor. Apalagi pendonor darah dan plasma sangat dibutuhkan akhir - akhir ini

    BalasHapus
  6. salut ya dengan Smarttfren Community ini, punya banyak kegiatan kemanusiaan dan juga bantu sesama apalagi di masa pandemi gini.
    masa pandemi ini memang lebih banyak dengar berita orang butuh donor darah sementara ketersediaan kurang, giliran ada yang bersedia donor ehh gak memenuhi syarat tuk donor, sedih.

    BalasHapus
  7. Aduh jadi kangen donor. Sejak menikah belum donor lagi karena langsung hamil heheh... Ngomong-ngomong keren banget ya programnya. Salut deh buat Smartfren Community.

    BalasHapus
  8. SmartFren Community aksi sosialnya keren banget gerakan dlnor darah bisa membantu orang2 yang membutuhkan

    BalasHapus
  9. Wah makin bnyk aja nih keunggulan dr smartfren community. Kali ini merambah k aksi sosial ya, pas bgt saat pandemi. Dimana bnyk org2 yg membutuhkan donor. patut d acungi jempol nih.

    BalasHapus
  10. Kalau untuk program-program yang ada di smartfren community ini bakalan dapet infonya via pesan khusus gitu gak, kak?
    Karena sayang banget kalau program sekeren ini yang ikut sedikit. Sukses terus smartfren community.

    BalasHapus
  11. Wah keren nih Smartfren. Punya program ini juga. Pastinya ini sangat bermanfaat bagi sodara-sodara kita yang membutuhkan. Setetes darah bahkan bisa menyelamatkan nyawa ya. Semoga bisa konsisten dan dilakukan di banyak tempat.

    BalasHapus
  12. kegiatan donor darah ini memang bermanfaat banget ya terutama di saat banyak yang memerlukan donor darah. aku sendiri baru sekali ikutan donor darah waktu ada acaranya di kantor. setelah itu nggak pernah ikutan lagi karena waktu itu tekanan darahnya rendah

    BalasHapus
  13. Aku terakhir menjadi pendonor darah di tahun 2004. Di tahun berikutnya ketika akan mendonor, tekanan darah waktu itu tidak memenuhi syarat. Semoga dengan adanya program dari Smartfren ini, kebutuhan darah selama pandemi tercukupi ya..dan programnya bisa berlanjut

    BalasHapus