SOCIAL MEDIA

Kamis, 08 Desember 2022

Penutupan Kegiatan Volunteering 2022 Desa Maju Prudential




Sebaik-baiknya manusia adalah bisa memberikan manfaat bagi manusia lain, setuju tidak? Karena esensinya manusia adalah makhluk sosial yang diciptakan yang membutuhkan satu sama lain, tentunya juga dalam hidup ini pastinya memiliki tujuan hidup yang tak lain bisa memberikan kemanfaatan yang tidak hanya untuk diri sendiri juga untuk orang lain yang ada di lingkungan sekitar kita. 

Seperti halnya PRUVolunteers  yang merupakan relawan Prudential Indonesia yang terdiri dari karyawan, agen   yang tergabung untuk mengikuti kegiataan dari program Desa Maju Prudential di Desa Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Desa Maju Prudential ini  merupakan bagian dari program Community Invenstment Prudential Indonesia yang tidak hanya tujuannya membantu dan fokus untuk mendorong perbaikan kesehatan dan  kesejahteraan terhadap masyarakat sekitar, tapi lebih dari itu Prudential Indonesia mengajak para karyawannya, hingga nasabahnya berpartisipasi turut berbagi secara langsung kepada masyarakat, khususnya di Mauk Tangerang yang bisa membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat disana. 

Program Desa Maju Prudential 

Selama 27 tahun perjalanan Prudential Indonesia bersama Prudential Syariah yang  terus berkomitmen dalam membangun Indonesia dalam kontribusinya  sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan dengan  melalui kegiatan program sosial pada bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat, dengan slogannya  "Bagimu Negeri Kami Berbagi" yang hal ini pula Prudential  salah satu mewujudkan programnya yang bisa dilihat di Desa Maju Prudential (DMP) sebagai bagian dari pilar program Community Investment Prudential Indonesia. Seperti diketahui bahwa program Desa Maju Prudential ini sudah berjalan dalam 2 tahap yang berjalan sejak 2 tahun lalu dan Prudential Indonesia sudah menyelesaikan dan serah terima tahap pertama program Desa Maju Prudential. 

Di tahap pertama ini Prudential Indonesia sudah  memberikan bantuan berupa perbaikan dan pembangunan rumah layak huni bagi 63 keluarga prasejahtera, 2 pembangunan sumber air bersih, perbaikan fasilitas umum pedesaan, 37 pemasangan cuci tangan portable,  dan pelatihan WASH (Water, Sanitation, Hygine) untuk 128 orang dan training konstruksi dasar rumah sehat 51 orang, pendistribusian paket alat kebersihan diri untuk 617 keluarga dan pemberian voucher sembako untuk 562 warga, yang semua itu  yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Mauk, Tangerang.

Tak hanya berhenti disitu, setelah tahap pertama selesai, Prudential melanjutkan pembangunan untuk tahap kedua dari program Desa Maju Prudential, dan ditahap kedua ini berbeda dengan tahap sebelumnya, ditahap ini akan penambahan untuk perbaikan/renovasi fasilitas pendidikan di 2 sekolah, termasuk didalamnya perbaikan laboratorium komputer, toilet sekolah, perpustakaan,  gedung pendidikan PAUD.  Ditahap kedua ini juga melanjutkan pembangunan untuk 50  rumah, 2 sumber air bersih, 25 konstruksi toilet rumah tangga, pelatihan WASH, konstruksi dasar dan rumah sehat. 

Di tahap kedua ini program Desa Maju Di tahap pertama ini Prudential Indonesia sudah  memberikan bantuan berupa perbaikan dan pembangunan rumah layak huni bagi 63 keluarga prasejahtera, 2 pembangunan sumber air bersih, perbaikan fasilitas umum pedesaan, 37 pemasangan cuci tangan portable,  dan pelatihan WASH (Water, Sanitation, Hygine) untuk 128 orang dan training konstruksi dasar rumah sehat 51 orang, pendistribusian paket alat kebersihan diri untuk 617 keluarga dan pemberian voucher sembako untuk 562 warga, yang semua itu  yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Mauk, Tangerang.

Prudential di dukung dengan para PRUVolunteers dari Prudential yang ikut dalam seluruh kegiatan Desa Maju Prudential berkerja tanpa pamrih, dan jalani dengan sepenuh hati. 

Penutupan Rangkaian Kegiataan Volunteering 2022 Desa Maju Prudential 

Sabtu, 3 Desember 2022, jadi salah satu  weekend produktif  saya dan dapat pengalaman yang luar biasa secara langsung bisa menyaksikan penutupan rangkaian kegiataan volunteering terakhir di tahun 2022 program Desa Maju Prudential bersama para kru PRUVolunteers di Desa Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang. Dan jujur ini merupakan kunjungan pertama saya ke sana bersama teman blogger lainnya.

Bersama teman Blogger
 
Lebih dari 100 orang PRUVolunteers yang ikut serta dalam kegiataan pembangunan Desa Maju Prudential kali ini, sebagian ada yang baru ikut bergabung dan ada juga yang sudah ikut selama 8 kali kunjungan dari seluruh kegiatan Desa Maju Prudential tahap kedua ini. Tapi itu semua tak menyurutkan semangat luar biasa dan totalitas para kru  PRUVolenteers untuk bersama-sama jalin bareng dan jalin sepenuh hati ikut serta dalam program Desa Maju Prudential.

"Alhamdulillah sudah 8 kali kita sudah mengunjungi Desa Mauk ini, dan kita sudah mengajak teman-teman kita yang kini sudah hampir 600 yang sudah mendaftar menjadi bagian dari PRUVolunteers", dan berharap untuk seluruh karyawan Prudential Indonesia untuk ikut sekali aja untuk volunteers agar bisa merasakan sesuatu yang bisa bermanfaat untuk masyarakat lain.  Ujar sambutan dari ibu Indrijati Rahayoe, Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia.

ibu Indrijati Rahayoe, Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia.

Di kesempatan ini pula hadir juga, Ibu Maria Rosalinda dari  Prudential, Bapak Rudi Nadapdap sebagai Interim Senior  Operation Manager Habibat of Humanity Indonesi dan Bapak Deni, Lurah Desa Tanjung Anom, Mauk, Tangerang . 

Foto dari kanan-kiri: Bapak Deni Lurah Desa Tanjung Anom, Ibu Maria Rosalinda, Ibu Indrijati Rahayoe, Bapak Rudi Nadapdap

Di kunjungan kegiatan penutupan volenteering 2022 Desa Maju Prudential kali ini sedikit berbeda seperti kunjungan sebelumnya, yaitu selain pembangunan 10 rumah warga desa, Pengecatan pagar tembok SD Buaran Asem, dan Penanaman Apotek Hidup.  

Aktivitas PRUVolunteers dalam pembangunan rumah


Pengecatan pagar tembok SD Buaran Asem

Juga ada aktivitas Program Chang Ching (Literasi Finansial) untuk Murid SD, kali ini bertempat di Yayasan Al Furqon Madrasah Ibtidaiyah. Hingga sampai saat ini ini Prudential Indonesia sudah memberikan literasi finansial dasar ke 500 siswa di 3 sekolah di Mauk-Tangerang,   dan Penyuluhan dan Konsultasi Kesehatan bersama para Dokter Prudential Indonesia dan disini terlihat para warga desa sangat antusias mengikuti dari penyuluhan hingga konsultasi kesehatan



Penyuluhan dan Konsultasi Kesehatan dengan warga Desa Tanjung Anom, Mauk, Tangerang bersama PRUVolunteers dan Dokter Prudential

Oiya sebelum turun ke lapangan untuk melakukan kegiataan Desa Maju Prudential, kru PRUVolunteers di bagi dalam beberapa kelompok. Dan untuk pelaksanaannya juga kru PRUVolunteers di sertai dengan alat pelindung keselamatan kerja seperti helm keselamatan  dan sarung tangan.

Dengan hadirnya program Desa Maju Prudential yang di laksanakan di Desa Anom, Mauk, Tangerang begitu besar manfaat yang dirasakan oleh masyarakat desa, terutama yang warga desa penerima manfaat tak hanya mendapatkan rumah layak huni yang dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi dan toilet, dan dapat mewujudkan masyarakat desa Mauk lebih  sehat dan ekonomi lebih sejahtera, mandiri dan berdaya. 

Akhirnya rangkaian kegiataan volunteering 2022 Desa Maju Prudential ditutup oleh Ibu Maria Rosalinda dan tak lupa mengucapakan rasa terim kasih kepada PRUVolenteers yang sudah bersedia memberikan tenaga, waktu, pikiran dalam kegiatan pembangunan Desa Maju Prudential yang berjalan lancar dan sukses dan semoga semangat ini tetap berlanjut di program Prudential tahun 2023.

Paling enak makan nasi padang
Setelah lelah mengayuh sampan
Kini hari terakhir volunteering di Tangerang
Sampai bertemu lagi di tahun depan. 

Untuk info selengkapnya Desa Maju Prudential dan lainnya bisa langsung cek dan follow Prudential Indonesia  dan Prudential Syariah




1 komentar :