SOCIAL MEDIA

Rabu, 22 November 2023

Mahfud MD Lulusan Mana? Inilah 5 Fakta Tempat Mengenyam Pendidikannya

Mahfud MD lulusan mana
Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD
Sumber gambar IG Mahfud MD


Beberapa bulan lagi, tepatnya akan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024, semua masyarakat Indonesia akan menggunakan hak suaranya memilih dalam pemilihan presiden (PilPres) 2024. Dan salah satu pasangan  capres dan cawapres nomor urut 3 ini adalah Ganjar Pranowo dan Mahfud MD . Bukan tanpa alasan di pilihnya Mahfud MD sebagai  pendamping Ganjar Pranowo di PilPres 2024 karena Mahfud MD dengan segala pengalamannya yang lengkap sebagai politisi di berbagai bidang dan lembaga mulai dari legislatif, yudikatif dan eksekutif, dan tidak hanya itu saja, beliau pun memiliki banyak prestasi yang bikin kagum sehingga beliau jadi inspirasi banyak orang.

Tentunya semua pencapaian tersebut tak terlepas dari riwayat pendidikan akademiknya yang sangat baik, lalu dari lulusan dari mana saja Mahfud MD? Yuk kita cari tahu jejak tempat pendidikannya yang kita tahu saat ini beliau menjabat sebagai sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dikabinet Indonesia Maju. 


Jejak Pendidikan Mahfud MD 


Mahfud MD lulusan mana?cek disini jejak pendidikannya
Mahfud MD sumber gambar IG Mahfud MD 


Saat ini Mahfud MD memiliki gelar akademiknya yang terletak di bagian depan dan di belakang namanya yaitu Prof. Dr. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H.,S.U.,M.I.P namun sebelum mendapatkan gelar profesornya, jejak perjalanan akademiknya pun cukup panjang yang harus ditempuhnya. Lahir pada tanggal 13 Mei 1957, di Sampang, Madura ini merupakan anak ke empat dari tujuh bersaudara dari pasangan orangtua yaitu Siti Khadidjah dan Mahmodin. 

Berikut jejak tempat Mahfud MD mengenyam pendidikannya : 

1. Sejak usia tujuh tahun, Mahfud MD sudah menempuh pendidikan Sekolah Dasar di dua tempat  yang bersamaan, pada pagi hari beliau sekolah di Sekolah Dasar Negeri di Pamekasan, Madura, sedangkan sore harinya beliau sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al Mardiyyah Waru di Pamekasan,  Madura, lalu beliau di pindahkan ke pondok pesantren Somber Lagah, di Tagangser Laok. 

2. Kemudian, Mahfud MD  melanjutkan sekolahnya di menengah pertama di Perguruan Guru Agama Negeri (PGAN) selama empat tahun, lalu melanjutkan sekolahnya ke Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) yang setara dengan sekolah menengah atas atau madrasah aliyah dan lulus tahun 1978

3. Setelah lulus dari Pendidikan Hakim Islam Negeri, beliau meneruskan untuk mengambil gelar Sarjananya (S1)  ke Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta dan mengambil jurusan Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum, dan bersamaan itu pula beliau juga kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta dan mengambil jurusan Sastra Arab Fakultas Satra dan Kebudayaan. Jadi dalam waktu yang sama beliau kuliah di dua perguruan tinggi, dan beliau lulus mendapat gelar pendidikan S1 tahun 1983.

4. Setelah lulus pendidikan S1, Mahfud MD lalu meneruskan untuk mengambil program pasca Sarjana (S2) di perguruan tinggi yang sama yaitu Universitas  Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta dengan mengambil studi Ilmu Politik, oiya bahwa selama beliau melanjutkan pendidikan S2 nya mendapatkan beasiswa penuh dari Universitas Islam Indonesia (UII).

5. Gak berhenti di situ saja, Mahfud MD kembali mendapatkan beasiswa dari Yayasan Supersemar dan dari Tim Manajemen program Doktor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, lalu beliau melanjutkan pendidikannya program Doktor (S3) di Universitas Gajdah Mada (UGM), Yogyakarta mengambil studi Ilmu Hukum Tata Negara hingga lulus pada tahun 1993

Patut di banggakan ya dengan seorang nama Mahfud MD cawapres pasangan capres Ganjar Pranowo dengan melihat dari jejak tempat pendidikan yang beliau tempuh, dengan sosoknya yang intelektual, baik pengetahuannya dan pengalamannya di bidang hukum dan politik bersama Capres Ganjar Pranowo, akan membawa Indonesia dalam proses penegakan hukum akan memiliki arah yang lebih jelas. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar