SOCIAL MEDIA

Sabtu, 28 Januari 2023

Peringati Hari Gizi Nasional ke-63 YBM PLN Adakan Ketuk Pintu Gizi



Persoalan gizi buruk, saat ini masih menjadi tantangan besar yang di hadapi oleh bangsa Indonesia. Dan sampai saat ini angka status gizi buruk masih sangat tinggi bahkan dari tahun ke tahun cenderung meningkat.  Seperti yang kita tahu bahwa penderita gizi buruk sebagian besar adalah bayi dan balita. Banyak faktor yang disebabkan, salah satunya adalah karena orangtua tidak memberikan asupan nutrisi makanan yang mencukupi gizi untuk anak-anaknya, yang hal ini jika dibiarkan maka akan menyebabkan terganggunya pada kesehatannya bahkan dapat menyebabkan kematian.

Lebih jauh lagi jika gizi buruk ini dialami dalam jangka waktu yang lama, hal ini bisa menyebabkan resiko stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita. Karena itulah penting sekali persoalan ini menjadi perhatian khusus bagi kita semua untuk melakukan berbagai upaya pencegahan persoalan stunting dan gizi buruk ini, hal ini pula YBM (Yayasan Baitul Maal) PLN mendukung pemerintah upaya mengatasi masalah tersebut kembali menjejak manfaat melalui kegiatan programnya yaitu "Ketuk Pintu Gizi, Berbagi Paket Gizi Untuk Balita"  di kampung gizi  Jakarta. 

Peringati Hari Gizi Nasional, YBM PLN Adakan Ketuk Pintu Gizi di Kampung Gizi Jakarta


Setiap tahunnya, Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari, dan tahun 2023 ini perayaan yang ke 63 yang mengusung tema Protein Hewani Cegah Stunting.  Di momen Hari Gizi Nasional inilah YBM PLN mengadakan acara Ketuk Pintu Gizi, Berbagi Paket Gizi Untuk Balita dan Wisuda Balita Sehat  di Kampung Gizi di Kramat Pela - Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

YBM PLN


Acara  ini di hadiri oleh para ibu dan balita, kader relawan dari 3 kelurahan Kramat Pela, Cipete Utara dan Gandaria Utara, juga turut hadir juga Lurah Kramat Pela, Bapak Ahmad Syarief, Para Kepala Puskesmas dari kecamatan Kebayoran Baru, Kramat Pela dan Gandaria Utara dan berserta para jajarannya dan Bapak Salman Faris selaku Deputi Direktur YBM PLN. 

"Saya mewakili dari 3 kelurahan Kramat Pela, Cipete Utara, dan Gandaria Utara mengucapkan banyak terima kasih kepada YBM PLN yang selama 3 bulan ini sudah melaksanakan kegiataannya dalam pemberikan makanan bergizi kepada balita yang kurang berat badannya dan lainnya, dimana hal ini melalui  kegiataan YBM PLN, memberikan manfaat yang sangat luar biasa  bagi masyarakat  di 3 kelurahan ini" . Ujar Bapak Lurah Ahmad Syarief dalam sambutannya di acara Ketuk Pintu Gizi. 

Selanjutnya Bapak Salman Farisi, Deputi Direktur YBM PLN pun menyampaikan bahwa dari dana zakat yang dikelola dan terkumpul ini kita kembalikan untuk orang yang berhak untuk mendapatkan manfaat, seperti dalam program kampung gizi sekarang yang sudah berjalan selama 3 bulan ini yang pelaksnaannya di mulai dari tanggal 24 Oktober hingga 23 Januari 2023. 



Perlu di ketahui bahwa YBM PLN dengan melalui program Ketuk Pintu Gizi yang sudah berjalan di kampung gizi dengan melakukan rangkaian kegiatan, yaitu : 
  1. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) selama 90 hari (3 bulan)
  2. Edukasi pola makan balita pendekatan kepada orangtua, dilakukan secara door to door
  3. Validasi data status gizi setiap bulan selama 3 bulan
  4. Demo masak tentang protein hewani
  5. Bantuan ekonomi untuk Pak Soleh (usaha es cendol agar dapat memenuhi gizi anaknya)

Dari penerima manfaat dengan Pemberian Makanan Tambahan dari 50 balita dari 3 titik pendistribusian per kelurahan selama 90 hari, bahwa telah terjadi kenaikan yang sangat baik dari pemulihan balita yang kurang gizi.


Selanjutnya acara Ketuk Pintu Gizi ini pun ditutup dengan wisuda balita sehat dan demo masak dengan membuat dimsum. Dengan pelaksanaan kegiataan  Ketuk Pintu Gizi merupakan sebagai ikhtiar dari YBM PLN yang akan terus berlanjut dan berkolaborasi  kepada pihak-pihak yang mendukung program gizi ini. Dan apa yang di lakukan YBM PLN ini sebagai salah satu amal jariyah yang tak akan terputus manfaatnya. 

Untuk selengkapnya informasi tentang YBM PLN ini bisa melalui Instagram dan Facebook @ybmpln dan website di ybmpln.org



Tidak ada komentar :

Posting Komentar