SOCIAL MEDIA

Selasa, 14 Juni 2022

Yuk Cari Tahu Faktanya Skoliosis Lewat Health Talk Rumah Sakit Premier Bintaro




Salam sehat...

Angkat beban yang berat dan postur tubuh yang salah merupakan penyebab Skoliosis kah? sebelum menjawab hal diatas, sebaiknya kita memahami  terlebih dahulu apa sih skoliosis itu, jadi Skoliosis adalah adanya kelainan tulang belakang dengan keadaan miringnya tulang belakang kearah samping dan sertai dengan adanya rotasi pada tulang belakang  atau dikenal sebagai kondisi tulang belakang seseorang yang membentuk melengkung seperti huruf S atau C. 

Istilah Skoliosis ini, jujur saya baru mengetahuinya setelah mengikuti health talk dalam rangkaian kegiatan Blogger & Vlogger Gathering yang di adakan oleh Rumah Sakit Premier Bintaro pada hari Kamis, 9 Juni 2022 yang lalu bertempat di ruang Krakatau, Rumah Sakit Premier Bintaro. Skoliosis ini merupakan permasalahan kesehatan yang umum terjadi, tapi tak sedikit juga timbulnya mitos seputar Skoliosis ini mulai dari gejala, penyebab dan penanganannya, Nah untuk itu yuk cari tahu faktanya lebih lanjut tentang Skoliosis ini...lets start 

Blogger & Vlogger Gathering dan Hospital Tour Rumah Sakit Premier Bintaro


Kamis pagi yang mendung manja tak menyurutkan saya untuk datang pagi-pagi ke acara Blogger & Vlogger Gathering RS Premier Bintaro, dan alhamdulillah tempat tinggal saya tidak jauh dari RS Premier Bintaro, hanya 3 km dari rumah saya. Sebelum memulai acara gathering, saya dan teman blogger lainnya yang hadir terlebih dahulu untuk mengikuti hospital tour melihat secara langsung berbagai layanan fasilitas  yang ada di RS Premier Bintaro.  Di hospital tour ini di bagi dalam 5 kelompok  yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang, dan saya kebagian masuk ke kelompok 2 untuk mengunjungi ruang layanan fasilitas MRI, MCU Visa dan Klinik Olahraga yang di pandu oleh Bapak Deny dari pihak RS Premier Bintaro.

Seperti yang kita ketahui bahwa RS Premier Bintaro merupakan Rumah sakit swasta yang terletak di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Rumah Sakit Premier Bintaro didirikan sejak tahun 1998 silam ini merupakan dibawah naungan dari Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia, dengan filosofi pelayanan "People Caring for People sebagai  komitmen yang mencerminkan  terhadap peningkatan kualitas berkelanjutan, tanggung jawab untuk memberikan layanan berstandar Internasioanl dan juga untuk mengembangkan sumberdaya manusia secara konsisten.

Rumah Sakit Premier Bintaro hadir untuk memberikan berbagai layanan kesehatan yang komprehensif  dari berbagai spesialisasi layanan unggulan dengan menggunakan fasilitas dan teknologi medis yang modern, juga di dukung oleh para dokter-dokter yang kompetitif dibidangnya. Makanya exited banget ketika saya akan mengikuti hospital tour ke 3 layanan fasilitas unggulannya 

1. Layanan Pemeriksaan MRI 

Berada di dilantai 1, layanan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging)  ini merupakan bagian dari layanan Radiologi, di RS Premier Bintaro sudah menggunakan teknologi MRI 3.0 Tesla, dimana dengan teknologi ini  pemindaian akan dilakukan lebih cepat, akurasi dan detail gambar anatomi  lebih jelas dan lebih kuat serta keamanan dan kenyamanan yang lebih terjamin.

MRI 3.0 Tesla Signa Pioneer

2. Medical Check Up (MCU) Visa 

Masih berada di lantai 1, di ruang layanan fasilitas MCU Visa ini mencakup General Medical Check Up dan Sleeping Clinic. MCU Visa ini merupakan pemeriksaan kesehatan tubuh mulai dari pemeriksaan fisik, radiologi, laboratorium dan lainnya sebagai syarat untuk keperluan seseorang pergi ke luar negeri, seperti Amerika, Australia, New Zealand, Inggris dan Canada. 

Layanan fasilitas Medical Check Up Visa


3. Klinik Olahraga (Sport Clinic) 

Berada di lantai 2, klinik olahraga di RS Premier Bintaro ini melayani untuk menangani seluruh permasalahan yang terjadi sehubungan dengan dengan aktivitas olahraga. Layanan klinik ini meliputi pemeriksaan kebugaran fisik, konsultasi medis, penanganan cedera olahraga, dan program rehabilitasi cedera olahraga, dan sudah banyak para atlet Indonesia sudah berkunjung ke klinik olahraga RS Premier Bintaro 

Salah satu sudut diruang klinik olahraga 


Health Talk Rumah Sakit Premier Bintaro Tentang Skoliosis

Setelah berkeliling hospital tour, saya pun dan teman blogger lainnya lanjut ke ruang Krakatau, Gedung Annex yang berada di lantai 5 untuk mengikuti health talk tentang Skoliosis  dengan narasumber Dr. Asrafi Rizki Gatam, SpOT (K-Spine). 

Dr. Asrafi Rizki Gatam, SpOT (K-Spine)

Seperti yg kita tahu, menjaga kesehatan secara keseluruhan itu sangat penting, tapi banyaknya orang yang mengabaikan akan kesehatan tulang belakangnya, padahal tulang belakang yang terhubung banyak saraf ini jika terganggu maka akan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya Skoliosis. 

Ciri seseorang yang Skoliosis

Skoliosis ini bisa terjadi pada semua orang dari segala usia tapi kondisi ini sering  terjadi apada anak usia 10 tahun keatas atau saat pubertas. Berikut beberapa gejala yang dapat dijadikan tanda akan munculnya kondisi Skoliosis, yaitu : 
  • Tulang belakang yang terlihat melengkung membentuk misalnya seperti hurif S atau C 
  • Posisi tubuh yang condong ke salah satu sisi saja
  • Posisi bahu yang tidak sejajar atau tidak rata (simetris)
  • Panggul yang tinggi sebelah dan terdapat punuk di  punggung
  • Salah satu tulang belikat terlihat tampak keluar
  • Tulang belakang yang berputar
  • Sering merasa pegal pada punggung atau pinggang 
  • Jika terjadi pada perempuan biasanya payudaranya terlihat besar sebelah

Dan untuk jenis  Skoliosis ini menurut Dr. Asrafi terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu : 
  1. Idiopatik, dimana gejalanya masih belum diketahui secara pasti penyebabnya, paling sering ditemukan  terjadi dan umumya terjadi  pada perempuan usia remaja.
  2. Neuromuscular, terjadi karena adanya gangguan fungsi saraf dan kelainan otot yang mempengaruhi tulang belakang, sehingga akibatnya penderita mengalami pertumbuhan yang tidak normal
  3. Congenital, kondisi ini adanya kelainan  bawaan dari lahir atau sudah muncul kelainan sejak awal masa kehidupan janin dalam kandungan, dan Skoliosis Congenital ini lebih kompleksitas serta sulit ditangani oleh medis dibandingkan dengan Idiopatik.

Berikut cara deteksi dini Skoliosis yang bisa dilakukan secara mandiri yang bisa di lihat

1. Pemeriksaan saat berdiri tegak
  • Bahu kanan dan kiri sama tinggi
  • Tonjolan scapula kanan dan kiri sama tinggi
  • Lipat pinggang kanan kiri sama tinggi
  • Panggul kanan dan kiri sama tinggi
  • Jarak siku kanan dan kiri kebatang tubuh harus sama 


2. Pemeriksaan saat membungkuk (adam forward bending test)
  • Tonjolan punggung atas kanan dan kiri sama tinggi 

Oleh karena itulah pentingnya deteksi dini Skoliosis ini semakin cepat dilakukan maka kita menghindarkan terjadi kecacatan pada tulang belakang dan semakin parah, dengan pemeriksaan sejak dini kita pun bisa melakukan pengobatan secara dini pula. Dan Skoliosis ini dapat ditangani dengan jalan operasi dan non operasi dan kedua jenis perawatan ini sama-sama bertujuan untuk  menghentikan pertambahan kurva Skoliosis, menjaga keseimbangan tulang belakang, membuat tulang belakang yang bengkok menjadi lurus, memghilangkan nyeri dan koreksi dan stabilisasi pada Skoliosis yang berat.

Di RS Premier Bintaro dengan adanya Ramsay Spine Center yang dapat mengatasi segala problema seluruh tulang belakang  secara komprehensif yang di tangani oleh para tim medis  dokter  dari berbagai spesialis ahli. Untuk berbagai info selengkapnya tentang layanan fasilitas bisa kunjungi website atau media sosial RS Premier Bintaro. 








Tidak ada komentar :

Posting Komentar