SOCIAL MEDIA

Minggu, 23 Oktober 2022

Navya Outonom, Begini Rasanya Mencoba Mobil Listrik Bisa Berjalan Sendiri Tanpa Kemudi Supir




Apa sih yang dipikirkan teman tentang mobil masa depan itu?hmm.. apakah bisa melaju jalan sendiri secara  otomatis kah, bisa jalan tanpa kemudi kah dan tidak menggunakan bahan bakar lagi,   mungkin itu sebagian gambaran jawaban dari sebuah pertanyaan dari mobil  masa depan yang kita bayangkan bukan. Karena semua gambaran mobil masa depan mungkin sejauh ini kita bisa lihat hanya di fim-film saja, dan hanya bisa sebatas  membayangkan bagimana sih rasanya naek mobil dengan tidak ada supirnya tapi  bisa berjalan sendiri.

Namun, tak perlu menunggu lama untuk menanti kendaran yang bisa berjalan sendiri tanpa kemudi, karena semua khayalan itu diwujudkan saat ini secara nyata oleh Sinar Mas Land dengan menghadirkan kendaraan listrik otonom atau Autonomous Electric Vehicle (AV) yang berbasis transportasi publik masa depan di Indonesia yang bernama Navya Outonom.   

Sinar Mas Land Wujudkan Tercapainya Green Mobility Dengan Hadirkan Kendaraan Listrik Otonom Di Kawasan BSD Green Office Park

Sinar Mas Land sebagai salah satu perusahaan properti terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menegaskan komitmen penuhnya dalam mendukung dan berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia, Yang hal ini sudah di buktikan dengan terus berinovasi untuk mengembagkan kawasan kota pintar berenergj hijau yang ramah lingkungan disetiap proyeknya.  Dan untuk mendukung keberlanjutan komitmentnya,  Sinar Mas Land kini menghadirkan kendaraan autonomos electric vehicles (AV)  pertama di Indonesia sebagai bagian untuk  mewujudkan konsep green mobility di kawasan BSD City.



Autonomos electric vehicles atau kendaraan listrik otonom tanpa awak kemudi ini merupakan kerjasama kemitraan antara  Sinar Mas Land dengan Mitsubishi Corporation, yang saat ini sudah melakukan uji cobanya tahap pertamanya  sejak dari bulan Mei hingga Juli 2022 lalu di QBig BSD City dan kini berlanjut di kawasan BSD Green Office Park, The Breeze dari tanggal 29 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang. 

Kendaraan listrik Navya Outonom, ini  menggunakan teknologi  dan mesin canggih dari Jepang ini ditenagai dengan memiliki penggerak listrik dan baterry pack kapasitas 33 kWh yang mampu bertahan selama 9 jam, jika untuk mengisi ulang batere ini dengan mencolok soket tersedia di bagian depan mobil otonom. 

Soket untuk mengisi batere yang ada dibagian depan luar mobil otonom

Dilengkapi dengan 6 sensor canggihnya  yang dapat memiliki akselarasi, navigasi hingga dapat mendeteksi lingkungan sekitarnya seperti menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom dalam kecepatan maksimal 30 km per jam. 

Radar sensor 

Tampilannya seperti bus pada umumnya yang dilengkapi lampu projektor LED dan pintu terbuka model geser secara otomatis.  Dengan kapasitas kursi penumpang 15 orang ini, dengan formasi 11 kursi duduk  yang dilengkapi dengan sabuk pengaman,  dan 4 berdiri dengan pegangan. Navya Outonom ini pun didalamnya sertai dengan alat keselamatan jika terjadi sesuatu diluar kendali mobil otonom yang lengkap seperti adanya emergency stop, emergency hammer.

Emergency stop dan emergency hammer


Navya Outonom, Begini Rasanya Mencoba Kendaraan Listrik Tanpa Kemudi Tapi Bisa Berjalan Sendiri 

Tanpa alasan, saya pergi sekitar jam 9 pagi dari rumah untuk  meluncur ke BSD Green Office Park, The Brezee untuk mencoba langsung menaiki kendaraan listrik otonom terobosan dari Sinar Mas Land ini. Yang mana jadwal beroperasi dari Selasa - Minggu mulai dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB.

Untuk menaiki kendaraan otonom ini, sebelumnya ada syarat yang harus dipenuhi para penumpang salah satunya terlebih dahulu untuk mendownload aplikasi OneSmile lalu menjawab pertanyaan survey di aplikasi tersebut.  Setelah selesai mengisi survey tesebut akan mendapatkan tiket gratis berupa barcode sebagai akses untuk menaiki Navya Outonom ini, dan syarat lainnya, penumpang yang boleh menaiki dengan minimal tinggi badan 120 cm.


Tiket berupa barcode
 

Panduan naik kendaraan listrik otonom

Saat menaiki Navya Outonomos ini awal-awalnya saya sedikit tegang, dikarenakan kendaraan listrik ini nantinya berjalan tanpa dikemudikan supir, setelah duduk manis dan mengenakan sabuk pengaman dan pintu tertutup, perlahan-lahan mobil otonom berjalan, hampir  tidak ada suara dan getaran yang dihasilkan dari mobil otonom tersebut. Hanya saja pas saat sensor mendeteksi adanya sesuatu objek didepannya maka secara langsung mobil otonom  memilih berhenti. Dan inilah saat posisi ngerem terasa banget dan gunjangan terasa dan kadang bikin tidak nyaman. 

Tapi sejauh ini setelah saya mencoba naik Navya  Outonom ini cukup puas banget bisa merasakan naik kendaraan listrik tanpa kemudi supir  tapi bisa berjalan. Nah, buat kalian yang penasaran naik Navya Outonom langsung saja ke BSD Green Office Park The Breeze


Tidak ada komentar :

Posting Komentar